Pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia, mulai dari mana? Informasi Terkini

Proses pembangunan ibu kota baru mulai dilaksanakan. Berbagai rencana yang sudah dibuat pun mulai mencuat di publik. Kira -kira kapan ya pembangunan akan selesai?  Seperti apa pembangunan ibu kota baru nanti? konsep apa yang kira -kira diusung? fasilitas apa saja yang ada?

Adapun dari berbagai sumber berusaha memberikan informasi secara update untuk para masyarakat. Nah, pada article ini Anda bisa mendapatkan rangkuman rangkaian informasi terbatu/terkini seputar ibu kota baru.


Kapan Proses Pembangunan Ibu Kota di mulai dan sampai kapan?

Pemerintah sendiri mengungkapkan melalui Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/PPN tentang harapan bahwa setidaknya di tahun 2020 akhir, ibu kota baru sudah bisa melakukan konstruksi. Sehingga menurut perkiraan pada tahun 2024 paling lambat proses pemindahan ibu kota baru dari Jakarta ke Penajam Paser Utara sudah selesai dilakukan.

Tahun 2020 menjadi awal mulainya untuk mempersiapkan semuanya. Mulai dari anggaran atau dana, masterplan, urban design, desain bangunan, building desain sampai perancangan perundang -undangan dan RUU. Serta tidak lupa menyiapkan area lahan pembangunan untuk infrastruktur di akhir tahun 2020 mendatang.

Anggaran dan Biaya Pembangunan darimana?

Pemberitaan anggaran atau dana untuk pembangunan sejumlah infrastruktur di ibu kota baru diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yakni Luhut Binsar Pandjaitan. Ia menyatakan bahwa dana abadi atau yang disebut juga Sovereign Wealth Fund (SWF) dan Uni Emirat Arab atau UAE dapat digunakan untuk kepentingan pembangunan ibu kota baru.

Skema dana ini akan menjadi seperti ekuitas swasta punya pemerintah yang bisa dipakai untuk investasi pembangunan infrastruktur. Tokoh tersebut juga menyatakan bahwa pembentukan dana abadi akan segera melakukan difinalisasi. Khususnya pada pekan depan, dari pihak tim UAE akan berkunjung ke Indonesia. Selanjutnya dari Menteri Keuuangan Sri Mulyani akan pergi ke Abu Dhabi.

Luhut kembali memperjelas bahwa skema biaya pembangunan ibu kota baru dengan dana abadi bukanlah sesuatu yang baru. Sebab negara -negara lain juga turut mengadopsi cara tersebut. Seperti halnya negara India, Norwegia, China, Singapura dan Mesir. Dapat dipastikan pembangunan dengan dana abadi tidak akan mengalami masalah.

Bagaimana Design dan Jalur ibu kota baru di Kalimantan?

Presiden Joko Widodo sudah menetapkan tempat ibu kota baru di Pulau Kalimantan secara resmi. Tepatnya pemilihan jatuh pada kota Penajam Paser Utara. Tahukah Anda? Penetapan calon ibu kota baru ini menurut perencanaannya akan ditopang oleh keberadaan dua jembatan yang panjang dan membelah lautan. Jembatan ini disebut -sebut adaah Pulau Balang dan Jembatan Tol Balikpapan -Penajam Paser Utara.

Selain itu, kabar baik untuk Anda para pengguna internet, sebab akan ada titik -titik di lokasi ibu kota baru yang akan menjadi operator yang memperkuat jaringan internet khususnya 4G pada jalur tol Balikpapan -Samarinda, Jalur lintas Sepaku -Penajam dan Jalur lintas Balikpapan -Smarinda. Karena Telkomsel mulai memperkuat jaringannya maka, diperkirakan jalur tersebut akan ramai oleh masyarakat.

Nah, yang tdak kalah penting lagi informasi dari Menteri Perhubungan atau Menhub bernama Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa untuk tahapan awal pemerintah akan memulainya dengan membangun jalan dan jalur kereta api yang dihubungkan ke ibu kota baru. Wah, menarik sekali bukan? Menurut informasi hal ini dilakukan untuk semakin menunjang aksesbilitas atau transportasi yang memadai ke lokasi ibu kota baru.

Mungkin Kamu juga suka baca informasi lainnya di :

Inilah rangkuman singkat seputar informasi terkini terkait Pembangunan Ibu Kota Baru di Pulau Kalimantan. Bagaimana menurut Anda? Sudah tidak sabar menyaksikan pemindahan ibu kota? Penasaran dengan rancangannya? Mari kita tunggu kabar selanjutnya dari proses pembangunan ini.

Sekian informasu yang bisa diberikan. Dapatkan informasi update lainnya dari berbagai media berita yang populer seperti halnya Berita Televisi di Liputan6.com atau portal berita di Kompas.com, detik.com, tribunnews dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel