Kumpulan kata kata ucapan hari sumpah pemuda terbaru tahun 2017

Ngaku anak Indonesia?? pasti tau dong apa itu hari sumpah pemuda.. Tanggal berapa sih hari sumpah pemuda itu??? yappp.. hari sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 oktober dan merupakan peristiwa yang sangat penting bagi berdirinya bangsa indonesia.

Sumpah Pemuda sendiri adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari yaitu pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Adapun teks dari sumpah pemuda yang telah disempurnakan adalah sebagai berikut :

kami putra dan putri indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
kami putra dan putri indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

kami putra dan putri indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sumpah pemuda memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa indonesia, karena pada saat sumpah pemuda dibentuk pada tanggal 28 oktober 1928 merupakan awal lahirnya bangsa indonesia. sumpah pemuda dibentuk karena adanya tekad persatuan dan kesatuan.
Makna sunpah pemuda antara lain mendorong persatuan dan kesatuan pemuda indonesia, masa depan indonesia berada ditangan para pemuda indonesia, menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah mufakat, pelopor kemerdekan bangsa indonesia.

Nah, untuk itu mengingat pentingnya hari sumpah pemuda sebagai berikut adalah kata-kata ucapan yang bisa di share ke kerabat, teman ataupun keluarga kita yang menunjukkan bahwa kita sebagai anak indonesia sangat menghargai dan menjunjung tingi tanah air, bangsa dan bahasa indonesia. yuk simak!


Kumpulan kata-kata ucapan Hari Sumpah Pemuda 


"Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya." – (Bung Karno)

"Aku sangat mencintai keluargaku, Aku juga sangat mencintai rakyatku, Tapi seandainya aku harus memilih salah asatu diantara kedua itu, maka aku akan memilih rakyatku. – (Bung Karno)
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya." 

"Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka." – (Bung Karno)

"Tuhan hanya akan merubah nasib sebuah bangsa jika bangsa itu hendak merubah nasib bangsanya sendiri. Bersatulah para pemuda dan pemudi indonesia dan rubahlah nasib bangsa kita supaya lebih baik dari sebelumnya."

"Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri." – Bung Karno

"Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia". – (Bung Karno)

"Kalau kata-kata tidak dapat menyehatken jiwa yang keblinger, apa boleh buat; turunlah senjata berbicara dengan bahasa yang lebih kuat." – (Bung Karno)

"Hidup yang menyenangkan adalah pemikiran yang disusun dikala muda dan direalisasikan ketika dewasa." - Alfred De Vigny

“Belajarlah tentang arti sebuah persatuan dan kesatuan dari sebatang lidi yang sangat rapuh namun akan sangat kuat dan tidak mudah untuk di patahkan ketika lidi tersebut menjadi sebuah sapu yang terikat kuat dan mampu membersihkan sampah bangsa (koruptor).

“Mempersatukan gugusan pulau yang terpecah dan menjadikannya satu kebangsaan dan satu tanah air yaitu tanah air indonesia bukanlah hal yang mudah, hargai dan hormatilah jasa para pahlawan indonesia dan tumbuhkanlah rasa persaudaraan sesama bangsa karena kita semua adalah saudara.”

“Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan indonesia yang sejati.”

Laksheid adalah julukan bagi para pemuda indonesia yang mengandung arti pemalas, buktikan pada dunia bahwa kita selaku pemuda dan pemudi indonesia yang mampu untuk mengubah dunia dan menjunjung tinggi harkat dan martabat negara kita.”

“Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” - (Soekarno)

“Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. - (Bung Karno)

“Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan” - (Bung Karno)

“Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali “. - (Pidato HUT Proklamasi, 1949 Soekarno)

“Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.” - (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno)

“Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang.” - (Pidato HUT Proklamasi 1966, Soekarno)

“Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong” - (Pidato HUT Proklamasi, 1966 Bung Karno)

“Aku Lebih suka lukisan Samodra yang bergelombangnya memukul, mengebu-gebu, dari pada lukisan sawah yang adem ayem tentrem, “Kadyo siniram wayu sewindu lawase” - (Pidato HUT Proklamasi 1964 Bung Karno)

“Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.” - ( Sarinah, hlm 17/18 Bung Karno)

" Aku sangat mencintai keluargaku, Aku juga sangat mencintai rakyatku, Tapi seandainya aku harus memilih salah asatu diantara kedua itu, maka aku akan memilih rakyatku " (Bung Karno)

"Kalau kata-kata tidak dapat menyehatken jiwa yang keblinger, apa boleh buat; turunlah senjata berbicara dengan bahasa yang lebih kuat."  - (Bung Karno)

"Aku Lebih suka lukisan Samodra yang bergelombangnya memukul, mengebu-gebu, dari pada lukisan sawah yang adem ayem tentrem, Kadyo siniram wayu sewindu lawase." – (Bung Karno)

"Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun." – (Bung Karno)

"Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota bada yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan indosia yang sejati."

"Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat." (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno)

"Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali." ( Sarinah, hlm 17/18 Bung Karno)

"Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain." - (Pidato HUT Proklamasi, 1966 Bung Karno)

"Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali." – (Bung Karno)

"Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa." - (Soekarno)

Uraian diatas adalah beberapa kata kata untuk mengingat pentingnya hari sumpah pemuda, mari saling menigkatkatkan rasa nasionalisme di diri kita masing-masing dengan ikut berpartisipasi dalam memperingati hari sumpah pemuda. Semoga artikel ini bermanfaat!