Kumpulan daftar tanaman asli asal Indonesia yang unik

Siapa sih yang gak suka sama bunga?? Pastinya kebanyakan dari kita menyukai keindahan satu atau dua jenis bunga, mungkin hanya 1 dari 10 orang saja yang tidak menyukai bunga. Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan flora. Mulai dari sayuran, tanaman buah dan juga tentunya tanaman bunga. Berbagai tanaman yang kita ketahui pastinya memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yaa.. Ada yang lebih menonjol pada bagian warna nya, ada juga aroma nya yang begitu harum, atau yang lain lagi keunikan dan cara tanaman tersebut untuk hidup yang tidak biasa dari tanaman lainnya dan masih ada banyak lagi yaa. Tak heran, ada yang bahkan mengoleksi bunga-bunga tersebut sebagai tanaman hias di taman dan halaman rumah mereka. Kalau ada pertanyaan nih, APA JENIS BUNGA YANG MENJADI FAVORIT KALIAN????

Kalau talita sangat suka salah satu jenis bunga asal Indonesia, yang katanya pernah dijadikan lambang negara kita lohh... Yapp,, ini adalah bunga Anggrek. Mengapa unik? karena Setiap tanaman anggrek memiliki keunikan. Hal tersebut membuat banyak orang merasa tertantang untuk membudidayakan anggrek. Tidak sedikit anggrek yang menyandang nama orang yang berjasa dalam bidang peranggrekan, atau nama orang yang sangat dihormati. Anguloa, misalnya, adalah nama yang diberikan oleh penemu anggrek itu untuk menghormati Francisco de Angulo, seorang kolektor anggrek yang berjasa dalam mengembangkan ilmu tentang anggrek. Dan, Dendrobium victoria reginae, atau Dendrobium Ratu Victoria, adalah ungkapan penghormatan kepada sang ratu.




Uniknya, keindahan yang dinantikan oleh pencinta anggrek ini pun beragam. Pemilik tanaman anggrek tak hanya menikmati bunganya yang eksotik, atau keharumannya, banyak pemilik anggrek yang mengagumi keunikan akarnya yang menjulur, bulb yang motok dengan berbagai bentuk, bahkan tantangan dalam pembudidayaannya. Bisa baca selengkapnya Tips dan cara menanam bunga anggrek yang sederhana dan mudah


Nah, Setelah membahas bunga anggrek masih ada banyak lagi tanaman bunga lainnya, Sebagai berikut dibawah ini merupakan beberapa jenis bunga yang asli berasal dari negara kita tercinta. Kita patut bangga untuk mengenal bunga - bunga ini, mau taau??? yuk simak..

Tanaman Asli Asal Indonesia yang cantik dan Unik
  Kantong semar


Tanaman ini habitatnya ada di Kalimantan dan Sumatera. Tumbuhan ini biasanya hidup dengan menjadi benalu dan memanjat tanaman lainnya. Tinggi dari tumbuha ini bisa mencapai 15-20 meter. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan karnivora, dimana diujung kantongny ada sulur sebagai perangkap serangga dan binatang kecil kayak kodok, pacet, dan serangga lainnya. Selain ditemukan disekitar daerah Indonesia, tanaman ini juga bisa ditemui sekitar daerah Asia Tenggara. Sayangnya, perhatian terhadap jenis tanaman ini begitu minim hingga empatdiantaranya termasuk dalam status kritis serta empat lainya terancam punah.

Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldi)


Sebuah tanaman langka di Indonesia yang juga dianggap sebagai bunga terbesar dunia. Pertama kali ditemukan sekitar tahun 1818 didaerah Sumatera. Tanaman yang merupakan jenis flora asli Indonesia ini termasuk dalam daftar tanaman langka dan terancam punah. Menyusutnya habitat bunga terseut diantaranya disebabkan kegiatan manusiaseperti pembukaan wilayah hutan baik untuk kegiatan pertambangan, pertanian, maaupun permukiman.

Melati Putih (Jasminum sambac)

Bunga melati ternyata juga merupakan tanaman asli Indonesia. Melati merupakan salah satu dari tiga bunga yang dikenal sebagai tiga bunga nasional Indonesia atau Puspa Bangsa.


Dadap Merah
Sebagian dari anda mungkin sudah banyak yang tahu tentang bunga bermahkota merah ini. Ya, bunga ini sering kali dijumpai dipinggir-pinggir jalan sebagai media untuk mempercantik lingkungan sekitar. Bunga yang satu ini juga tidak hanya bisa menarik perhatian manusia, burung juga seringkali hinggap dibunga ini untuk menghisap sari-sarinya. Bunga Dadap Merah sangatlah cocok untuk memperindah taman-taman.


Lidah Merah

Bunga Lidah Merah adalah salah satu bunga jenis Anggrek yang sangat indah. Warnanya yang cantik dan tidak berbau adalah karakteristik bunga yang satu ini. Bagus sekali apabila dijadikan media untuk mempercantik taman. Akan tetapi sayangnya bunga seperti ini sangatlah langka dan juga merupakan salah satu bunga yang dilindungi.
 

Bunga Air Mata Pengantin

Bunga ini seringkali terlihat ditaman atau pekarangan rumah karena mudah sekali dirawat dan cepat tumbuh. Selain itu juga sering terlihat disekitar perkantoran dan tempat-tempat rekreasi karena bunga ini cantik dan sedap dipandang mata. Bunga ini dapat tumbuh dengan baik ditempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung.
 

Pakis Monyet

Tanaman ini memang unik, sama seperti namanya. Tanaman ini memiliki banyak sekali julukan, diantanya Bulu Kera, Sun Go Kong, Pakis Hanuman, dll. Tanaman ini banyak sekali ditemukan dihutan-hutan sekitar Bogor dan Sukabumi. Tanaman ini pernah menjadi fenomenal di industri tanaman hias, saat itu tanaman ini menjadi tanaman yang paling banyak diminati oleh para penghobi dan kolektor tanaman hias.
 

Bunga Udumbara

Anda tahu tenatang Udumbara? Mitosnya, menurt kitab suci umat Budha, bunga legendaris ini hidup setiap 3000 tahun sekali. Bunga ini amat sangat langka dan dipercaya akan membawa keberuntungan untuk para pemiliknya. Bunga ini sangatlah fenomenal karena dianggap sebagai bunga surgawi yang tidak tumbuh didunia biasa.


Edelweis (Anaphalis Javanica)


Tanaman ini adalah tanaman langka di Indonesia. Tanaman Edelweis bisa tumbuh hingga ketinggian 8 meter dan batang sebesar ukuran kaki manusia. Lebih sering dijumpai sekitar daerah pegunungan Lombok, Sulawesi Selatan, Sumatera selatan, dan Jawa.



Beberapa tanaman diatas merupakan tanaman asli yang berasal dari negara kita tercinta yakni Indonesia. Apakah kalian tau referensi bunga lainnya??? bisa share di kolom komentar yaa, yuukk saling berbagi informasi dan pengetahuan yang memperkaya pengetahuan kita akan kekayaan alam negara kita ini yaaa.. Semoga artikel ini bermanfaat!