Tanggal Perayaan Gong Xi Fa Cai 2019 dan beginilah jalanya Acara Imlek

Gong Xi Fa Cai 2019, Menjelang perayaan Imlek, Tentunya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mengingat Perayaan Imlek ini memiliki arti penting dalam kehidupan orang Tionghoa. Menurut pengertiannya Tahun baru imlek merupakan “malam pergantian tahun” yang diisi dengan berbagai adat dan tradisi unik tahun baru Imlek, misalnya, Perjamuan makan malam dan penyulutan kembang api”. Tidak ketinggalan dengan diikuti Budaya kental Tahun baru Imlek pada umumnya yang sudah ditetapkan menurut penanggalan orang Tionghoa. Nah, untuk Tahun 2019 Kapan tepatnya perayaan Tahun baru Imlek di rayakan?

Menurut sejarahnya, Meskipun penanggalan tahun baru Imlek secara tradisional tidak menggunakan nomor tahun malar, namun seringkali penanggalan Tionghoa di luar Tiongkok di nomori dari pemerintahan Huangdi. Maka, perayaan Gong Xi Fa Cai setiap tahunnya berbeda –beda, Untuk Tahun baru Imlek 2019 jatuh pada hari Selasa, 05 Februari 2019 ini merupakan hari Libur besar untuk orang Tionghoa yang menyebar ke seluruh tetangga Geografis seperti Negara Korea, Mongolia, Bhutan, Nepal, Hongkong, Malaysia, Indonesia, Thailand, Filiphina, Makau, Taiwan, Vietnam, Jepang dan Negara-negara lainnya.

Tata Acara Imlek sendiri biasanya dirayakan secara meriah, Ada banyak Ampau yang diperuntukkan untuk anak kecil, Kartu Ucapan “Gong Xi Fa Cai” atau “Selamat Tahun baru Imlek, Gambar menarik untuk perayaan Tahun baru Imlek, pembuatan lampion Imlek, Khas makanan Imlek, busana Imlek, dan berbagai tradisi dan kebudayaan yang turut dipertontonkan. Pada perayaan Imlek 2019 ini pasti akan ada banyak kejutan untuk Anda semua. Kita juga pastinya menunggu perayaan tahun baru ini untuk tahun –tahun selanjutnya, Imlek tahun 2020, Imlek tahun 2021, Imlek  tahun 2022, Imlek 2023, Imlek tahun 2024 dan seterusnya. Nah, secara terperinci uraian dibawah ini akan beri tahu kita proses jalannya kegiatan Tahun baru Imlek 2019, Mau tahu? Yuk simak bersama sama.

Sebagai berikut Kegiatan- kegiatan menarik selama Perayaan Tahun baru Imlek “Gong Xi Fa Cai” :


Selama perayaan tahun baru Imlek berlangsung, yaitu pada hari Selasa, 05 Februari 2019 Orang –orang akan mulai menyelenggarakan Tahun baru Imlek selama kurun waktu sekitar dua sampai dengan tiga minggu, dan banyak dari antara mereka yang memilih untuk pulang ke kampung halaman dan merayakan tahun baru bersama keluarga. Pada umumnya, mereka memiliki beberapa tradisi unik sebelum perayaan Imlek, Pada malam Tahun baru, saat hari tahun baru dan juga setelahnya.

Jalannya kegiatan Sebelum Tahun baru Imlek 

Sebelum perayaan tahun baru, Keluarga akan mulai membersihkan rumah atau biasa dikenal dengan istilah “Sweeping the dust”. Kemudian dilanjutkan dengan membeli makanan ringan untuk para keluarga, sahabat dan teman yang akan datang untuk berkunjung. Tidak lupa sebelumnya mereka akan mendekorasi rumah secantik mungkin yang di barengi dengan tradisi menggunakan baju warna merah sebagai simbol dari Festival tersebut.

Baca juga article menarik lainnya Kumpulan Tradisi Natal Unik di seluruh dunia

Kegiatan pada saat malam tahun baru

Moment yang ditunggu –tunggu adalah ketika malam perayaan tahun baru telah tiba. Diawali dengan makan bersama, lalu menonton acara televisi yakni Spring Festival Gala. Untuk makanan yang disajikan sendiri yakni ada Jiaozi (dumplings) atau disebut juga niangao (Kue beras). Sebelum tengah malam, Keluarga akan mulai memasang sepasang kertas yang diletakkan di ambang pintu sebagai suatu lambang kesejahteraan di tahun baru ini. Hal lain yang selalu dinantikan adalah ketika orang dewasa memberikan Hang pao (Amplop merah) kepada anak yang lebih muda atau anak kecil dan mengharapkan mereka bisa memiliki kesehatan dan studi yang baik. Sebaliknya anak –anak akan mendoakan dengan harapan agar pemberi Hang pao bisa mendapat keberuntungan di tahun baru.

Kegiatan pada saat dan setelah tahun baru

Di daerah Pedesaan, di Hari pertama tahun baru Imlek, terdapat suatu tradisi unik yaitu menawarkan kurban bagi leluhur di sertai dengan menyalakan kembang api. Sedangkan pada hari ke -7, Beberapa orang sudah mulai beraktivitas kembali seperti biasanya, Namun pada saat hari ke -15 diperingati sebagai Lanter’s day yaitu mengirimkan lentera ke langit di tempat tertentu seperti danau dan sungai disertai dengan tulisan harapan mereka di tahun baru imlek ini. Dan juga orang –orang akan makan makanan khas seperti yuanxiao (dumpling manis). Di beberapa Negara ini juga digunakan sebagai simbol berakhirnya perayaan musim semi.

Jalannya perayaan Tahun baru Imlek dilengkapi dengan tradisi dan kebudayaan Tiongkok yang beragam. Kita sebagai masyarakat Indonesia, sangat menghargai dan menghormati Perayaan- perayaan lainnya termasuk Tahun Baru Imlek. Maka, dengan demikian mari kita semua untuk jangan segan dalam memberikan Kata ucapan “Gong Xi Fa Cai” kepada rekan –rekan, seperti sahabat, rekan sekerja, rekan sekolah, teman yang merayakannya. Semoga sekilas informasi singkat ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Sobat semua. Terima kasih sudah baca dan mampir. Jangan lupa untuk baca article menarik lainnya di talitashare.com.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel