Resensi novel Radikus Makankakus Lengkap

Radius Makankakus adalah salah satu karya dari Komedian terkenal Raditya Dhika, Bagi kalian yang penasaran tentang cerita nya bisa baca resensi radikus makankakus yang sudah dirangkai dibawa ini. Lengkap mulai dari judul sampai sampai kesimpulan dan saran untuk cerita ini yang sebelumnya dituangkan dalam sebuah novel.  Yukk simak..

UNSUR RESENSI


  1. Judul buku : Radikus Makankakus
  2. Data buku :
  •  Judul buku : Radikus Makankakus
  •  Pengarang : Raditya Dhika
  •  Genre : Komedi
  •  Penerbit  : Gagas Media
  •  Tahun terbit : 2007
  •  Halaman : 230 halaman
  •  Harga buku : Rp. 39.000
  • ISBN : 978-979-780-166-3

3. A. Pengarang buku :
   Dika Angkasaputra Moerwani atau lebih dikenal dengan Raditya Dika (lahir di jakarta, 28 Desember 198. Umur 31 tahun) adalah seorang penulis, pelawak, aktor, pemeran, model dan sutradara asal Indonesia. Di indonesia, Raditya Dika dikenal sebagai buku jenaka. Tulisan-tulisan itu berasal dari blog pribadiny yang kemudian dibukukan. Buku pertamanya berjudul Kambing Jantan masuk kategori best seller. Buku tersebut menampilkan kehidupan Dikung (Raditya Dika) saat kuliah di Australia. Tulisan Radit bisa digolongkan sebagai genre baru. Kala ia merilis buku pertamanya tesebut, memang belum banyak yang masuk ke dunia tulisan komedi. Apalagi bergaya diairi pribadi (personal essay).
B. Sinopsis Novel :
  TIDAK DIANJURKAN UNTUK IBU HAMIL, Beberapa menit kemudian, kelas di mulai. Kayanya, ngajar kelas satu SMP bakalan jadi living hell. Baru masuk aja udah berisik banget.
‘ selamat siang, saya Dika,’gue bilang ke para siswa kelas 1 SMP yang bau gue ajar ini. ‘Saya guru untuk pelajaran ini.’
‘Siang, Pak! Kata anak cewek yang duduk di depan.
‘Jangan Pak. Kakak aja, kata gue sok imut. Gue lalu mengambil absensi dan menyebutkan nama mereka satu persatu.
‘Sukro.’ Gue manggil.
‘Iya, Kak.’ Sukro menyahut.
‘Kamu kacang apa manusia ?’
‘Hah? Maksudnya?’
‘Engga, abis namanya Sukro, kaya jenis kacang.’ kata gue, kalem. ‘Oke, kacang apa manusia?’
‘Ma-manusia, kak.’
‘KURANG KERAS!’ Gue menyemangatinya.

Satu kelas hening.  

C. Isi novel :
      Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa adalah salah satu novel Raditya Dika yang ke 3 yang berasal dari pengalaman kehidupan sehari-hari Dika dan dijadikan sebuah novel. isi Novel tersebut terdiri dari 13 cerita yang unik, lucu dan mengesankan yaitu :
Balada Badut Mabok
Ngik !
Ketika Kau Menebeng
Itu Tadi Manusia Bukan ?
Pertanyaan Untuk Tabib
Arti Hidup
Guruku Seperti Macan
Lakukan Dengan Microwave
Dizalimi Kala Banjir
Gak Bisa Jongkok
Kacang UNTUK VALENTINE
(.) (.)
Bukan Binatang Biasa

D. Susunan kerangka novel :
Balada Badut Mabok
Menceritakan tentang perjalanan kehidupan Radith saat melalukan penelitian kehidupan badut dengan melakukan penyamaran menggunakan kostum badut, demi melakukan penyamaran menjadi badut hal pertama yang dilakukan Radith yaitu menyewa kostum badut dengan teman asisten pak rofik yaitu Nanang. Dan akhirnya Rdith biar freak memilih kepala harimau dan baju ksatria sebagai kostum bajunya.

