Kumpulan Mitos tentang Tahun Baru Populer sampai Horor bikin Merinding

Mitos Tahun Baru memang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Masing masing daerah seringkali memiliki mitos atau cerita cerita dari jaman dahulu yang mengatur masyarakat untuk tidak boleh melakukan sesuatu pada saat perayaan Tahun Baru. Oleh sebab itu kepercayaan akan mitos tersebut membuat banyak orang memiliki cara yang berbeda beda untuk memeriahkan acara Tahun Baru.

Apalagi Tahun Baru 2020 mendatang pastinya sudah Anda tunggu tunggu. Entah Anda berencana untuk merencanakannya bersama keluarga, teman atau sahabat, kerabat dekat, kakak, adik, atau bahkan pacar atau kekasih Anda. Adakah mitos tertentu yang Anda percayai tentang Tahun Baru?

Setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda beda terkait Mitos tersebut. Ada yang percaya dan ada juga yang tidak. Tapi banyak orang juga penasaran, dari mana asalnya mitos tersebut, apakah bisa dipercaya atau hanya tradisi saja? Nah, rangkaian informasi di bawah ini adalah deretan mitos populer tentang Tahun Baru yang umumnya buat banyak orang penasaran. Cekidot.

Kumpulan Mitos tentang Tahun Baru Populer sampai Horor bikin Merinding

1. Dilarang Menyapu pada Moment Tahun Baru


Mitos yang pertama kita bahas adalah dilarang menyapu di saat acara Tahun Baru berlangsung. Bagi beberapa orang yang tidak mengetahui mitos ini akan terlihat cukup unik. Dari mana asalnya? Mitos ini sendiri berasal dari Chili. Suatu kebiasaan masyarakat disana adalah Tidak melakukan bersih bersih rumah pada saat Tahun Baru. Mengapa?

Sebenarnya bukan karena malas, ada tujuan khusus dan latar belakang atas kepercayaan mereka ini. Mereka sebenarnya percaya apabila mereka menyapu di saat Tahun Baru maka itu berarti mereka ikut membersihkan hal hal baik atau keberuntungan dan semacamnya.

Hal ini berbeda dengan di Jepang, dimana disana mereka malah bersih bersih dengan giat di acara Tahun Baru. Bahkan orang Jepang lebih percaya, menyapu bisa membawa hal hal baik. Seperti halnya pada saat menerima tamu, mereka tentu saja akan suka kalau rumah yang mereka kunjungi bersih.

2. Ritual Meramal Ala orang El Salvador di Tahun Baru

Tahun Baru tidak hanya terkenal dengan Pesta yang meriah. Tahun Baru juga lekat dengan ramalan. Meskipun ada yang percaya dan tidak percaya, tapi pasti ada saja yang tetap merasa penasaran dengan apa yang nantinya mereka alami di sepanjang Tahun yang Baru.

Uniknya, ketika mungkin banyak orang meminta para peramal untuk meramal mereka, Masyarakat di El Savador meramal diri mereka sendiri. Bagaimana caranya? cukup mudah meramal ala orang El Savador ini, dimana mereka harus memecahkan telur lalu menuangkannya ke dalam sebuah gelas.

Kemudian, telur itu dibiarkan selama semalam. Keesokan harinya, telur ini akan membentuk sebuah pola khusus. Dari bentuknya itulah mereka bisa membaca nasib atau meramal diri mereka. Kepercayaan ini sudah lama berada di masyarakat El Salvador.

3. Makanan yang dikhususkan pada saat Tahun Baru

Mitos yang kali ini tidak dipungkiri ada dihampir seluruh dunia. Makanan tertentu di masing masing daerah menjadi mitos yang harus di santap pada saat acara Tahun Baru. Sebagaimana yang kita tahu Tahun Baru begitu identik dengan pesta, maka makananlah yang tidak boleh ketinggalan. Seperti halnya di Indonesia sendiri ada macam macam jenis makanan yang dikhususkan untuk Tahun Baru.

Tapi, di Indonesia mitos ini tidak terlalu dikhususkan. Salah satu negara yang mengharuskan mereka makan sesuatu agar tidak sial adalah Chili. Orang orang ini akan makan semacam sup dengan kacang kacangan. Mereka percaya dengan menyantap ini maka keberuntungan akan menaungi mereka sepanjang Tahun yang baru.

Di negara lain seperti halnya Jerman, juga percaya hal ini. Makanan yang mereka khususkan beda dengan Chili. Namanya adalah Marzipan yang adalah makanan manis. Kemudian di Belanda juga melakukan hal yang sama dengan memakan makanan khusus Tahun Baru bernama Oliebollen.

4. Langkah Kaki Kanan masyarakat Argentina

Berikutnya adalah mitos yang berkembang di Negara Argentina. Mitos ini termasuk unik sekali karena menyangkut memilih kaki yang tepat untuk melangkah pada moment Tahun Baru. Mengapa demikian? Karena hal ini mereka percaya bisa memberikan keberuntungan.

Mitos ini akan dilakukan ketika mereka mulai memasuki rumah. Orang Argentina akan ingat dan bakal memilih kaki kanan terlebih dahulu untuk melewati pintu. Mereka percaya kaki kanan akan membawa keuntungan namun sebaliknya melangkahkan kaki pertama dengan kaki kiri akan mengundang suatu hal buruk.

Memang kedengarannya agak konyol dan lucu, tapi Orang Argentina memang takut untuk melangkahkan kaki dengan kaki kiri.

5. Menggunakan Celana dalam warna Kuning di Venezuela

Seanjutnya yang tidak kalah unik lagi adalah mitos dari orang orang Venezuela. Biasanya di Indonesia, malam pergantian Tahun Baru akan diisi dengan orang orang yang berburu jagung, terompet atau kembang api. Tapi, di Venezuela hal itu tidak dilakukan, daripada berbelanja dengan makanan atau pernak pernik kembang api, mereka memilih untuk membeli banyak celana daalam.

Tapi, celana dalam yang dipilih bukanlah yang sembarangan, sebab mereka hanya memilih celana dalam dengan warna kuning saja. Mengapa warna kuning, karena masyarakat Venezuela percaya, warna kuning ini melambangkan keberuntungan. Sehingga orang yang menggunakannya bakal mendapat keberuntungan juga.

Tidak hanya di Venezuela, masyarakat Brasil pun turut mempercayainya tapi bukan warna kuning melainkan warna merah jambu atau pink.

Inilah rangkaian informasi yang menyebutkan tentang mitos mitos terkenal di saat Tahun Baru di seluruh dunia. Entah menurut Anda ini masuk akal atau tidak, setidaknya keragaman inilah yang membuat perayaan Tahun Baru dimasing masing daerah bisa terasa berbeda.

Mau tahu informasi menarik lainnya tentang Tahun Baru? Yuk simak.

Cerita ini hanya diambil dari berbagai sumber di masyarakat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan perayaan Tahun Baru Anda bisa asik dan menyenangkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel