Tips dan cara menanam bunga anggrek yang sederhana dan mudah

Negara indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki begitu banyak kekayaan alam. Mulai dari berbagai aneka flora yang mengagumkan. Pastinya dari banyak nya flora contohnya bunga yang akan kita bahas pada artikel ini, ada kah salah satu bunga yang anda sukai..??

90% dari wanita indonesia pasti mengatakan iya untuk pertanyaan diatas. Nah, kalau secara pribadi Talita sangat suka sama bunga anggrek. Ternyata bunga anggrek ini punya keunikan sendiri yang buat orang tertarik dari bunga lainnya. Oleh karena itu bunga anggrek ini lah yang Talita senang bahas... Waktu sekolah dulu, sangat pas dengan jurusan Talita yang ambil pertanian, kami sempat mempelajari tentang tanaman inii, secara spesifik sih Talita gak tau banyak hal, tapi kami belajar caranya menanam bunga anggrek yang baik dan benar.

Pastinya bukan Talita aja dong yang suka sama tanaman ini??? Bagi kalian yang memiliki minat pribadi atau tertarik untuk menjadikan tanaman ini salah satu dari daftar tanaman hias dirumah kalian, bisa coba untuk tanam dan membudidayakan tanaman ini. Okey langsung saja deh, kita akan bahas sedikit tentang tanaman ini dan gimana cara nya nanam bunga anggrek ini dengan cara sederhana dan mudah .. Yuukk simak...

Sekilas tentang tanaman ini Secara umum bunga anggrek terbagi menjadi 2 yaitu bunga anggrek yang tumbuh menempel pada kulit tumbuhan lain biasa disebut dengan Epiphyt. Sedangkan jenis lainnya adalah anggrek Terrestris yang tumbuh pada tanah humus yang subur. Tanaman ini termasuk dalam tanaman hias bunga yang banyak dijadikan tanaman hias di taman.



Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menanam bunga anggrek.

Menggunakan lingkungan atau media tanam yang baik.

Untuk menanam anggrek, terlebih dahulu kita harus mengetahui jenis dan lingkungan yang baik untuk mendukung pertumbuhan tanaman ini. Untuk menanamnya kita bisa menggunakan menepelkan anggrek pada tanaman lain atau bisa juga menggunakan media tanam sendiri untuk memaksimalkan pertumbuhan bunga anggrek.

Tempat yang Bagus untuk Budidaya Bunga Anggrek

Selain menggunakan media tanam yang baik, lokasi atau tempat menanam bunga anggrek harus diperhatikan. Pilihlah tempat yang mendapatkan sinar matahari cukup. Pilihlah jenis tanaman anggrek yang sesuai dengan iklim daerah tersebut sehingga anggrek bisa tumbuh dengan optimal. Nah, untuk menambah pengetahuan Anda, ada beberapa 3 jenis anggrek yang dikelompokan berdasarkan kebutuhan intensitas cahayanya.

Jenis yang pertama adalah jenis bunga anggrek yang cocok untuk ditanam di tempat terbuka seperti Vanda, anggrek Arachnis dan anggrek Renanthera. Jenis kedua adalah bunga anggrek yang tumbuh di tempat yang tidak tersentuh matahari secara langsung seperti anggrek Ancedium, anggrek Dendrobium, atau anggrek Cattleya.

Jenis anggrek yang terakhir adalah anggrek yang tumbuh baik di tempat yang tidak terkena sinar matahari sehingga bila Anda ingin menanamnya harus memiliki tempat khusus agar terhindar dari sinar matahari. Jenis anggrek tersebut seperti anggrek Paphiopedilum dan anggrek Phalaenopsis.

Tentukan Ketinggian Media Tanam Bunga Anggrek

Pertimbangan penting lainnya dalam menanam bunga anggrek adalah ketinggian media tanam. Seperti yang sudah diketahui bahwa ketinggian suatu daerah juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman anggrek. Oleh karena itu Anda harus mengetahui jenis anggrek apa yang cocok ditanam di lingkungan dengan ketinggian tertentu. Ada 3 jenis anggrek yang dibagi berdasarkan ketinggian tumbuhnya.

