Unsur Resensi Novel Humor karya Raditya Dhika Babi ngesot lengkap

Hallo guys, siapa sih yang gak kenal sama sosok Raditya dika. Aktor pemain film sekaligus pembuat cerita humor yang keren banget, gak heran kalok udah banyak banget fans nya. Nah kali ini kita akan bahas salah satu novel buatannya yang populer, yapp judulnya adalah "babi ngesot". Dilihat dari judulnya pasti bakal buat penasaran banget yaa.. Cocok banget buat kalian yang dapat tugas dari guru bahasa indonesia kalian untuk buat unsur resensi novel humor talita udah rangkai novel ini berdasarkan unsur resensi nya, terinvirasi dari waktu talita dapat tugas waktu sekolah, gakpapa ya nama nya berbagi itu indah. Apa aja yang kita bagikan semoga bisa bermanfaat. Berikut adalah unsur resensi novel dari raditya dhika "Babi ngesot".


UNSUR RESENSI

1. Judul buku : Babi ngesot

2. Data buku :

  •  Judul buku : Babi ngesot “Datang tak diundang, pulang tak berkutang.”
  •  Pengarang : Raditya Dhika
  •  Genre : Komedi
  •  Penerbit  : Bukune
  •  Tahun terbit : 2008
  •  Halaman : 240 halaman
  •  Tebal buku : 2,2 cm
  •  Harga buku : Rp. 32.000
  • ISBN : 978-602-8066-10-5

3. A. Pengarang buku :
   Dika Angkasaputra Moerwani atau lebih dikenal dengan Raditya Dika (lahir Jakarta, 28 desember 1984) adalah seorang penulis, pelawak, aktor, pemeran, model dan sutradara asal Indonesia. Di Indonesia Raditya Dika dikenal sebagai penulis buku-buku jenaka. Tulisan-tulisan itu berasal dari blok pribadinya yang kemudian dibukukan. Buku pertama nya berjudul kambing jantan masuk kedalam penjualan terbesar. Tulisan radith bisa digolongkan sebagai genre baru. Kala ia menulis buku pertamanya tersebut memang belum banyak yang masuk ke dunia tulisan komedi. Apalagi bergaya diari pribadi.

B. Sinopsis Novel :
  Dalam novel ini, Raditya Dika menceritakan kesehariannya dari dia masuk SMA 70 biar bisa mainin burung sampai ke ceritanya yang pastinya sangat kocak.
Kesurupan mbak Minah semakin menjadi-jadi. Tubuhnya semakin susah dikendalikan oleh kita bertiga. Lalu tiba-tiba, Ingga berkata “Pencet idungnya, bang”
  “Apa?’
  “idungnya,” Ingga meyakinkan. “Aku pernah baca dimana gitu, pencet aja idungnya.”
  “Tapi, Ngga?’
  “Abang! PENCET IDUNGNYA SEKARANG!” Edgar memerintahkan gue.
     Daripada kehilangan nyawa, gue ikutin saran mereka. HAP! Gue pencet idungnya      
  Minah. Kita semua terdiam untuk beberapa saat. Semua menunggu efek yang datang
  Dari mencet idung orang kesurupan. Apakah setannya akan keluar? Apa yang akan
  Terjadi setelah ini?
  Ternyata,
  Gak ngefek.
  “Kok nggak ngaruh?” tanya gue.
  Ami, yang emang expert soal kesurupan, langsung teriak, “Ya, iyalahh!!!! JEMPOL
  KAKINYA TAU YANG DIPENCET, BUKAN IDUNG!”

C. Isi novel :
      Babi ngesot: Datang tak diundang, pulang tak berkutang adalah kumpulan cerita pendek penggalaman pribadi Raditya Dika, penulis Indonesia terbodoh saat ini.isi Novel tersebut terdiri dari 17 cerita aneh tapi nyata kisah hidup Raditya yaitu :
Asal jangan jadi perkedel
Ingat lah ini sebelum meminta dipijit
Prince of
Paduan singkat menghadapi cewek
Surup-menyurup
Gosip
Penting ya membawa babi bersayap sewaktu kencan buta
My heart is like in jail
Ketek ku, bertahan lah !
Kawin, kapan
Kucing jawa
Merinding disko
Radith for president
Itu kan.........
Pertanyaan unruk tabib
Babi ngesot
Celana coklat itu

D. Susunan kerangka novel :

Asal jangan jadi perkedel
Menceritakan tentang kisah Raditya pada masa dia akan masuk sekolah menengah atas khususnya selama ia berada di kelas 1. SMA 70 adalah salah satu sekolah yang ia inginkan dengan alasan belajar sambil mainnan burung. Namun sebagai siswa kelas 1 ia sering di teror dan dibuli oleh kakak kelasnya terutama kakak kelas 3. Radith sampai nelen ludah karna takut. Dia dengan cerdik buat rencana melarikan diri dari amak kelas 3 tersebut.cerita ini mencerikan dari awal perjuangan Radiht ketika kelas 1 sampai ia lulus sekolah.

ingatlah ini sebelum meminta dipijit.
Menceritakan tentang keseharian Radith bersama keluarganya. Nenek nya sering menyuruh Radiht untuk meluangkan waktu bermain dengan adik-adiknya yang masih SD ketimbang lebih banyak kerja dan kuliah. Ketika bermain dengan adik-adiknya mereka pun membuat kesepakatan untuk bertanding dimulai dari bermain PS sampai dengan bermain baseball. Berbagai kecurangan Radith lakukan untuk meraih kemenangan dengan hadiah mendapat pijitan gratis. Pada akhirnya ia pun menang, adiknya dengan menggerutu menuruti permintaan Radith. Ketika hendak dipijit Radith pun menjerit karena ulah Edgar yang memijatnya terlalu keras sehingga ia merasa tulangnya telah patah semua.

prince of
   Kekonyolan radith ketika bekerja sebagai reporter dan jurnalis mulai dari mencari artikel anime dengan nama yang aneh dan membuat majalah dinding SMA tapi malah nyasar ke SD.

panduan singkat menghadapi cewek
Menceritakan tentang solusi ketika menghadapi cewek pada situasi-situasi tertentu. Contohnya adalah ketika mengajak kenalan pertama kali, ada orang gila, gebetan nyangkain kamu tukang parkir, penembakan yang gagal, dan lain-lain.

surup-menyurup
   Menceritakan tentang kesurupan yang dialami mba minah. Karena tubuhnya yang semakin sulit dikendalikan oleh kita bertiga. Lalu tiba-tiba ingga menyarankan untuk memencet hudungnya karna tidak bereaksi yang seharusnya dipijit adalah jempol kakinya.

Gosip
Salah satu keuntungan jadi penulis adalah terhindar dari gosip. Tetapi tidak halnya dengan Radith yang menjadi korban gosip. Karena salah paham dengan dosennya, sampai akhirnya ia diputusin pacarnya gara-gara ada gosip yang menyatakan istrinya melahirkan padahal itu adalah tantenya.

Pentingnya membawa babi bersayap ketika kencan buta
Kisah pertama radith ketika kencan buta (kencan tanpa lebih tahu dulu raut wajah satu sama lainnya). Hal yang tidak menyenangkan bagi Radith pada waktu itu adalah ketika doi bertemu dengan mantannya dan membuat situasi menjadi canggung, Radith pun berpikir untuk membawa babi bersayap atau babi terbang untuk lari dari kenyataan.

My heart is like jail
Kisah Radith yang terobsesi menjadi seorang yang terkenal seperti penyanyi cilik. Ia pun melanjutkan sekolah musik khususnya bermain gitar di Australia selama 4 tahun. Akhirnya, setelah mahir ada orang dari negara Hongkong minta dirinya untuk mengajarinya bermain gitar.

 Ketek ku bertahanlah !
Berawal dari ketakutan radith pada benjolan yang timbul pada ketiaknya. Radith mulai menyimpan ketakutan abnormal atas kesehatan diri sendiri. Terutama dengan adanya ketakutan ngga beralasan bahwa dirinya punya penyakit serius.

 Kawin, kapan ?
Kawin, kapan? Pertanyaan yang selalu radith dengar dan pertanyaan tersebut memang tertuju padanya. Ketidaksiapan radith untuk menikah mulai dari mengurus anak sampai dengan menafkahi istrinya. Persiapan yang dia lakukan adalah dengan mengurus anjing dan hewan lainnya yang dianggapnya sebagai anak sendiri. Namun, tidak membuahkan hasil.

 Kucing jawa
Radith mulai menitih karirnya dengan bermain band atau dengan istilah nge-band bareng teman-temannya sewaktu kuliah di Adelaide, Australia. Setelah personil band lengkap mereka mulai beraksi dengan mengikuti lomba ngeband skala internasional. Namun, pada akhirnya gugur karena fashion dan suara mereka dibawah rata-rata.

 merinding disko
Berawal dari ketakutan radith ketika berada di rumah barunya untuk liburan selepas kuliah di Australia. Peristiwa-peristiwa aneh sering ia alami dan berbau mistis sehingga membuat bulu seluruh tubuhnya merinding hebat seperti disko karena ketakutan.

 Radith for president
Ambisi radith yang ingin menjadi presiden pada tahun 2009 padahal pilpres masih 2 tahun lagi. Kesannya curang banget karena mempromosikan dirinya sendiri dalam bukunya.

 Itu kan...
Kisah radith yang mengidolakan sosok seorang Master Kim yang berprofesi sebagai seorang yang ahli dalam Hapkido.

 Pertanyaan untuk tabib
Ngelanjutin dari buku Radikus makankakus, raditya yang pura-pura jadi tabib menjawab dengan gaya goblok pertanyaan-pertanyaan yang besar tentang hidup yang bikin orang-orang gundah gulana.

 Babi ngesot
Menceritakan tentang kekonyolan radith yang ingin memelihara tuyul agar dapat memperoleh uang yang banyak. Diawali dengan ide konyol nya yang menggabungkan nama hewan dan nama hantu yaitu “Babi” dan “Ngesot dan berniat mencari nya hingga dapat..

 Celana coklat itu..
Selera fashion dan dandanan radith yang kuno membuat dia menjadi bahan ejekan teman-temannya. Oleh karena itu Ara, sahabatnya membantunya dalam merubah style pakaian nya yang awalnya kuno menjadi lebih modern atau mengikuti perkembangan zaman. Akan tetapi, bukannya mendapat pujian ia malah diejek dengan kata “Homo”.

D. Karakter tokoh utama dalam novel :
 Raditya Dika adalah sosok seorang yang humor dan penuh dengan kekonyolan. Selera fashion nya yang kuno meyakinkan bahwa ia adalah orang yang tidak menghiraukan perkembangan zaman atau dapat dikatakan lebih cenderung memperhatikan kesibukan dunia nya sendiri. Namun, radith sangat sayang dengan keluarganya khususnya keempat adik-adiknya.

E. Kelebihan buku :
      Kelebihan dari novel ini adalah dari penyampaian cerita yang menarik, yaitu dengan menggunakan istilah sehari-hari sehingga mudah dimengerti oleh para pembaca. Dan penyampaikan yang aslinya adalah tragis menjadi “konyol” yang akan membuat kita tertawa dan tersenyum ketika kita membaca novel ini. Selain itu isi novel tersebut sangat menarik dan menghibur.

F. Kelemahan buku :
      Kelemahan pada novel ini mungkin hanya pada kata-kata yang agak vulgar dan tidak disensor. Namun tidak menjadi masalah yang besar karena semua tertutupi dengan penyampaian cerita yang menarik.

G. Kesimpulan :
      novel ini layak dijadikan obat penghilang stres. Pasti siapa saja yang membaca yang membaca novel ini akan terbahak-bahak bahkan terbengong-bengong menyimak keluguan, kelucuan, dan kekonyolan radith! Saya rasa babi ngesot adalah novel terbodoh dan tergila yang pernah ditulis Raditya Dika.Novel ini sangat baik bagi orang-orang yang sedang bersedih mau pun sedang bergembira, isi tentang kekonyolan, dan kekocakan sang penulis dapat menghibur bagi diri sendiri, dan tidah seperti Novel lainnya dalam Novel ini pun terdapat bentuk animasi dari setiap penggalan cerita yg membuat orang tidak bosan untuk membacanya akan tetapi Novel ini memiliki cerita yang terlalu hiperbola sehingga ada suatu cerita yang tidak masuk akal bagi orang normal yang membacanya.

H. Saran :
      Dari awal cerita novel tersebut terdapat beberapa kata-kata vulgar yang perlu untuk disensor agar tetap layak untuk dibaca bagi usia dibawah umur.

Nah itu ada adalah unsur resensi novel dari raditya dhika dengan "babi ngesot". Semoga dapat bermanfaat..
Salam..