Cara Belajar Menyanyi Otodidak Agar Suara Merdu dan Tidak Fals

Hallo kawan kawan semua. talitashare.com akan hadir dengan informasi terupdate lainnya.  Informasi apakah itu? Nah, kesempatan kali ini talitashare.com akan bahas salah satu hobi yang mungkin tidak sadar dimiliki kebanyakan orang. Dan pastinya sobat semua sudah pernah melakukannya. Apakah itu? Yapp, setiap orang pasti pernah menyanyi entah suara mereka bagus atau tidak, setiap orang pasti pernah melakukan hal ini. Maka, dari sini kita bisa tau bagaimana sih caranya melatih suara kita agar enak didengar.

Walaupun beberapa orang mengatakan bahwa seorang penyanyi yang memiliki suara bagus karena memang bakat dari lahir dan bahwa seseorang bernyanyi jelek itu sudah takdir, ternyata anggapan tersebut keliru guys. Seseorang yg awalnya bersuara pas pasan atau jelek bisa meningkat menjadi bagus dan enak didengar apabila ia berusaha. Usaha seperti apa? Tentunya dengan berlatih. Bahkan, seseorang yang awalnya bersuara bagus bisa tiba tiba menjadi biasa saja karena kurang berlatih. Percaya atau tidak para peneliti mendapati hal ini guys. Jadi buat kamu yang ingin memiliki suara bagus perlu terus melatih kemampuan kamu.

Nah, sesuai dengan uraian diatas bagaimana cara nya melatih suara kita agar ketika menyanyi terdengar merdu dan bagus atau bagaimana caranya mempertahankan suara yang ideal agar tetap enak didengar? Nah, kali ini kita akan bahas pokok itu dalam uraian dibawah ini. Dalam subjudul Cara belajar menyanyi otodidak agar suara merdu dan tidak fals,  yuk kita simak dalam uraian dibawah ini.

Cara Belajar Menyanyi Otodidak Agar Suara Merdu dan Tidak Fals


Pemanasan

Seperti halnya olahraga yang memerlukan pemanasan, maka bernyanyi pun membutuhkan pemanasan yang sesuai. Pemanasan seperti apa yang dimaksud? Yupp, pemanasan ini dilakukan dengan cara menggerakkan anggota badan mulai dari kepala hingga ujung kaki. Pemanasan ini selain berguna untuk menjaga kondisi tubuh juga mampu membuat tubuh lebih lentur. Pemanasan berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan  berolahraga ringan.

Mengapa metode pemnasan sangat penting? karena suara akan mengalami masalah apabila tubuh tidak sehat, jadi tips belajar vocal untuk agar suara terlatih adalah kita harus melakukannya secara teratur untuk hasil yang optimal. Disamping itu juga harus dibarengi dengan istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan sehat. Untuk hasil yang lebih cepat kurangi makanan dan minuman seperti es, gorengan, junk food, atau segala macam makanan berlemak. Dan juga kita perlu ingat belajar menyanyi agar suara tidak fals butuh kerja keras dan kesabaran.

Sering Menyanyi

Dengan sering menyanyikan lagu-lagu kesukaan mu, ini bisa memberikan dampak yang baik buat sobat. Apalagi kalau lagu tersebut dinyanyikan dengan hati yang gembira maka akan terlihat sekali hasilnya. Mengapa sering menyanyi juga penting? karena apabila Terbiasa menyanyi ini akan membuat range vokal sobat terbiasa dan fleksibel.

Hal lain lagi adalah Sering menyanyi membiasakan diri untuk menyesuaikan nada-nada dalam setiap lagu yang berbeda dengan benar. Maka, sobat perlu sediakan ruangan khusus untuk bernyanyi, berteriak-teriak untuk melatih suara dengan menyanyikan sebuah lagu misalnya bisa di kamar atau ruangan kerja dan sebagainya. Kemudian yang suka karaoke di tempat karaoke, berkaraokelah nyanyi bareng teman-teman dan kerabat.

Belajar Teknik Pernafasan

Teknik pernafasan adalah bagian terpenting dalam berlatih bernyanyi. Maka untuk bisa melatih pernafasan sobat bisa mulai dengan menghirup udara dalam-dalam, tahan hingga 3-10 detik kemudian hembuskan sedikit demi sedikit. Intinya ambil nafas sebanyak dan secepat mungkin lalu keluarkan perlahan-lahan dengan waktu se-lama mungkin. Teknik pernafasan sendiri dibagi menjadi 3 jenis yaitu: pernafasan dada, pernafasan perut, dan pernafasan diafragma.

Untuk belajar bernyanyi yang baik biasanya menggunakan teknik pernafasan perut dan pernafasan diafragma. Teknik pernafasan perut berguna untuk melatih organ pernafasan pada organ tubuh bagian belakang, sementara pernafasan diafragma sangat efektif untuk mengolah nada atau suara yang panjang dan melengking. Kedua teknik pernafasan ini harus dilatih terus-menerus sehingga baik nada-nada rendah maupun nada-nada tinggi bisa diolah dengan baik.

Latihan power (Kekuatan Suara)

Power atau kekuatan suara merupakan salah satu pion penting bagi seorang penyanyi. sobat harus bisa mengeluarkan suara secara lantang dan lepas, tidak boleh tertahan. Power saat bernyanyi seharusnya sama kuatnya saat sobat mengeluarkan suara saat berteriak. Ini harus Kencang, lepas, dan seolah tak ada halangan.

Bagaimana cara mengeluarkan power atau kekuatan suara kita? Salah satu cara untuk mengeluarkan power adalah dengan melatih pernafasan perut atau diafragma. Sobat bisa coba untuk berlatih pernafasan perut dengan bernafas melalui hidung dan seolah-olah udara yang masuk langsung turun ke perut. Apabila sobat pernah merasakan suara seolah-olah tercekik di tenggorokan dan seperti ingin batuk ketika bernyanyi, ini berarti sobat belum benar dalam mengaplikasikan pernafasan perut saat bernyanyi.

Pengucapan kata yang Baik dan Benar (Artikulasi)

Melatih pengucapan kata (artikulasi) yang baik dan benar juga penting untuk dipelajari bagi kalian yang sedang berlatih bernyanyi. Mulailah dengan latihan mengucapkan kata yang mudah dibaca dengan jelas lalu lanjutkan dengan kata-kata yang rumit. Ucapkan dengan kecepatan rendah, sedang, hingga kecepatan tinggi. Hal ini penting supaya tidak terjadi kesalahan artikulasi ketika menyanyikan lagu, baik lagu dengan tempo cepat atau lambat.

Uraian diatas sudah membahas hal hal yang perlu kita perhatikan dalam berlatih menyanyi yang baik dan benar agar suara kita terlatih menjadi merdu dan enak didengar, kalian bisa gunakan dan praktekkan langsung dan dapatkan manfaatnya. Apakah kalian merasa terbantu dengan article ini?  Jangan lupa kirimkan kritik dan saran kalian ya guys. Gimana caranya gampang banget, cukup tulis pada kolom komentar dibawah ini.  Atau jika kalian ada tips lainnya bisa bagikan juga dengan cara yang sama. Senang rasanya bisa berbagi. Terima kasih sudah mampir di talitashare.com! Semoga article ini bermanfaat!

Salam, talitashare.com!