-->

7 Cara memilih sayuran yang sehat dan masih segar patut diketahui

Sayuran sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin yang ada dalam tubuh. Namun, tidak semua sayuran dipasaran berkualitas baik. Oleh sebab itu, Anda harus tahu cara memilih sayuran yang baik dan masih segar. Setiap buah dan sayuran mempunyai tanda tersendiri yang menentukan kesegarannya.

Cara mudah untuk melihat bahwa sayuran masih bagus adalah dari keadaan fisik meliputi warna dan kesegarannya. Lantas, apa saja tips dalam memilih sayuran yang baik? apa ciri ciri sayuran yang masih segar? Bagaimana agar saya tidak tertipu dengan pedagang nakal yang menjual sayuran tidak segar bahkan dimanipulasi supaya nampak bagus?

Jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan produk sayuran terbaik dengan menerapkan beberapa tips jitu. Tips tersebut menjadi panduan dasar bahwa suatu sayuran adalah baik dan layak untuk dikonsumsi. Khususnya untuk para ibu rumah tangga yang harus menjaga kesehatan diri sendiri dan juga keluarga, mari simak informasi penting tersebut di bawah ini :

7 Cara memilih sayuran yang sehat dan masih segar patut diketahui

1. Memperhatikan warna sayuran

Apa yang pertama kali Anda perhatikan ketika mau membeli sayuran? Tentu warna dan penampilan fisik dari sayuran tersebut bukan? Anda bisa memilih sayuran yang baik dari warnanya. Sayuran yang masih segar umumnya akan memiliki warna yang asli yakni cerah. Jika sayuran terlihat sudah berubah warna dan tidak lagi cerah, ini tanda yang menunjukkan bahwa sayuran sudah tidak segar.

Warna yang sudah memudar sebagai tanda juga bahwa vitamin dan nutrisi yang dikandungnya sudah berkurang. Anda bisa melihat perubahan warna yang mencolok pada sayuran seperti wortel dan kentang, apabila masih segar sayuran ini memiliki warna yang hijau pada bagian pangkalnya. Selain itu, lihat juga perubahan sayur yang berdaun hijau lalu berubah menjadi menguning.

2. Sayuran berdaun tidak layu

Cara berikutnya yang mudah untuk membedakan sayuran berdaun yang baik dengan yang tidak adalah masih dari warna dan tingkat kesegarannya. Apa saja sayuran berdaun yang Anda ketahui? Tentu Anda akan dengan mudah menyebut sayur seperti kangkung, bayam, sawi , katuk, genjer dan masih banyak lagi.

Nah, sayur sayuran ini memiliki ciri bertekstur masih keras dengan warna segar yakni hijau yang cerah. Sebaliknya apabila sayuran tersebut sudah memiliki ciri ciri layu dan berubah warna maka sudah dipastikan sayuran sudah mengalami penurunan kualitas.

3. Sayuran bebas pestisida

Sayuran yang utuh dan mulus bukan satu satunya ciri ciri yang menandakan bahwa sayuran baik dikonsumsi loh. Sebagaimana yang kita tahu sayuran memang biasanya dihinggapi ulat kecil yang suka sekali memakan helai daun sayur sayuran sehingga membuatnya tidak utuh lagi. Tapi, tahukah Anda ternyata sayuran tersebutlah yang baik untuk dikonsumsi. Mengapa demikian?

Sayuran yang dimakan ulat bisa sebagai tanda bahwa sebenarnya sayuran tersebut bebas dari bahan kimia yakni pestisida. Jadi, Anda harus lebih bijak dalam memilih sayuran yang terlihat sempurna atau utuh dengan yang tidak utuh. Ciri lain sayuran yang menggunakan pestisida adalah terdapat bercak putih di bagian permukaan daun.

4. Sayuran tidak keriput

Sayuran tidak keriput adalah salah satu ciri sayuran yang baik yang bisa Anda perhatikan pada sayuran seperti kentang, wortel, bawang, ubi, bengkoang dan masih banyak lagi. Jika Anda menemukan sayuran dengan ciri keriput, berlubang, bertunas, tidak keras dan lembek  maka sebaiknya hindari dan jangan dibeli. Sebaliknya pilihlah sayuran jenis umbi umbian yang bertekstur keras dan aroma yang segar.

5. Sayuran yang belum dibersihkan

Tidak banyak diketahui bahwa sayuran yang belum dibersihkan merupakan salah satu ciri yang menunjukkan bahwa sayuran cenderung lebih segar dan tidak mudah busuk atau layu. Tidak hanya itu kandungan air yang ada di dalam sayur juga masih terjaga dengan baik loh. Oleh sebab itu, carilah sayuran yang masih berakar dan belum dicuci oleh si pedagang.

6. Belanja sayuran di pagi hari


Umumnya sayuran yang kita beli di pagi hari masih segar dan lengkap atau belum kehabisan. Meskipun membutuhkan pengorbanan bangun pagi, Anda bisa mendapatkan sayuran dengan kualitas yang baik. selain itu, sebagai tips tambahan cobalah untuk belanja sayur di pasar petani yang cenderung lebih layak dan cerdas secara finansial karena tentunya harga akan lebih terjangkau dan lebih terjamin kesegarannya.

7. Memilih sayuran organik

Sayuran organik adalah jenis sayuran yang bebas dari penggunaan bahan kimia. Mengonsumsi sayuran organik sudah pasti menyehatkan dan tidak akan membahayakan kesehatan kita. Cara mendapatkan sayuran organik biasanya melalui petani atau pasar tradisional, sedangkan kalau di supermarket biasanya memiliki segel atau stiker organik yang bersertifikat.

Uraian diatas adalah informasi update yang membahas tentang tutorial memilih jenis sayuran yang baik dan masih segar wajib untuk Anda ketahui. Hal ini sangat penting untuk menunjang kesehatan yang baik karena didukung nutrisi lengkap dari sayuran yang berkualitas. Penting untuk diingat, jangan hanya berpatokan pada sayuran murah namun ternyata kualitas yang dimilikinya tidak baik.

Setelah menyimak informasi ini Anda sudah mengetahui caranya membedakan sayuran yang masih baik dan yang tidak. Lakukan sebisa mungkin untuk selalu memilih produk makanan yang baik. Hal ini berlaku untuk semua jenis makanan baik buah buahan, daging, ikan, tempe, tahu dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel