Perak atau Emas, mana yang lebih Bagus digunakan sebagai Pilihan

Perak atau Emas? Awal ketertarikan saya dalam membuat article ini adalah karena saya mendengar beberapa orang mempertanyakan ini. Menurut Anda sendiri, Manakah yang lebih bagus untuk digunaka sebagai pilihan, Emas atau perak? Bagaimana pendapat Anda? Yaa, setiap pendapat orang pasti berbeda -beda. Hal ini juga tergantung dari penggunaan dan tujuannya untuk apa terlebih dahulu.

Jika kita bicara soal investasi emas atau perak, mana yang lebih menguntungkan? Atau yang lagi mempertanyakan antara emas dan perak, mana yang lebih cantik sebagai aksesoris perhiasan? Para pembisnis juga berfikir, antara emas dan perak mana yang cocok dijadikan bisnis perhiasan?

Apakah pertanyaan -pertanyaan tersebut sekarang ini juga sedang Anda pertanyakan? Nah, awalnya saya juga penasaran dengan jawabannya. Oleh sebab itu saya coba cari tahu dan menulis article ini. Dari berbagai sumber saya mendapatkan jawaban yang beraneka ragam.

Maka pada ulasan article ini, saya akan bagikan apa yang saya ketahui seputar perbandingan antara emas dan perak itu sendiri. Sebelum kita melangkah lebih jauh pada pembahasan, apakah Anda tahu sendiri apa itu emas dan perak? Apa definisi dan pengertiannya?

Emas sendiri menurut Wikipedia adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai simbol AU dan nomor atom 79. Sebuah logam transisi ini memiliki tekstur lembek, mengkilat, kuning dan berat. Emas sendiri merupakan logam yang sifatnya lunak dan mudah untuk ditempa dan bisa melebur pada suhu sekitar 100 derajat celcius.


Sedangkan untuk perak adalah unsur logam juga dengan no atom 47 dengan simbol Ag. Berbeda dengan emas, perak sendiri adalah logam transisi lunak yang berkilau dan putih. Ia merupakan paduan antara emas dan logam lainnya. Kebanyakan perak yang diproduksi pun adalah sebagai produk sampingan penambangan untuk emas, tembaga, seng dan timah.

Nah, setelah tahu apa itu emas dan apa itu perak. Selanjutnya kita beranjak pada inti pembahasan tentang mana yang lebih bagus untuk dijadikan pilihan, emas atau perak dalam berbagai segi. Mulai dari investasi, perhiasan atau aksesoris maupun usaha dan bisnis. Anda bisa mendapatkan lebih lanjut informasinya pada subjudul di bawah ini.

Perak atau Emas, mana yang lebih Bagus digunakan sebagai Pilihan ?

Berbagai macam bentuk perak dan emas dapat dijadikan sebagai bahan investasi. Pada kenyataannya sendiri secara kasat mata, Kedua jenis logam ini terdapat beberapa perbedaan. Untuk itu silahkan simak beberapa poin penting yang mencangkup informasi antara emas dan perak sebagai berikut :

  • Perak secara fisik telah dibagi menjadi dua jenis yakni batangan dan dirham (koin perak) sedangkan untuk emas di bagi menjadi dua jenis juga diantaranya batangan dan dinar.
  • Baik emas batangan dan dinas diproduksi oleh PT. Aneka Tambang atau ANTAM begitu pula dengan perak batangan dan dirham juga berasal dari Perusahaan tersebut.
  • Semua bentuk logam yang yang diproduksi oleh PT. ANTAM telah disertai dengan sertifikat resmi sehingga bersifat liquid dan bisa diperjualbelikan secara global.
  • Dalam bentuk fisik antara emas dan perak, keduanya sering ditemui sebagai perhiasan dengan berbagai macam variasi yang cantik dan menarik seperti contohnya adalah batu mulia dan lain -lain. Namun, tidak disarankan untuk di investasi dalam bentuk perhiasan karena akan mempengaruhi harga jualnya yang menurunnya.

Apabila dilihat dari segi nonfisik, investasi emas dan perak dapat dilakukan dengan cara trading online. Dan cara ini akan memiliki mekanisme serta cara kerja yang berbeda dengan investasi secara fisiknya. Contoh yang paling populer untuk trading emas online adalah dengan sistem pada pair XAU/USD. Sedangkan untuk trading perak online dapat dijumpai pada pasar pair XAG/USD.

Nah, untuk berivestasi sendiri melalui trading membutuhkan pengetahuan, skill, pengalama dan pengetahuan yang kompleks dibandingkan dengan menggunakan metode secara konvensional emas atau perak batangan.Apabila Anda berniat untuk mencoba untuk terjun dalam dunia trading emas online, maka disarankan untuk terlebih dahulu untuk mengetahui dan mempelajari prinsip -prinsip yang ada dalam trading forex. 

Untuk memahami dasar -dasar pengivestasian emas atau perak, perhatikan mana yang lebih berisiko, mana yang memberi return terbaik, mana kah yang volatilitasnya lebih tinggi, dan manakah permintaan yang lebih tinggi antara emas dan perak.

RESIKO INVESTASI

Sebagai seorang investor maka salah satu aspek yang perlu diperhatikan sebelum memulai adalah resiko dan dampak yang ditimbulkannya. Emas dan perak pada dasarnya mempunyai keterbatasan karena berbentuk fisik. Maka, jika melakukan investasi pada kedua logam tersebut, setidaknya harus mempunyai tempat yang aman. Untuk sekarang ini ada banyak layanan dan fasilitas penyimpanan perak maupun emas yang aman seperti halnya pegadaian. Namun, letak kelemahannya adalah menitipkan ke dalam brankas nantinya akan dikenai sejumlah biaya penitipan.