Jenis anggrek yang pertama adalah bunga anggrek yang cocok ditanam di daerah dengan ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Jenis anggrek yang cocok ditanam di lokasi tersebut adalah anggrek cymbidium dan anggrek miltonia. Jenis anggrek yang kedua adalah anggrek yang cocok ditanam di daeah dengan kisaran ketinggian 500 – 1.000 meter di atas permukaan laut.

Contoh anggrek tersebut adalah anggrek jenis Dendrobium, Oncidium atau Cattleya. Anggrek yang ketiga adalah jenis Vanda. dan Arachnis, angrek tersebut sangat cocok ditanam di daerah dengan ketingian tanam di bawah 500 m di atas permukaan laut.

Memilih Bibit Bunga Anggrek

Cara menanam anggrek yang baik harus diimbangi dengan pemilihan bibit bunga yang baik juga. Tentu saja hal ini akan meningkatkan keberhasilan dalam budidaya tanaman ini. Bibit anggrek yang bagus setidaknya sudah berusia minimal 1 tahun dan telah memiliki daun serta akar sendiri. Setelah menemukan bibit bunga anggrek yang sesuai dengan kriteria, langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit tersebut ke dalam polybag kecil.

Proses pemindahan bibit anggrek.

Biarkan bibit selama 3 bulan, selama di polybag berilah pupuk organik. Setelah 3 bulan barulah bunga anggrek dipindahkan ke dalam pot dengan ukuran lebih besar. Agar tanaman anggrek Anda tumbuh dengan subur dan memiliki warna bunga yang indah, lakukan langkah perawatan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Melakukan perawatan pada akar tanaman anggrek. Setelah 3 bulan di dalam polybag biasanya akar tanaman mulai menyembul keluar dari media tanam. Melihat hal tersebut biasanya Anda akan buru-buru memasukan kembali akar tersebut. Tapi jangan lakukan hal tersebut, karena hal itu akan membahayakan tanaman. Yang harus Anda lakukan adalah memindahkan anggrek ke dalam pot yang lebih besar.

Setelah akar tanaman mulai muncul maka batang tanaman akan mulai meninggi. Nah, agar tanaman anggrek tidak mudah roboh sebaiknya Anda memberikan tiang penyangga pada batang. Tiang tersebut akan membantu tanaman agar tetap berdiri dengan tegak.

Tips selanjutnya agar anggrek memiliki warna yang cerah adalah menempatkan tanaman ini pada lokasi dengan suhu yang tepat. Tanaman anggrek bisa tumbuh dengan baik di lokasi dengan suhu 14 – 36 derajat celsius. Bila Anda bisa menjaga suhu dengan baik, maka Anda akan melihat anggrek yang ditanam mengeluarkan bunga yang sangat indah.

Tips Memindahkan Bunga Anggrek di Dalam Pot

Ada beberapa cara khusus untuk memindahkan bunga anggrek ke dalam pot. Pemindahan ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena akan merusak tanaman anggrek. Sebelum memindahkan anggrek, sebaiknya siapkan terlebih dahulu pot yang akan digunakan. Isi pot dengan media tanam yang sesuai dengan spesies anggrek. Setelah pot siap barulah pindahkan anggrek ke dalam pot dengan posisi tegak lurus.

Bagi Anda yang masih awam dengan tanaman anggrek sebaiknya belajar dengan menanam anggrek hitam atau anggrek bulan di sekitar tempat tingga Anda. Karena kedua jenis anggrek ini relatif lebih mudah untuk ditanam dan tidak terlalu susah untuk merawatnya. Selamat mencoba mepraktekan cara menanam anggrek di rumah masing-masing. Dan Anda akan mendapatkan kejutan yang indah takala anggrek yang Anda tanam mulai mengeluarkan bunganya.

Senang rasa nya bisa berbagi informasi, semoga apa yang Talita bagikan bermanfaat buat kita semua. Mulai lah untuk mencintai dan membudidayakan tanaman indonesiaa. Terima kasih.