-->

Ciri Ciri Flashdisk Terkena Virus yang Wajib Diwaspadai

Flashdisk merupakan salah satu perangkat teknologi modern yang saat ini banyak digunakan. Flashdisk bisa digunakan sebagai media penyimpanan berupa data, file, video maupun foto yang aman selain menyimpan di perangkat HP, laptop atau komputer. Meskipun perangkat kecil ini sangat canggih, Anda harus tetap berhati hati saat menemui ciri ciri flashdisk yang terkena virus dan wajib diwaspadai.

Mengapa flashdisk yang terkena virus itu berbahaya? Sebab virus atau malware yang sudah menjangkit suatu perangkat dapat memberikan dampak yang negative terhadap perangkat itu sendiri termasuk data data penting Anda yang ada di dalamnya. Bisa jadi flashdisk yang sudah terjangkit virus berbahaya membuat data atau file nya tidak terbaca atau bahkan semua bisa hilang.

Kalau semua data Anda yang ada dalam flashdisk termasuk data pribadi hilang atau bahkan dicuri, Anda bisa mengalami kerugian ringan sampai dengan berat. Oleh sebab itu, sebaiknya kenali lebih awal gejala atau tanda flashdisk mulai rusak karena terinfeksi virus. Dengan demikian, Anda bisa langsung mengambil tindakan penanganan dan pencegahan secara tepat dan ampuh. Hasilnya kerugian pun bisa diminimalisir.

Lantas, apa ciri ciri flashdisk terkena virus yang wajib kita waspadai? Yuk simak deretan tanda atau ciri cirinya pada informasi berikut ini.

Ciri Ciri Flashdisk Terkena Virus yang Wajib Diwaspadai


1. Isi file dan Data Flashdisk berbentuk shortcut

Salah satu ciri yang paling jelas saat menemui flashdisk yang terjangkit virus adalah data atau file yang ada dalam flashdisk berbentuk shortcut. Misalnya seharusnya file tersebut adalah file gambar dengan ikon image namun tiba tiba Anda menemuinya berbentuk shortcut.

Tidak hanya itu, file berbentuk shortcut tersebut akan menyembunyikan semua fila Anda yang ada di dalam flashdisk. Untuk bisa menampilkan file tersebut kembali diperlukan beberapa konfigurasi.

2. Adanya deteksi virus oleh antivirus

Kebanyakan perangkat elektronik saat ini sudah sangat canggih. Salah satu kecanggihannya adalah diperlihatkan dari tersedianya aplikasi antivirus di perangkat kita. Nah, ini bisa digunakan untuk melihat apakah flashdisk kita terjangkit virus atau tidak.

Software antivirus di dalam perangkat akan memberikan sinyal bahaya ketika Anda mencolokkan flashdisk yang terjangkit virus pertama kali. Apabila Anda menemui adanya deteksi tersebut, biasanya software antivirus akan memberikan solusi berupa scan pembersihan virus untuk menghilangkan virus tersebut.

3. Flashdisk tidak terdeteksi di perangkat

Saat Anda mencoba menghubungkan flasdisk ke perangkat seperti laptop atau komputer, pernahkah Anda mendapati bahwa flashdisk tidak terbaca atau tidak terdeteksi pada perangkat tersebut?

Atau apabila tidak terbaca di satu perangkat, lalu Anda mencoba ke perangkat lain namun tetap tidak terbaca, bisa jadi ini adalah salah satu tanda kalau flashdisk terjangkit virus sehingga laptop maupun komputer tidak bisa mendeteksi adanya flashdisk yang disambungkan.

Demikianlah informasi update yang mengulas ciri ciri flashdisk terkena virus yang wajib kita semua waspadai dan hati hati. Ingatlah, secanggih apapun teknologi, ada banyak kelebihannya, namun Anda juga harus tetap berhati hati dan mempertimbangkan kemungkinannya mengalami kerusakan atau adanya faktor faktor tertentu seperti virus atau malware yang membuat perangkat teknologi bermasalah.

Tidak hanya di flashdisk, virus ini sebenarnya mampu menularkan ke perangkat lain saat menggunakan komputer atau laptop yang terjangkit virus. Jadi saat flashdisk dicolokkan ke perangkat tersebut, flashdisk menjadi ikut terkena virus. Oleh sebab itu, pastikan setiap perangkat Anda bersih dari virus dan lakukan pembersihan secara berkala. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel