Mengulas Pengertian, Klasifikasi dan morfologi tanaman lada secara lengkap

Hallo guys ada yang tau seperti apa tanaman lada itu? Mungkin yang sudah sering sekali kita lihat adalah bumbu lada yaaa, tapi bagaimana dengan tanaman lada? Nah pada artikel ini kita akan mengulas tentang tanaman lada mencangkup Klasifikasi dan morfologi tanaman lada.  Namn sebelum itu kita mengenal tanaman ini dari pengertiannya yaa.. yukkk simak!

Lada adalah tanaman rempah-rempah yang sudah lama ditanam di Indonesia. Tanaman ini tumbuh baik di ketinggian 10 – 500 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisar antara 25oC – 26,5oC dan tersebar di daerah tropis. Tanaman lada menghendaki musim hujan yang panjang dan musim kemarau pendek.

Lada (Piper nigrum L.) merupakan salah satu komoditi ekspor potensial di Indonesia. Lada sangat penting dalam komponen masakan dunia dan dikenal luas sebagai komoditi perdagangan. Pada masa lampau harga lada sangat tinggi sehingga menjadi salah satu pemicu penjelajahan bangsa Eropa ke Asia Timur untuk menguasai perdagangan, dan merupakan bagian dari sejarah kolonisasi Afrika, Asia, dan Amerika.

Mau tau seperti apa tanaman lada itu berikut adalah gambar tanaman lada :



Tanaman lada sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat, baik secara tradisional atau modern. Khasiat lada diantaranya adalah stimulant pengeluarn keringat, peningkat nafsu makan, dan sebagai ramuan obat reumatik. Selain sebagai obat, kadang lada juga dimanfaatkan sebagai pestisida nabati.

Setelah mengenal tanaman lada dari pengertian kita akan menglas klasifikasi dan morfologinya seperti uraian dibawah :

Klasifikasi Tanaman Lada


Kingdom     : Plantae
Divisi          : Spermatophyta
Sub Divisi   : Angiospermae
Kelas           : Monocotyledoneae
Ordo            :  Piperales
Famili          : Piperaceae
Genus          : Piper
Spesies        : Piper nigrum Linn.

Morfologi Tanaman Lada


DAUN
Daun pada tanaman lada memiliki warna hijau berbentuk oval dan runcing di bagian ujung. Daun pada tanaman ini yaitu daun tunggal dengan panjang 12 – 18 cm dan ebar 3 cm dengan tangkai panjang 4 cm.

BATANG
Batang tanaman lada di sebut juga batang stolon yaitu batang dengan tumbuh tegak ketas dan batang pada tanaman ini juga bercabang dan menjalar. Batang lada berbentuk lunak dan agak pipih dan beruas-ruas dengan panjang ruas 7-12.

BUNGA
Bunga pada tanaman lada berbentuk majemuk dan tumbuh pada ketiak tangkai daun. Bunga tanaman ini memiliki malai 100-150 bunga yang akan menjadi buah. Dan buah pada tanaman ini berwran hijau dan merah jika sudah matang. Memiliki biji berwra kecoklatan hitam berdiameter 3-5 mm dam dilindungi daging buah dengan ketebalan 2-3 cm.

Okee uraian diatas adalah informasi singkat mengenai tanaman lada, bagi yang belum pernah lihat tanaman lada bisa baca uraian diatas dan juga perhatikan gambar. Semoga artikel ini bermanfaat guys ! terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk read... Salam.