Cara yang ampuh menghibur orang lain yang sedang bersedih

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya kesedihan entah apapun penyebabnya itu, ada banyak faktor yang dapat membuat seseorang dapat bersedih. Gak hanya masalah besar, masalah sekecil apapun pun bisa membuat seseorang meneteskan air mata tergantung kadar sensitif seseorang tersebut.


Jika kita tahu bagaimana rasanya ketika mengalami kesedihan, kita pastinya gak akan mau melihat orang lain bersedih apalagi orang yang kita sayangi dan dekat dengan kita. Sebagaimana kita ingin diperlakukan ketika kita sedih, perlakukan hal itu juga kepada orang lain yang sedang mengalami hal yang sama. Kita perlu ingat bahwa Setiap manusia gak akan pernah lepas dari yang namanya dukacita, masalah, kehilangan, kesepian dan lain-lain. Kita gak hidup sendiri di dunia kok ada banyak manusia laiinya yang seharusnya saling menguatkan. Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah "Bagaimana kita bisa menghibur seseorang yang sedang bersedih?" Ada banyak cara tapi kita harus selektif saat memilih satu atau lain cara. pikirkan terlebih dahulu hasil dari cara itu, berhasil menghibur atau malah tambah membuat ia sedih???"

Untuk itu talita akan share beberapa cara yang umum dilakukan orang-orang ketika menghibur orang lain yang sedang bersedih. Menurut beberapa sumber perhatikan cara kalian menghibur sesuaikan dengan apa yang mereka butuhkan atau apa yang membuat dia bersedih. Langsung saja lihat 1,2,3 dan seterusnya caranyaa.....

DENGARKAN BAIK-BAIK KETIKA DIA BERBICARA

Mendengarkan orang lain berbicara apalagi hal yang pribadi seperti curahan hatinya adalah salah satu cara untuk kita dapat memahami orang lain. Saat orang lain berbicara kepada kita, kita dapat menganalisis bagaimana cara berpikir mereka, bagaimana cara mereka memutuskan sesuatu, dan bagaimana kepribadian orang tersebut, apa yang mungkin dia butuhkan dan bagaiman supaya kita bisa membantu nya. Dengan memiliki informasi tersebut, kita dapat berpikir bagaimana Anda bertindak dan memposisikan diri. Mungkin kebanyakan dari kita sudah sering sekali yaa mendengar pribahasa yang mengatakan bahwa "mendengar lebih baik daripada berbicara". Terkadang seseorang akan merasa dihargai kalau ia di dengar dan Ada juga seseorang yang hanya membutuhkan teman curhat saja. Maka, jadi lah pendengar yang baik.

TUNJUKKAN RESPEK KEPADA NYA

Seseorang pasti akan sangat senang kalau ia di respek namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu meskipun tujuan teman kita menceritakan kesedihannya bukan untuk membuat kita sedih, akan tetapi jika kita menanggapinya dengan wajah ceria apalagi dengan canda tawa maka akan membuat dia menjadi semakin sedih. Karena dia akan merasa bahwa dia harus sendirian menanggung beban ini dan tak ada seorang pun yang peduli. Untuk itu tunjukkan bahwa kita bisa ikut merasakan kesedihannya, meski hanya dengan menunjukkan wajah yang tenang namun cukup menggambarkan bahwa kita juga merasakan kesedihannya. Jangan juga kita jadi over ekspresif dengan berkata seperti ” oh my god!!!” dengan disertai teriakan yang histeris sambil menangis tersedu-sedu. Ini justru akan terlihat lebih kepada ejekan daripada solidaritas. intinya yang wajar-wajar saja.

