Tips dan daftar makanan penurun berat badan yang ampuh dan sehat

Setiap orang pasti sangat ingin memiliki postur tubuh yang ideal, khususnya para wanita yaa??? mereka akan menggunakan berbagai cara agar dapat memiliki postur tubuh yang ideal atau sesuai dengan keinginana mereka. Tak jarang beberapa orang yang ingin memiliki postur tubuh ideal akan mengurangi porsi makan mereka secara ekstrem dan hanya mengonsumsi seala kadarnya. Namun, tindakan demikian bisa beresiko yaitu rentan terhadap serangan penyakit. Maka apa yang perlu kita lakukan jika ingin diet secara sehat??? Lakukan lah pola hidup sehat dengan tidak mengurangi porsi makan melainkan rutin olahraga dan makan makanan yang sehat. Sebagai berkut adalah makanan sehat yang dapat menjaga berat badan anda tetap ideal dan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Yuk simak!


Makanan sehat untuk menjaga berat badan tetap ideal

Roti gandum

Roti gandum sering dipakai dalam program menurunkan berat badan. Roti gandum biasanya disajikan untuk sarapan pagi sebagai pengganti nasi. Manfaat mengkonsumsi roti gandum diantaranya adalah memberikan karbohidrat dan kalori yang tidak berlebihan dan jauh lebih baik daripada nasi saat menjalankan program diet. Roti gandum juga sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang menderita diabetes daripada mengkonsumsi nasi karena tidak akan memicu gula darah Anda naik. Oleh karena itu, roti gandum layak untuk dijadikan menu makanan kita di pagi hari dan menjadi salah satu makanan penurun berat badan yang ampuh.

Sayuran
Sayuran menjadi obat penurun berat badan alami yang sangat ampuh dan menyehatkan. Mengkonsumsi sayuran tetap dapat mendapatkan asupan karbohidrat dan kalori dalam jumlah optimal dan tidak seperti nasi yang memberikan asupan karbohidrat dan kalori berlebih.

Selain nasi, makanan yang perlu dihindari saat menjalankan program diet adalah bihun. Bihun memiliki kandungan kalori yang tinggi. Jadi hindari konsumsi bihun, karena kandungan karbhidrat dan kalorinya sangat tinggi.

Beberapa sayuran yang dapat dikonsumsi sebagai pelangsing badan adalah sebagai berikut :

Brokoli

Brokoli merupakan sayur yang kaya akan serat namun rendah kalori. Ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda dan dapat membakar lemak secara cepat jika Anda mengganti beberapa menu makanan yang tidak sehat sebelumnya dengan olahan dari brokoli. Jadikan brokoli dalam menu diet sehat Anda ya …

Buncis
Sayuran penurun berat badan tercepat lainnya adalah buncis. Kandungan postassium, magnesium dan zat fitonutrien sangat ampuh untuk membakar lemak dalam tubuh. Selain itu sayuran yang satu ini kaya serat sehingga dapat membuat perut Anda dalam keadaan kenyang dalam jangka waktu yang relatif lama.

Bayam

Bayam mengandung betakaroten yang dapat mempercepat berbagai proses metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh akan menjadi lebih segar serta lemak dapat cepat terbakar. Jadikanlah menu bayam dalam hari – hari Anda karena bayam adalah sayuran penurun bobot tubuh yang cepat dan ampuh.

Wortel
Wotel kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk mata dan kesehatan kulit. Selain itu, wortel juga sangat baik di dalam mengoptimalkan sistem metabolisme dalam tubuh. Sehingga mengganti beberapa menu makanan atau cemilan berminyak dengan menu dari bahan wortel dapat efektif membakar lemak dalam tubuh secara cepat.

Jintan hitam
Jintan hitam mengandung berbagai zat seperti karbohidrat, protein, lemak, saponon, nigelin dan lain – lain. Jintan hitam dapat sebagai obat penurun berat badan cepat dan alami. Selain itu jintan hitam berkhasiat dalam meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan. Kandungan serat yang tinggi pada jintan hitam dapat membantu melancarkan pencernaan serta membakar lemak dalam tubuh.

Kol
Kol dapat dipakai sebagai menu penurun berat badan dalam diet Anda. Jadikan kol menjadi salah satu menu harian Anda terutama saat siang hari. Kol mengandung Vitamin C, dan rendah kalori sehingga cocok untuk membakar lemak dalam tubuh Anda.


Buah 

Beberapa buah berkhasiat sebagai penurun bobot tubuh Anda. Berikut beberapa buah yang berguna dalam menurunkan berat badan dan membakar lemak dalam tubuh.

Buah apel
Mengkonsumsi apel sangat dianjurkan. Apel menjadi salah satu buah penurun berat badan tercepat. Anda dapat menjadikan buah apel sebagai cemilan untuk diet Anda. Apel mengandung serat yang tinggi namun tetap rendah kalori sehingga sangat efektif untuk membakar lemak pada tubuh. Selain itu, apel juga bermanfaat sebagai antioksidan dan dapat melawan sel – sel kanker sehingga kita akan mendapatkan manfaat ganda yakni berat badan turun dan badan menjadi lebih sehat.

Jeruk lemon
Anda pasti pernah dengan tentang manfaat jeruk lemon untuk membakar lemak di perut. Yup, jeruk lemon atau jeruk nipis ini sangat ampuh dalam membakar lemak di perut. Jeruk lemon menjadi salah satu obat penurun berat badan paling ampuh dan alami bagi tubuh. Anda dapat mengkonsumsinya  dengan menggunakan air hangat ditambah madu.

Buah alpukat

Buah alpukat menjadi buah penurun bobot tubuh yang ampuh dan cepat selanjutnya.  Alpukat merupakan buah penurun berat badan alami yang memiliki rasa enak. Buah alpukat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga sangat efektif dalam membakar lemak tubuh.

Setelah mengonsumsi makanan sehat berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan secara sehat :

Olahraga
Olahraga seolah menjadi aktivitas mutlak yang harus Anda lakukan untuk menurunkan berat badan Anda. Pola hidup yang lebih sehat dengan berolahraga akan membuat timbunan lemak akan berkurang sehingga berat badan pun berkurang.

Diet Sehat
Cara selanjutnya adalah dengan melakukan metode-metode diet yang sudah ada. Lakukan pola diet yang menyarankan Anda untuk mengonsumsi buah-buahan dan juga segala makanan yang rendah lemak.

Istirahat yang Cukup
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya Anda jug mengatur waktu istirahat Anda supaya cukup. Secara umum orang dewasa harus tidur selama 8 jam dalam sehari. Dan kurang tidur justru akan memicu terjadinya obesitas.

Jangan Sampai Stres
Jika Anda stres, biasanya pelarian yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan secara tak terkendali. Nah, hal itulah yang akan berimbas kepada naiknya berat badan yang bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Mengonsumsi Jenis Rempah
Salah satu dari 10 tips menurunkan berat badan secara permanen yang ini cukup unik, yaitu dengan mengonsumsi rempah. Rempah seperti jahe, ginseng, kayu manis, kunyit, jintan, dan sebagainya dinilai bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh.

Pijatan
Bukan hanya saat Anda merasa lelah saja Anda harus dipijat, akan tetapi Anda juga bisa memijat bagian-bagian yang mengandung lemak dengan tujuan melepaskan lemak yang tertimbun di bawah kulit.

Kurangi Porsi Makan dan Makan Lebih Sering
Bagi Anda yang ingin kurus, Anda juga disarankan utnuk lebih sering makan. Akan tetapi, jumlah atau porsi makanan yang Anda konsumsi juga harus lebih sedikit. Hal ini untuk mengontrol jumlah lemak dan kalori pada tubuh.

Hindari Konsumsi Minuman Bersoda
Bagi Anda yang suka minum softdrink atau minuman bersoda, salah satu diantara 10 tips menurunkan berat badan secara permanen adalah dengan berusaha menahan hasrat untuk mengonsumsi minuman bersoda. Meskipun rasanya lezat, namun konsumsi minuman soda bisa menggagalkan program penurunan berat badan Anda.

Hindari Konsumsi Gorengan
Meskipun rasanya sangat nikmat dan cocok untuk menemani berbagai aktivitas sehari-hari, namun ternyata gorengan juga menjadi salah satu penyebab masalah kegemukan ini. Maka dari itu kurangi konsumsi makanan yang digoreng dan lebih seringlah mengonsumsi jenis makanan yang dikukus atau direbus seperti sayur-sayuran misalnya.

Banyak Minum Air Putih
Seperti yang sebelumnya sudah kami sampaikan, kurangnya megonsumsi air putih adalah salah satu penyebab kegemukan atau penimbunan berat badan. Maka dari itu untuk mengembalikan berat tubuh Anda menjadi lebih ideal adalah dengan banyak mengonsumsi air putih. Minimal konsumsilah 8 gelas air putih setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan membuat sistem metabolisme tetap lancar.


Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai makanan penurun berat badan dan tips menurunkan berat badan secara permanen dan alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Selain itu yang Anda butuhkan adalah keinginan dan konsistensi untuk benar-benar mengurangi berat badan Anda. Beberapa tips menurunkan berat badan secara alami yang tadi kami jelaskan adalah cara yang sangat mudah dilakukan. So, demikian artikel kali ini, selamat mencoba beberapa tips yang tadi kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil menurunkan berat badan.