Dari segi resiko sendiri mana yang lebih beresiko? Hal yang paling mempengaruhi adalah dalam hal kejelian dari investor itu sendiri karena dilihat dari dinamika pasar yang dapat sangat fluktuatif. Beberapa poin penting yang perlu diketahui adalah :

  • Apabila dilihat dari likuiditas perak dan emas, maka emas lebih likuid karena sebagian besar masyarakat Indonesia lebih menyukai emas sebagai pilihan investasi mereka.
  • Apabila Anda bermain di trading, maka baik perak maupun emas akan memiliki resiko nya masing -masing. Hal yang paling utama yang harus di perhatikan adalah pergerakan dari harga bursa. Dan perak cenderung memiliki sifat lebih fluktuatif dibandingkan dengan emas.

Dari pernyataan diatas apakah investasi emas lebih disarankan dibadingkan dengan perak? Pastinya tidak. Sebab, harga emas pada hari tertentu juga mengalami fluktuatif. Satu hal yang penting adalah Anda harus pintar dalam menentukan waktunya untuk membeli maupun menjualnya. Apabila waktunya tepat, perak juga bisa di investasikan secara maksimal.

PROSPEK KEDEPAN

Dalam hal prospek dan target untuk investasi kedepannya, keduanya antara emas dan perak memiliki prospek yang bagus dan menarik. Ini semua karena Emas dan perak dalam jangka waktu yang panjang akan terus meningkat sehingga kemungkinan ini berpengaruh terhadap nilai investasi juga meningkat. Kalau keduanya di investasikan dalam bentuk batangan, maka sama -sama akan memberikan hasil yang bagus.

 Namun, tahukah sobat?  harga perak batanan dalam waktu tertentu dapat naik lebih tinggi dibandingkan dengan pergerakan untuk harga emas jenis batangan. Berbeda dengan cara trading online, disini emas akan lebih aman karena volatilitas harganya dipasar cenderung stabil sedangkan untuk perak memiliki volatilitasnya yang lebih tinggi.

BERDASARKAN PERMINTAAN

Berikutnya kalau berbicara soal permintaan pasar, maka perak lebih unggul dibandingkan dengan emas. Mengapa demikian? Alasannya pun karena emas sebenarnya sudah tidak begitu dibutuhkan dalam dunia industri. Bahkan kalau melihat secara statistik global, permintaan akan emas sebagai perhiasan pun cenderung terus menurun. Walaupun begitu, emas masih memegang kendali sehingga pergerakan harganya bisa menjadi bagus.

Disisi lain, untuk sektor industri sendiri lebih memilih perak karena sifatnya yang mudah dibentuk. Kalau Anda perhatikan perak lebih sering dikreasikan sebagai perhiasan dan bahkan lebih menariknya lagi dijadikan sebagai bahan pokok di berbagai industri listrik.Perak memiliki sifat konduktor. Sehingga inilah yang membuatnya pada akhirnya memiliki permintaan perak yang sangat tinggi dibandingkan dengan emas.

Berdasarkan informasi diatas maka dapat disimpulkan bahwa Baik emas maupun perak telah menjadi solusi untuk investasi yang menjanjikan. Mana yang lebih baik? Ini tergantung dari cara pandang Anda dalam menilai Emas maupun perak. Keduanya bisa menjadi pilihan alternatif yang baik sebagai faktor penyeimbang fortofolio investasi Anda. Harga emas yang condong terus naik, tapi dengan permintaan yang relatif tidak sebanyak perak akan menjadi pertimbangan tersendiri untuk para investor sebelum benar -benar yakin untuk berinvestasi.

PERHIASAN EMAS ATAU PERAK ?

 

Kalau bicara soal perhiasan, biasanya ini digeluti oleh para wanita. Bahkan beberapa dari wanita beranggapan bahwa perhiasan adalah salah satu barang yang wajib dimiliki bersama dengan kebutuhan pokok lainnya. Namun, tak jarang juga kebutuhan akan perhiasan ini akan membuat kebanyakan wanita bertanya -tanya, bagusan yang mana nih antara perhiasan emas atau perhiasan perak? Keduanya sama -sama cantik dan memiliki daya tarik tersendiri.

Saat ini, Harga emas memang cenderung naik dari periode ke periode per gram nya. Meskipun begitu peminat perhiasan emas tak pernah surut juga. Sedangkan untuk perak sendiri tak kalah banyak peminatnya dengan emas. Sebab, perak sekarang ini lebih banyak dikreasikan menjadi suatu produk yang cantik dan unik.


 Selain itu, harga yang di tawarkan setiap gramnya cenderung lebih murah di bandingkan dengan emas. Hanya saja perak sendiri memerlukan perawatan yang lebih spesifik untuk bertahan lama di bandingkan dengan emas. Anda mau memilih yang mana, silahkan untuk memikirkannya berdasarkan informasi yang sudah diberikan ini.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang bisa diberikan untuk Anda yang ingin mengetahui perbandingan secara detail dan spesifik antara emas dan perak. Meskipun kalau kita lihat sekarang ini perak masih kalah peminatnya dengan emas dengan alasan bahwa satu -satunya logam mulia yang bisa dijadikan investasi adalah emas. Namun , pada kenyataannya perak juga dapat dijadikan pilihan investasi ketimbang dengan emas.

Meskipun sama -sama memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai pilihan investasi, sesuai dengan pembahasan diatas keduanya memang memiliki perbedaan di berbagai sisi. Emas atau perak bisa jadi pilihan istimewa bagi Anda menurutt pandangan Anda masing -masing. Setelah menyimak pembahasan, Anda tentu sudah mendapatkan inti untuk pertanyaan diatas. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel