Cara tepat membersihkan Akuarium ikan yang mudah dan praktis

Bagi kalian yang memiliki hobi membersihkan ikan pasti ada kesenangan tersendiri yaa ketika ikan kita itu bisa bertumbuh dengan baik. Tapi untuk sukses dalam menelihara ikan, selain makanan yang perlu kita perhatikan, hal yang gak kalah penting lainnya adalah kebersihan rumah nya alias aquarium. Bagi kalian yang masih pemula mungkin bingung yaa mau gimana cara bersihin nya biar gak mengganggu hidup siikan.. Nahh uraian dibawah ini adalah dasar-dasar cara membersihkan aquarium ikan.. Cappcusss dehh liat..


Cara Membersihkan aquarium ikan agar tetap bersih dan nyaman.

Matikan/Cabut Aliran Listrik

Hal yang yang pertama dan harus dilakukan sebelum proses membersihkan akuarium adalah mematikan dulu aliran listrik ke akuarium. Kenapa hal ini penting? Karena Hal ini untuk kenyamanan anda juga Agar aman dan tidak kesetrum ketika Anda melakukan proses pembersihan. Sama halnya ketika Anda melakukan proses pembersihan pada dispenser yang harus mencopot dulu aliran listriknya.

Pindahkan Ikan Dalam Bak atau tempat Sementara

Anda bisa memindahkan ikan – ikan terlebih dahulu pada bak atau baskom. Pastikan bak dalam keadaan bersih, dan taruhlah di tempat yang aman dari jangkauan anak – anak atau hewan peliharaan Anda, letakkan dengan hati-hati. Perhatikan sekeliling Dikhawatirkan, ketika Anda sedang asyik membersihkan akuarium, anak – anak tidak sengaja menyenggol bak airnya. So, hati – hati ya.

Pindahkan Semua barang Dekorasi dalam Akuarium

Pindahkan semua isi akuarium yang merupakan hiasan meliputi krikil, batu – batuan, pasir hias, tanaman air, tanaman artificial, dan lainnya. Setelah itu baru kosongkan air pada akuarium. Anda bisa mengosongkan dengan alat penyedot air akuarium, dengan alat ini Anda bisa menghemat tenaga untuk menguras air akuarium. Jangan menggunakan gayung untuk menguras airnya ya, sebab akan membuat ikan menjadi stress.

Bersihkan Bagian Dalam Aquarium

Apabila semua dekorasi dan isi akuarium dikeluarkan, Anda bisa membersihkan bagian kaca dalamnya menggunakan spons atau kain yang menyerap air. Sangat direkomendasikan menggunakan pembersih amoniak untuk hasil maksimal. Untuk kotoran atau lumut yang membandel dan berkerak, Anda bisa menggunakan pisau atau silet untuk membersihkannya. Berhatilah – hatilah agar pisau tidak merusak kaca akuarium dan tidak mengenai tangan Anda. Apabila kaca akuarium terbuat dari akrilik lebih baik untuk tidak menggunakan alat tajam, sebab bekasnya akan sulit dihilangkan.

Bersihkan Dekorasi dan Dasar Akuarium

Setelah bagain dalam akuarium bersih, sekarang waktunya untuk mencuci hiasan yang terdapat pada akuarium. Yuk, buat sendiri hiasan dinding untuk rumah idaman. Sebaiknya Anda tidak membersihkan menggunakan sabun pencuci atau pun detergen. Jika memang ada, pakailah cairan pembersih yang biasa dijual di toko akuarium. Sebab apabila menggunakan detergen, dikhawatirkan sisanya akan berbahaya bagi ikan – ikan yang menghuni akuarium. Membersihkan akuarium tentu berbeda dengan membersihkan kolam renang yang harus menggunakan detergen atau cairan pembersih lainnya.

Untuk kotoran jamur yang membandel, sebaiknya Anda merendam dekorasi akuarium baik  tanaman artificial dan hiasan lain menggunakan dua tetes cairan pemutih. Tunggu hingga 15 menit, lalu baru dicuci atau digosok menggunakan spons atau kain bersih seperti Anda menggosok permukaan setrika yang berkerak. Bilas menggunakan air bersih hingga maksimal. Dan apabila perlu keringkan di bawah sinar matahari langsung, agar kuman dan bakteri yang menempel bisa langsung mati.

Untuk dasar akuarium yang berupa bebatuan atau kerikil, Anda bisa menggunakan penyedot air akuarium dengan lebih merapat agar kotoran mudah terserap dengan maksimal. Namun bila pasir adalah bagian dasarnya, jangan terlalu dekat menyedotnya. Beri jarak kurang lebih 2.5 cm, agar pasir tidak ikut tersedot. Bersihkan dengan telaten seperti Anda menjaga kebersihan halaman rumah.

Bersihkan Bagian Luar Aquarium

Bila bagian dalam dan isi dekorasi akuarium sudah bersih, kini saatnya membersihkan kaca bagian luar. Membersihkan kaca bagian luar tak jauh beda dengan cara membersihkan cermin . Untuk membersihkan ini, gunakan pembersih khusus kaca yang mengandung amonia. Anda juga bisa menggunakan cuka untuk hasil yang lebih aman seperti ketika cara membersihkan kulkas. Jangan sampai menggunakan detergen sebab terlalu banyak bahan kimia yang akan mengganggu kehidupan ikan hiasnya. Setelah itu, bilas hingga bersih.

Hal hal diatas adalah hal mendasar cara membersihkan aquarium. Dengan demikian ikan-ikan anda akan terawat dan tumbuh dengan baik..