Ngik !
   Pada bab ini Radith menceritakan pengalamannya saat bertemu dengan teman lamanya yang bernama Toni. Toni ini memiliki penyakit kelainan pada otak yang memiliki 2 kepribadian dan Toni ini di kampus terkenal sebagai orang yang aneh dan pada akhirnya bertemu lagi setelah 2 tahu berpisah.

Ketika Kau Menebeng
Menceritakan tentang seorang cewek pindahan dari NTB yang masih kental dengan bahasa daerahnya cewek ini diberi nama panggilan Mbip tidak ada yang aneh dari Mbip hanya saja Aryo teman dari Radith menganggap bahwa Mbip ini merupakan cewek yang turun dari planet.

Itu Tadi Manusia Bukan ?
   Menceritakan tentang pengalaman Radith yang salah masuk WC dan menyadarinya setelah berada didalam stall. Pada saat itu Radith mendengar suara cekikian beberapa rombongan cewek. Dan kebetulan saat itu mereka sedang bercerita tentang hantu dan ketakutan berwal ketika Radith menyalakan keran untuk cuci tangan.

Pertanyaan Untuk Tabib
Menceritaakan pengalam Radith saat melakukan penyamaran seolah-olah menjadi tabib yang akan diterbitkan dibeberapa majalah yaitu bukune dan majalah anak muda disitu beberapa rang bisa mengirimkan pertanyaan kepada tabib atau Radith melalui  situs internet seperti Email.

 Arti Hidup ?
Menceritakan pengalaman Radith saat masa-masa SMA yang terbilang masih labil yang hanya memikirkan pacaran dan hura-hura. Dan saat Radith menikmati hari libur bersama teman-temannya sedikit terganggu dengan datangnya telfon dari bu Irfah yang merupakan guru Biologi untuk mrngumpulkan tugas biologi.

 Guruku Seperti Macan
Menceritakan pengalaman tentang Radith pada saat Nyokapnya berbisnis bimbingan belajar buat adik-adik Radith sebagai tempat les, sebagai orang tua yang baik orangtua Radith akan memberikan pendidikan buat anaknya agar bisa mengejar cita-cita mereka.

 Lakukan Dengan Microwave
Menceritakan pengalaman Radith pada saat ia pergi sekolah ke luar negeri yaitu di Australia, iapun mempunyai masalah pada saat memasak dan salah satu temannya menawarkan Radith ntuk menggunakan microwave yang merupakan suatu alat yang bisa di gunakan untuk memasak semua jenis makanan. Tapi bencana mulai terjadi pada saat temannya bernama Joselina meletakkkan microwave di atas kompor dan meleleh.

 Dizalmi Kala Banjir
Menceritakan pengalaman Radith yang terjebak banjir di jalan Sudirman bersama empat orang adiknya. Pada saat itu adiknya ada yang kebelet pipis, kelaparan dan akhirnya mereka memutuskan untuk pergi ke restoran Thailand, dan membawa adiknya Edgar untuk pergi pipis.

 Gak Bisa Jongkok
Menceritakan pengalaman Radith ketika Radith kebelet BAB di kota TASIKMALAYA . Dia pun mendapat tempat setelah itu dia masuk diapun membuka celana lalu jongkok ternyata tempatnya sempit karena dindingnya terlalu mepet dengan empat pembuangan, akhirnya pun dia tidak jadi BAB, lalu diapun bersama temannya melanjutkan perjalanannya, lalu iapun kebelet pipis lalu ia pergi untuk menumpang di rumah warga, sekaligus BAB, tapi ternyata di dalam bak mandi itu ada ikan yang sengaja di pelihara oleh tuan rumah tersebut, dia pun geli dan tidak jadi BAB lagi.
 
