Resep terbaru cara membuat es doger yang segar dan nikmat

Kalok lagi siang-siang gini paling enak minum yang seger da nikmat yaaaa.. Ada pilihan menarik bagi kalian untuk menyantap es doger yaitu salah satunya adalah minuman dari indonesia yang dijamin bikin seger dan fresh deh apa lagi kalok cuacanya lagi panas banget atau bisa juga bagi kalian yang lagi capek rutinitas kuliah atau kerja. Sebelumnya ada yang sudah tau perbedaan es doger dengan jenis es lainnya??? 

Naah, kalau es doger ini merupakan salah satu jenis hidangan minuman hampir sama kayak es cendol bedanya es cendol memakai olahan berbagai tepung untuk membuat adonan cendol berwarna ijo dan tidak menggunakan ketan hitam. Hampir sama dengan es cendol, es doger pun cukup mudah untuk dijumpai, entah di pinggir jalan atau bahkan di restoran sebagai hidangan pencuci mulut. Pastinya kalian sudah pernah memakannya yaa atau bahkan sebagai salah satu penggemar es doger.

Untuk itu Dibawah ini adalah salah satu resep atau cara membuat es doger seger dengan rasa yang manis dan juga segar.. Mau tau cara Buat nya yukk lihat langsung cara atau proses buatnya..



Gambar es doger segar dan nikmat

Resep Cara buat es doger yang bikin seger dan nikmat 

Bahan-bahan Doger :

  • Santan 1 liter 
  • Gula pasir sebanyak 250 gram atau secukupnya 
  • Pewarna merah 1/8 sendok teh (cari pewarna makanan yang kualitas bagus, jangan yang murahan yaa) 
  • Kelapa setengah tua 2 butir, serut halus (bisa gunakan kelapa muda atau dengan degan) 

Bahan Pelengkap Es Doger nikmat :

  • Tape singkong 150 gram (buang bagian tengahnya, potong dadu 1cm) atau sesuai selera
  • Tape ketan hitam 150 gram (siap pakai) / sesuai selera
  • Susu kental manis 100 mili liter / sesuai selera
  • Roti tawar potong dadu secukupnya 
  • Kolang kaling secukupnya 
  • Bubur sagu mutiara secukupnya 
  • Selasih secukupnya 
  • Cendol atau dawet hijau secukupnya 

Cara Membuat Es Doger Nikmat :

  1. Langkah awal adalah membuat es doger yaitu rebus santan dan gula pasir sambil di aduk terus sampai mendidih. Tambahkan pewarna makanan warna merah, kemudian aduk rata. Angkat, aduk sampai dingin. 
  2. Selanjutnya simpan ke dalam freezer sampai agak beku, keruk-keruk dengan sendok lalu kocok dengan menggunakan mixer. Lakukan hal ini 2-3 kali agar hasil es krim kelapa doger halus. 
  3. Pada kocokan terakhir, masukkan kelapa serut dan aduk rata. Es krim doger sudah siap untuk disajikan 
  4. Untuk Penyajian Es Doger cukup Letakkan tapai singkong, tapai ketan ketan hitam, roti, kolang kaling, selasih, cendol dan bahan pelengkap lainnya dalam gelas saji, kemudian tambahkan kerukan es krim doger santan. Anda juga bisa berkreasi sendiri lohh...
  5. Langkah akhir, tuangi susu kental manis. Sajikan dingin.
Gimana guys??? mau coba resep diatas.. Gak harus sama persis kalian bisa berkreasi sendiri dengan tambahan bahan-bahan lainnya karena setiap orang pastinya punya selera masing - masing yaaa.. dengan menyantap minuman es doger nikmat pastinya akan menambah semangat dan tentunya tenggorokan yang haus akan kembali normal ceilahhh... daripada beli, kita gak akan tahu bahan- bahan nya sehat atau tidak jadi lebih baik bikin sendiri yaa pasti hasilnya akan jauh lebih nikmat. Selamat mencoba!

Bisa juga baca artikel terkait Cara membuat es cendol sederhana yang mudah dan nikmat Cara dan tips membuat minuman segar dan sehat