Mengenal tanaman kelapa dari jenis, klasifikasi dan morfologi secara lengkap

MENGENAL TANAMAN KELAPA

Salah satu tanaman yang akan kita bahas pastinya sudah gak asing lagi bagi kita. Tanaman ini dapat dimanfaatkan buah dan daunnya sebagai sesuatu yang bermanfaat. Yappp,, itu adalah tanaman kelapa, Tanaman kelapa merupakan salah satu jenis tanaman perkebunan yang banyak diminati oleh kebanyakan orang mulai dari makanan dan minuman yang terbuat dari bahan buah kelapa atau membuat berbagai kreasi anyaman dari daun buah kelapa, tapi kita tidak akan membahas hal itu sebelumnya kita akan mengenal lebih dekat tanaman ini melalui jenis, klasifikasi dan morfologi nyaa. yukkk simak!



Dalam habitat tanaman kelapa, secara umum ada tiga jenis tanaman kelapa yakni jenis kelapa dalam, genjah, dan hibrida. Tiga varian tersebut memiliki ciri dan keunikan nya masing-masing.

melalui artikel ini kita akan tahu kllasifikasi dan morfologi tanaman kelap tetapi sebelumnya kita perlu mengenal tanaman kelapa dari jenis dan varietasnya. Tanaman kelapa secara umum masuk famili palma yang terbagi dalam tiga varietas. Pertama adalah varietas dalam yang meliputi kelapa hijau (viridis), kelapa merah (rubescens), kelapa kelabu (macrocorpu), dan kelapa manis (sakarina). Yang kedua yakni varietas genjah yang terdiri dari kelapa gading (eburnia), kelapa raja (regia), kelapa puyuh (pumila), dan kelapa raja Malabar (pretiosa). Ketiga yaitu varietas hibrida yang meliputi kelapa kopyor.

Kelapa varietas dalam adalah kelapa yang batang pohonnya besar dan tingginya mencapai 30 meter. Kelapa ini mulai berbuah pada usia tanam 6-8 tahun. Umur kelapa varietas dalam bisa lebih dari 100 tahun. Produksi kelapa jenis ini cukup tinggi karena mencapai nilai 1 ton kopra setiap tahun dalam lahan seluas 1 hektare. Tiap pohon dapat berbuah 90 butir dalam setahun dan daging buahnya tebal dan keras dengan kadar minyak yang tinggi. Kelapa ini juga tahan dari hama dan penyakit.

Sedangkan varietas genjah punya kelebihan dan kekurangannya. Misalnya kelapa ini peka pada lingkungan yang kurang baik atau mudah dipengaruhi perubahan iklim. Namun kelapa jenis ini punya buah yang lebat, batang pohonnya tak terlalu tinggi dan mulai berbuah pada usia 4-5 tahun setelah pembibitan. Kelemahan lainnya yaitu ukuran buah yang kecil dan produktifitas berbuah kurang maksimal.

Sementara kelapa varietas hibrida menjadi primadona masyarakat yang memiliki perkebunan kelapa. Hibrida cepat berbuah yaitu pada usia 3-4 tahun setelah ditanam dengan produksi kopra sekitar 6-7 ton tiap tahun dalam lahan seluas satu hektare pada usia 10 tahun. Produksi buah mencapai 140 buah per pohon setiap tahunnya. Dagingnya lebih tebal dan keras dengan kandungan minyak yang tinggi.

Setelah tahu jenis dan varietas tanaman kelapa sebagai berikut adalah uraian mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman kelapa.

KLASIFIKASI TANAMAN KELAPA

Klasifikasi tanaman kelapa adalah sebagai berikut :

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Sub Kelas : Arecidae
  • Ordo : Arecales
  • Famili : Arecaceae
  • Genus : Cocos
  • Spesies: Cooco nufera L.


MORFOLOGI TANAMAN KELAPA

Tanaman kelapa pada umumnya tidak memiliki cabang dan mempunyai daun yang licin. Berikut morfologi tanaman kelapa:

Batang

Batang kelapa tumbuh tegak keatas dan tidak bercabang. Kecualit tanaman ini tumbuh di sekitar persuangaian yang akan menyesuaikan arah sinar matahari.

Akar

Tanaman kelapa yang baru bertunas mempunyai akar tunggang. Namun, pertumuhan akat tersebut sangat cepat dan akan terlihat seperti berlapis. Akar tanaman memiliki struktur yang lembut di bagian dalam dan berair, serta berwarna kecoklatan.

Daun

Daun pada tanaman kelapa di mulai biji sudah berkecambah daan memiliki 4-6 helai daun mudah. Daun tersusun saling membalut satu sama lain dan berwarna hijau mudah. Bentuk daun hampir menyerupai kelapa sawit.

Bunga

Tanaman kelapa berbunga setelah berumur 3-4 tahun, dan tumbuh pada ketiak dauan bagian luar yang diselubungi oleh seludang yang disebut mancung ( saptha ). Bertujuan untuk melindungin calon bunga dan buah pada pohon kelapa.

Buah

Bunga betina yangs suda di buahi akan tumbuh dengan baik sekitar 3-4 minggu. Namun, perhatikan juga tidak semua buah bisa di petik karena pohon kelapa tidak semuanya bisa membesarkan buah dengan baik.Buah pada tanaman ini berwarna hijau atau kuning tergantung variatesnya dan jika berwaran kecoklatan bahwa menunjukan buah tersebut sudah tua.

Kita sudah mengenal yaa tanaman kelapa ini dari jenis, varietas kemudian kita juga mengulas mulai dari klasifikasi dan morfologi nya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah keingintahuan kita akan sumber daya alam yang kaya akan manfaat nyaa.

Bisa baca juga artikel terkait KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN KARET