Soal tugas Biologi pengertian Kromosom tingkat SMA sederajat tahun 2018

Dalam ilmu biologi khususnya kalian yang sudah berada di Tingkat SMK/SMA sederajat pasti akan bertemu dengan salah satu materi yang membahas tentang istilah Kromosom dan teman-temannya. Apakah kalian tahu apa itu kromosom sendiri? Waktu Talita masih duduk di kelas 3 SMK, aku dapat tugas dari guru biologi untuk mengerjakan seperti soal dibawah ini, mulai dari pengertian, struktur dan fungsi masing-masing bagian dari kromosom. Nah oleh karena itu bagi kalian yang sedang mencari informasi yang sama Talita sudah rangkum beberapa diantaranya menjadi lebih singkat dan mudah untuk dimengerti, langsung saja, yuk perhatikan contoh soal soal dibawah ini.

Soal tugas Biologi SMA/SMK sederajat materi Kromosom.

 1.  Jelaskan pengertian kromosom, kromatin,             kromonema?

      Kromosom merupakan pembawa bahan genetic yang terdapat di dalam inti sel setiap makhluk hidup. Kromosom berbentuk batang panjang atau pendek dan lurus atau bengkok.
Kromatin adalah kompleks dari asam deoksiribonukleat,protein histon dan protein non iston yang ditemukan pada inti sel eukariota.Merupakan campuran histon,DNA serta protein lain yang membentuk kromosom.
 Kromonema fiamen yang sangat tipis yang terlihat selama tahap profase (dan kadang-kadang pada tahap interfase). Kromonema sebenarnya adalah istilah untuk tahap awal pemintalan kromatid.

  2.  Jelaskan stuktur DNA double helix (sertakan         gambar) !

        Struktur double helix adalah istilah untuk menyebut struktur molekul DNA        (Deoxyribonucleic acid) atau asam deoksiribosa nukleat. Struktur double helix pada DNA terjadi karena DNA tersusun dari untai polinukleutida dimana masing-masing nekleutida dihubungkan oleh phospodiester. Struktur double helix pada DNA dari pengamatan mikroskop electron tingkat tinggi terlihat seperti dua pita yang terpiin. Dimana biasanya pita yang satu di beri warna biru dan pita yang lain berwarna merah (kuning).

  3.  Jelaskan jenis-jenis kromosom!

 Secara garis besar, jenis-jenis dikelompokkan menjadi sebagai berikut :

Kromosom humolog, yaitu kromosom yang berpasang-pasangan, selalu mempunyai bentuk, panjang, letak sentromer (kepala atau pusat kromosom, letak nya ada yang ditengah, ujung, dan sepertiga panjang kromosom) dan struktur yang sama atau hampir sama.

Kromosom diploid (2n), yaitu dua perangkat kromosom. Kromosom diploid terjadi karena kromosom selalu berpasangan (humolog), maka di dalam setiap inti sel tubuh terdapat dua sel atau dua perangkat kromosom (diploid).

Kromosom haploid, yaitu kromosom yang tidak memiliki pasangan atau hanya memiiki seperangkat kromosom. Seperti kromosom sel kelamin manusia tetap mengandung 23 kromosom tetapi tidak berpasangan.

  4.  Jelaskan stuktur kromosom (sertakan                    gambar) !

       Kromosom dibentuk dari DNA yang berikatan dengan beberapa protein histon. Dari ikatan ini dihasilkan Nuklesom, yang memiiki ukuran panjang sekitar 10 mm. kemudian nuklesom akan membentuk lilitan yang sangat yang menjadi penyusun dari kromatid (lengan kromosom), satu lengan kromosom ini kira-kira memiiki lebar 700 mm.
Gambar struktur kromosom.


  5.  Jelaskan fungsi :
                   a.   Gen
                   b.   Kromosom
                   c.   DNA

      Gen berfungsi membentuk organisme yang seperti organisme induk. Pada hewan bigeneratif, ini berarti untuk menggabungkan fitur dari kedua orang tua. Selain itu, gen berfungsi untuk mengatur pertumbuhan organisme dan memberikan karakter khusus untuk individu.

       Kromosom berfungsi sebagai penyimpanan untuk bahan DNA, secara berkala membagi bersama dengan sel dan mereplikasi untuk membuat salinan DNA yang dikandung nya. Kromosom juga sangat penting dalam reproduksi generatif, karena mereka memungkinkan organisme untuk menyampaikan materi genetic pada keturunan.

      DNA berfungsi menyimpan dan menentukan karakteristik biologis pada setiap makhluk hidup yang sesuai dengan pengaturan koneksi pada molekul yang sangat spesifik. DNA juga berfungsi untuk keperluan sintesis biologis untuk penciptaan protein seluler dan pembentukan molekul DNA.

  6.  Jelaskan apakah yang dimaksud sifat :
                  a.    dominan
                  b.    resesif
                  c.    Intermediet

       Dominan adalah sifat yang mendominasi dalam satu atau beberapa hal. Dominan maksudnya adalah gen yang menguasai gen resesif.

       Resesif adalah gen yang lemah yang tidak dapat menunjukkan sifat yang dibawahnya jika berpasangan dengan yang bersifat dominan atau normal.

       Intermediet adalah sifat dari individu yang pemunculan nya merupakan sifat gabungan dari kedua induk yang dipersilangkan.