 Kacang Untuk Valentine
Menceritakan Pengalaman Radith pada saat hari valentine yang lebih dominan dengan chocolate, tapi Radith tidak setuju dengan hal itu karena harga chocolate yang cukup mahal dan akhirnya Radith memutuskan untuk membeli kacang di hari valentine untuk pacarnya.

(.) (.)
Menceritakan pengalaman Radith pada saat masuk Adelide University dia menceritkan beberapa guru yang menurutnya sedikit aneh, salahsatunya adalah guru matematika. Dari gayanya kelihatan kalau orang ini emang freak. Bekas kapur ada di mana-mana menempel di bajunya dengan tas back kecil yang menempel di punggungnya dengan hidung yang panjang ala Alf.

13) That Is So Gay
   Menceritakan pengalaman Radith saat berada di salah satu stasion radio X di Surabaya untuk talkshow tentang buku keduanya CINT BRONTOSAURUS. Hal menggelikan terjadi ketika ia bertemu David yang merupakan seorang penyiar radio tersebut, yang merupakan sekaligus seorang Gay.

14) Mentri Atau Petani ?
Menceritakan perjalanan Radith bersama ibunya ketika menaiki kereta api, yang kebetulan ada seorang bapak-bapak tua yang kata ibu Radith mirip mentri dan pada saat itu ibu Rdith yakin banget kalau itu adalah mentri tapi Radith tidak yakin bahkan dia mengrita itu adalah petani.

Stripper
Menceritakan pengalaman Radith adik kembar yang bernama Ingga dan Anggi yang mempunyai sifat yang berbeda, Ingga memiliki sifat yang suka makan-makan apa saja yang dilihatnya sedangkan Anggi memiliki sifat dan bakat yang berbeda dari Ingga yaitu kegigihannya dalam membuat komik. Sebagai kakak yang baik Radith selalu mendukng potensi atau kelebihannya dari adikknya.

BEERI
      Menceritakan tentang Radith yang mempunyai seorang teman wanita jepang yang ternyata maniak bir, sehingga pada saat malam acara universitas Takuzi mabuk berat dan sedikit mengganggu acara pada malam itu.

Bukan Binatang Biasa
     Menceritakan tentang detik-detik Radith masuk universitas dan akhirnya masuk kuliah diluar negri dan menurut Radith ini bukan kebahagiab buat dia melainkan untuk orang tua yang selalu ingin dia banggakan.

D. Karakter tokoh utama dalam novel :
 Raditya Dika merupakan sosok cowok yang selalu tampil apa adanya punya selera humor yang tinggi dan penyayang keluarga, Radith juga cukup menginspirasi para remaja khususnya yang punya cerita hidup senasib sama dia. Penulis ini juga punya cerita hidup yang unik kalo dipikir-pikir secara logika ya pasti gak mungin tapi sejauh ini novel-novel yang iya cetak sangat mongocok perut.

E. Kelebihan buku :
    Kelebihan dari buku ini yaitu dari sisi kekocakan cerita yang dialami secara langsung oleh penulis dan cerita yang menghibur diwaktu senggang

F. Kelemahan buku :
    Kata-kata yang vulgar terlalu nampak dan sebenarnya kurang baik untuk anak yang tidak sesuai usinya

G. Kesimpulan :
     Kesimpulannya yaitu novel ini sangat menghibur dan jika dijadikan flm mungkin lebih baik agar hayalan dari para pembaca bisa terlihat lebih nyata, dan ini merupakan novel yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari daan ini merupakan novel lain dari lainnya karena, judul yang diberikan lebih bnyak mengarah tentang nama binatang

H. Saran :
     Hanya perlu mengilangkan sedkit kata-kata vulgar yang tidak layak untuk anak dibawah umur dan juga warna sampul buku yang jyga harus lebih menarik.

Semoga artikel dan uraian diatasi dapat bermanfaat. Bisa baca juga artikel terkait Resensi Novel humor Raditya Dhika Babi Ngesot Lengkap