Contoh ProposaL Natal Terbaik yang Kreatif dan Lengkap

Merry Cristmas! talitashare.com ucapkan buat kalian sobat aku yang akan merayakan natal. Gak terasa ya, kita semua sudah berada di penghujung tahun 2018. Ada perasaan senang, bahagia, terharu, campur aduk deh pokoknya. Nah, Mengingat Hari H nya akan segera tiba, tentunya ada banyak hal yang perlu kita persiapkan. Apa saja kah itu? Ya, semua terangkum dalam sebuah rencana tertulis yang biasanya di sebut dengan yang namanya "Proposal".  Kalian semua pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ini ya, apalgi kalau kalian sudah terbiasa mengikuti atau menjadi panitia perayaan natal setiap tahunnya.

Namun, Penyusunan proposal sendiri tidaklah semudah yang kita bayangkan. Ada bebrapa point penting yang perlu diperhatikan. Dari tahun ke tahun, pastinya kita mengharapkan ada sesuatu yang baru dan fresh. Nah, disinilah dibutuhkan kekreatifan kita masing masing dalam menyusun proposal yang menarik dan gak biasa. Sesuai dengan judul diatas yakni Contoh ProposaL Natal Terbaik, kita akan ulas pada article ini tentang bagaimana sih penyusunan proposal natal yang baik dan benar? kegiatan apa saja yang bisa kita usulkan? bagaimana cara menghitung biayanya? dan masih banyak lagi.

Sebagai berikut talitashare.com akan share ke sobat semua  Contoh ProposaL Natal Terbaik yang bisa kalian simak pada uraian dibawah ini. Kalian bisa simak dan perhatikan point-point pada setiap bagian yang memiliki peranan penting tersendiri. Jangan remehkan satu atau dua point yang kelihatannya gampang, tapi kalian harus perhatikan pada setiap bagian dalam proposal agar nantinya bisa menghasilkan proposal bermutu dan acara yang meriah dan seru. Langsung saja yuk tanpa basa basi, kita langsung baca pada subjudul  Contoh ProposaL Natal Terbaik.

Contoh ProposaL Natal Terbaik



A. Pendahuluan 

Dalam rangka merayakan hari kelahiran Yesus Kristus, Juru selamat manusia, maka ditahun ini marilah kita bersama-sama lebih meningkatkan keimanan kita kepada Yesus Kristus karena sejak manusia jatuh kedalam dosa, mereka telah kehilangan sukacita, harapan dan keselamatan. Marilah kita menyiapkan hati kita untuk menyambut kelahiran Putra Natal di hati kita, karena Dia-lah sumber sukacita yang sejati, didalam Dia ada harapan. KelahiranNya ditengah-tengah dunia ini menyatakan betapa besar KasihNya kepada kita sehingga kita memperoleh dan memiliki sukacita yang sejati dari Allah. Atas Kasih anugrah-Nya lah kita boleh berkumpul dalam kasih-Nya melalui kebaktian dan Perayaan Natal bersama Jemaat Gereja ...........  ini.

Dengan memahami makna Natal, kasih Tuhan kepada manusia akan memberikan semangat dan harapan baru dalam menghadapi hari depan yang semakin sulit. Panggilan dan tugas kita sebagai warga kerajaan Allah untuk senantiasa menghadirkan damai sejahtera Allah tetap ada. Marilah kita berpegang tangan, saling menguatkan dan mengingatkan, tolong menolong untuk menanggung beban, menyatakan kerinduan kita untuk senantiasa dekat dengan Dia melalui kehidupan masing - masing.


B. Dasar Pemikiran

Dasar pemikiran Perayaan Natal Gereja ............. tahun 2018, seperti yang tertulis dalam Yesaya 9:5 “Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Dengan segala syukur dan sukacita atas Kasih Karunia Allah melalui Yesus Kristus yang lahir untuk menyelamatkan dan mendamaikan dunia maka dari itu, Gereja ...... akan  mengadakan Perayaan Natal ini dengan tujuan meneguhkan kepercayaan dan mengikuti keteladanan Yesus Kristus dalam segala aspek kehidupan.  Perayaan Natal ....... ini telah didahului dengan pembentukan Panitia Natal yang kemudian disusul dengan penyusunan proposal yang bertujuan untuk mengetahui bentuk  dari kegiatan Perayaan Natal tersebut.


C. Tujuan

Tujuan diadakannya perayaan Natal ini adalah untuk dapat :

  1. Mempererat tali persaudaraan antar sesama Jemaat Gereja-Gereja di ...... pada umumnya dan anggota Jemaat Gereja ............. pada khususnya.
  2. Menjalin keakraban serta kerukunan antar umat beragama tanpa membedakan suku, ras dan golongan.
  3. Sebagai perwujudan umat kristiani untuk berbakti dan berkembang ditengah-tengah kehidupan bangsa, Negara yang majemuk.
  4. Berperan serta dalam mewujudkan pembangunan kehidupan beragam.

D. Parameter Keberhasilan

Parameter keberhasilan dalam pelaksanaan perayaan Natal GKPI Rawamangun ini di bagi menjadi dua kategori, yaitu:

a.    Parameter Kuantitatif
       Kehadiran jemaat sejumlah 750 - 800 orang.

b.   Parameter Kualitatif
      Setiap orang dapat merasakan kasih Allah yang memberikan hidup berkelimpahan kepada kita sehingga setiap orang bisa menjalani hidup bersama didalam Kristus.


E. Sasaran

Dengan perayaan Natal ini akan lebih memperkokoh dan mempererat hubungan yang harmonis antara sesama Jemaat Gereja-Gereja Bukuan-Palaran Samarinda pada umumnya dan anggota Jemaat Gereja ............................ pada khususnya.


F. Peserta

Peserta Natal adalah Jemaat Gereja ................. ditambah dengan undangan dari berbagai gereja.


G. Kepanitiaan

Kepanitiaan ini dibentuk dalam rapat di.......... pada hari ......., ....., ........... 2014, yaitu Panitia Inti dan seksi-seksi(SusunanKepanitianTerlampir).


H. Rencana / Tempat Kegiatan

Kegiatan ini dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal : .......,.............. 2018
Jam : ....... WIB
Tempat : Gereja ........


I. Rencana Anggaran :

  • Seksi Kesekertariatan Rp.........
  • Seksi Ibadah Rp.........
  • Seksi Musik Rp..........
  • Seksi Konsumsi Rp..........
  • Seksi Dekorasi Rp............
  • Seksi Kesenian Rp...........
  • Seksi Perlengkapan Rp.........
  • Seksi Keamanan Rp............
  • Biaya Tak Terduga Rp.......... 
  • Total Anggaran Pengeluaran Rp.........

J. Sumber Penerimaan Anggaran

Iuran anggota Jemaat ....... Rp...........
Total Anggaran Penerimaan Rp.........
Kekurangan Dana Rp.........
Untuk itu diharapkan akan tertutupi dari :

  • Persembahan Syukur dari Jemaat 
  • Mengadakan Bazar yang dibuat oleh Ibu-ibu Jemaat ............. 
  • Kantong Sahabat 
  • Proposal Ke Perusahaan-Perusahaan 

K. Penutup

Demikian proposal ini kami sampaikan, kiranya Bapak/Ibu/Saudara(i) dapat membantu dan mendukung Perayaan Natal bersama Keluarga Besar Jemaat .............. baik berupa Doa maupun materi. Semoga Kasih karunia Tuhan memberkati kita semua. Amin .

Atas Nama Panitia Natal
Gereja..............................................
Alamat ............................................

...................., ......, .............., 2018

Sekretaris,



...................


Uraian diatas merupakan Contoh proposal Natal yang bisa kalian tiru atau perhatikan dalam pembuatan proposal natal yang lebih baik lagi. Diharapkan dengan proposal yang menarik dapat membuat pekan natal sobat bersama keluarga, sahabat, dan lain-lain menjadi seru dan menyenangkan! Mengingat acara ini sangatlah penting dan hanya diadakan sekali dalam setahun, pastinya kita menginginkan hal yang istimewa dan beda dari tahun sebelumnya. Maka, kita akan berbuat sebisanya untuk memeriahkan acara tersebut.

Nah, Kalian sudah simak salah satu contoh dalam pembuatan Proposal natal yang kreatif dan juga lengkap. Maka, kalian sudah bisa langsung membuat rancangannya. Apakah article ini bermanfaat? Jangan lupa kirimkan kritik dan saran kalian buat talitashare.com. Bagaimana caranya? Gampang Banget, Kalian cukup tuliskan pada kolom komentar dibawah ini. Atau apabila kalian punya tips lainnya dalam penulisan proposal yang baik dan benar dapat juga kirimkan dengan cara yang sama.

Sekian ini penutup dari ku, Terima kasih sudah mampir di talitashare.com. Semoga article ini selalu dapat memberikan manfaat!

Warm Regards,
talitashare.com