Daftar makanan lezat dan unik yang wajib pada saat natal 2017 dan tahun baru 2018

Tidak terasa yaa sudah menjelang natal dan tahun baru. Pastinya kebanyakan dari kita akan sibuk dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari menyiapkan mental dan perlengkapan untuk pergi

liburan atau bahkan bagi yang merayakan natal lagi sibuk-sibuknya dekorasi rumah, pohon natal sampai membuat aneka macam makanan lezat. Berbicara masalah makanan ada beberapa jenis makanan yang tiap tahunnya selalu ada pada perayaan natal dan tahun baru atau mungkin sudah menjadi makanan wajib kaliii yeee..

Mulai dari berbagai jenis macam kue, makanan ringan sampai dengan makanan berat sekalipun. Memang kalok sudah kayak gini konon kita gak akan kelaparan pada saat perayaan natal dan tahun baru. Wehhh,, Bagi kalian yang mau tau daftar makanan wajib selama natal dan tahun baru, bisa lihat nihh daftar dan uraian dibawah inii...

DAFTAR MAKANAN WAJIB PADA SAAT PERAYAAN NATAL 2017 DAN TAHUN BARU 2018

Roasted Turkey


Siapa yang pernah dengar istilah makanan inii?? Nah makanan yang ini sih jangan ditanya lagi, enaknya minta ampun! Yup Roasted Turkey alias kalkun panggang udah jadi menu wajib dan gak boleh absen dari meja makan nih kalau Natal tiba. Khususnya di Eropa, makanan ini pasti akan tersaji di meja makan deh. Kalkun panggang ini disajikan dalam bentuk utuh biar bisa di makan bareng sama keluarga. Kalkun panggang dimasak dengan minyak zaitun dan dibumbui rempah-rempah. Uh menggoda banget ya! Jangan tanya gimana wanginya saat dipanggang. Sedaaap sekalideh!  Nah kalkun panggang ini bakal lebih enak lagi kalau disajikan sama kentang panggang atau mashed potato.

Ayam Rica-Rica


Makanan yang dominan lainnya pada saat natal adalah makanan dengan rasa pedas ini merupakan makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Dalam bahasa Manado, rica-rica sendiri artinya "pedas" atau "cabai".  Ayam rica-rica biasanya disajikan dengan nasi dan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan mentimun.

Kue Bagia/ Bagea


Kue berwarna coklat dan berbentuk bulat ini berasal dari NTT. Bagea terbuat dari sagu. Untuk membuat kue ini, cukup menggunakan gula halus, biji kenari cincang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang diayak, kacang cincang halus, bubuk kayu manis, dan bubuk cengkeh. Kue ini sangat pas dipadukan dengan teh/kopi saat kumpul dengan keluarga di hari Natal nanti.

Ikan Kuah Kuning (Ambon)



Makanan yang berbahan ikan tuna atau ikan mubara ini dalam pembuatannya akan dibumbui dengan kapur dan kunyit. Ikan kuah kuning, menjadi makanan wajib di Ambon saat pada perayaan Natal. Makanan ini biasanya dipadukan dengan Papeda, hidangan utama di Ambon selain nasi.

Kue Lampet/Lapet


Lampet atau sering ditulis Lapet adalah jajanan tradisional Batak dari Tapanuli, Sumatera Utara. Lampet biasanya berbentuk seperti piramida dan dibungkus dengan daun pisang. Dalam membuat lampet tidak begitu rumit, mulai dari mencampur tepung beras dan kelapa parut, lalu ditambah oleh parutan gula dan air. Setelah adonan penuh kemudian dibungkus dengan daun pisang dan kukus sampai matang.

Makanan manis pelengkap yang biasanya selalu ada pada saat natal adalah sebagai berikut :

Cookies Gingerbread Man

 

Salah satu camilan yang gak boleh absen saat perayaan natal adalah gingerbread man atau bahasa indonesianya adalah kue jahe. Gak lupa juga tentunya hiasan warna merah dan hijau yang melambangkan natal di setiap gingerbread man cookies ini. Lucu kan?

Mince Pie

Sangking identiknya dengan hari natal, mince pie sering dikenal dengan sebutan “pie natal.” Mince pie terbuat dari daging cincang atau berbagai jenis buah-buahan. Walaupun seiring berjalannya waktu pie ini selalu berganti bahan dan bentuk, tapi sampai saat ini masih menjadi camilan khas saat natal. Setuju kah?

Cranberry Sauce

Hidangan kalkun yang biasanya gak pernah absen untuk Thanks giving, pasti selalu ditemani juga dengan cranberry sauce. Sama hal nya saat hari natal. Cranberry sauce selalu hadir disetiap meja makan malam di hari perayaan natal. Ya, kan?

Candy Cane

Ini dia favoritnya anak-anak di hari natal selain Gingerbread cookies yaitu, Candy cane! Permen tongkat yang juga selalu menjadi hiasan pada pohon natal tentu saja gak pernah absen di tanggal 24-25 Desember setiap tahunnya. Hayo, kamu pasti juga masih suka kan ngemilin permen ini?

Eggnog



Bukan makanan atau camilan, tapi yang satu ini adalah minuman bernama eggnog. Eggnog terbuat dari rum, susu, dan telur. Mungkin kalau di warkop mirip dengan STMJ atau susu telur madu jahe kali ya rasanya? Hahaha. Tapi, minuman ini emang sangat populer menjadi salah satu minuman yang pasti ada saat perayaan natal.

Bisa pilih mana makanan yang akan jadi favorit kamu pada saat natal dan tahun baru nanti.. Apabila kamu memiliki daftar makanan wajib laiinya pada saat natal maupun tahun baru bisa share juga dong di kolom komentar. Semoga artikel Ini bermanfaat!