BERIKAN TANGGAPAN SEPERLUNYA SAJA DAN TEPAT

meskipun dalam banyak hal dia hanya ingin bercerita saja, namun adakalanya dia menginginkan tanggapan kita. akan tetapi sayang, seringkali banyak tanggapan yang justru membuat dia makin sedih. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai memberikan tanggapan. Biasanya untuk menenangkan dia, kita sering mengatakan ” ah gak usah dipikirin, cuman masalah segitu saja”. emang sih tujuan kita agar dia memandang bahwa masalah itu mudah diselesaikan karena bukan masalah besar. akan tetapi jika kita melakukannya saya katakan itu KESALAHAN BESAR. kenapa? karena dengan demikian kita tak mempedulikannya, menganggap segala yang berkaitan dengannya kecil dan tidak penting. Jika kita melakukan hal ini yakinlah bahwa kata-kata kita selanjutnya tidak akan dia dengar. orang yang sedang sedih memang tidak menuntut agar masalah itu dibesar-besarkan, namun bukan berarti harus dianggap enteng. jadi secara wajar saja. Hal lain lagi adalah jangan menanggapi dengan menceritakan hal yang lebih sedih. kebanyakan kita akan melakukan hal ini, karena berharap bila kita menceritakan hal yang lebih sedih maka dia akan terhibur karena ada yang lebih menyedihkan. Dan ini pun juga sebuah kesalahan. sekali lagi orang yang sedih hanya ingin didengar dan dia menganggap bahwa masalah ini adalah masalah terbesarnya saat ini. bukanlah hal bijak menceritakan hal yang lebih sedih, apalagi malah menceritakan diri kita. Kemudian, jangan menyalahkannya atau bertanya tentang kejadiannya. yakinlah, dalam hatinya dia sudah merasa bersalah, jadi jangan ditambah rasa bersalahnya. meski dia juga belum tentu menginginkan bahwa apa yang dia lakukan dianggap benar. Yang terpenting adalah berikan tanggapan dan masukan yang positif. Biarkan dia menentukan sendiri langkah yang akan diambil. dan juga jangan lupa untuk menanyakan keadaannya pada lain waktu. Hal ini berguna untuk mengetahui perkembangan dirinya, sehingga dia merasa bahwa dia benar-benar diperhatikan sehingga kalaupun rasa kesedihan itu belum hilang sepenuhnya, setidaknya dia tahu bahwa akan ada seseorang yang siap membantu.

Setelah hal-hal diatas sudah kalian lakukan, bisa juga gunakan cara tambahan dibawah ini, terkadang seseorang akan sangat membutuhkan hal ini...

Mengusap atau Menepuk Lembut
Kita sudah tahu dan bisa merasakan, betapa ajaibnya sebuah sentuhan. Jika dalam keadaan bersedu-sedan, lalu seseorang membelai lembut, rasanya seperti ada aliran kekuatan lain. Contohnya seperti usapan gentle di punggung, tepukan lembut di area pundak/ punggung, remasan pada tangan, dsb. Biasanya orang yang bersedih akan lebih tenang, terhibur dan nyaman.

Memeluknya

Cara ini juga sering dipakai orang. Ketika orang tengah dalam duka-cita dan melampiaskan kesedihannya, rasanya buih-buih kata belum siap dicerna. Karena itu, pelukan hangat bisa jadi opsi yang tepat. Pelukan bisa membuat seseorang merasa lebih tegar, aman, nyaman, terlindungi, penuh dukungan, dan tergerak untuk lebih kuat.
Siapa Tahu Pengin Baca Juga:

Sodorkan Makanan

Trik ini bisa dipertimbangkan kalau orangnya memang tidak anti-makanan, tidak sedang dalam program diet, atau apalah. Kita bisa hadir dan menyerahkan makanan atau minuman, khususnya yang dia sukai. Hatinya akan tersentuh, dan dia kemungkinan tergerak untuk tersenyum. Misalnya sekadar cokelat, kue, bolu, dsb. Trik ini sering manjur juga jika diterapkan pada anak.

Minuman Hangat

Selain makanan, kita pun bisa menyerahkan minuman hangat. Kita perkirakan sendiri, orang tersebut lebih menyukai apa. Entah secangkir teh, kopi, cokelat, susu, jahe, dsb. Bisa kita imajinasikan bagaimana hangat dan nyamannya, walau diam tanpa kata, tapi terhibur oleh air yang mengalir hangat di tenggorokan.

Beberapa hal diatas adalah cara-cara sederhana bagaimana menjadi seorang teman yang baik itu dalam menghibur dan menjadi pendengar yang baik. Jangan lupa untuk selalu pikirkan situasi dan kondisi nya... Semoga artikel ini bermanfaat!