Contoh naskah pidato memperingati hari sumpah pemuda tahun 2017 terbaik

Setiap tanggal 28 oktober akan diperingati sebagai hari sumpah pemuda indonesia. Kita tentunya sebagai putra dan putri bangsa indonesia sangat antusias untuk memperingati nya. Seringkali seseorang yang memiliki peran tersendiri akan menyampaikan pidato memperingati sunpah pemuda tersebut. Panjang pendeknya suatu pidato tidaklah menjadi suatu keharusan pidato yang baik tentunya akan menyentuh dan membangkitkan rasa nasionalisme kita sehingga menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu sebagai berikut adalah contoh beberapa naskah pidato singkat terbaik yang dapat anda jadikan referensi naskah pidato untuk menyambut hari sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober tahun 2017. Selamat menyimak...

Contoh naskah pidato menyambut hari sumpah pemuda tahun 2017

Naskah 1

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati, Bapak wali kelas yang saya hormati, juga dewan guru yang saya hormati, tak lupa juga kepada rekan-rekan kelas 3 yang saya cintai.

Pertama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan nikmatnya berupa kesehatan sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul disini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda.

Naskah Pidato Singkat tentang Sumpah Pemuda
Naskah Pidato Singkat Tentang Hari Sumpah Pemuda

Rekan-rekan dan hadirin yang saya cintai.
Jika kita melihat kenyataan sekarang, orang-orang yang dimanjakan oleh zaman. Kemajuan tekhnologi yang semakin tinggi ini semakin “meninabobokan” kita sehingga tertidur lelap. Telivisi sudah memakai remote, handphone sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Kendaraan yang sudah semakin lengkap dan banyak. Semuanya serba bisa kita temukan di zaman sekarang.

Namun dibalik semua itu muncul suatu kebiasaan baru yaitu kebiasaan bermalas-malasan. Semua kemudahan membuat kita malas untuk melakukan hal-hal yang dianggap sulit.

Jika hal ini kita biarkan tentunya dapaknya akan sangat buruk bagi mereka dan masa depan mereka. Kita bagi kaum muda juga harus mewaspadai penyakit malas ini. Penyakit malas ini sangat berbahaya bagi masa depan kita. Lambat laun kemalasan akan membuat kita tidak bisa berbuat apa-apa ketika kita dihadapkan dengan kerasnya kehidupan.

Rekan-rekan saya yang saya banggakan, maka dari itu mulai saat ini marilah kita singsingkan lengan baju dan bangkitkan semangat kita. Jangan biarkan rasa malas membelenggu kita. Jangan biarkan rasa malas mengungkung kita sehingga kita menjadi generasi pengecut, menjadi generasi yang lemah dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Kita harus bisa menjadi generasi yang bisa diandalkan dan dibanggakan. Kita harus mampu menjadi agen pembaharu lingkungan kita. Masa muda adalah masa yang penuh semangat, masa muda adalah masa yang penuh gairah. Mari kita bertindak ke arah yang positif. Kita buat diri kita menjadi contoh kebaikan yang mampu menularkan semangat kepada rekan-rekan kita yang lain.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga lain kali kita bisa berjumpa lagi. Mohon maaf jika ada salah kata atau kata-kata yang kurang berkenan.
Saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Naskah 2

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Saudara-saudara sebangsa dan setanah Air, yang berbahagia.

Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt, karena pada pagi hari ini kita bisa berkumpul di tempat ini guna memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Pagi ini tepatnya tanggai 28 Oktober tahun …. segenap lapisan bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pala tanggal  terbut mempunyai arti terpenting dalam sejarah bangsa, karena generasi muda mengadakan konggres II di Jakarta mengikrarkan Sumpah Sakti yang mengikat persatuan dan kesatuan bangsa. Adapaun isi sumpah pemuda adalah sebagai berikut

Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia.
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia.
Itulah ikrar Sumpah Pemuda yang telah dikenal oleh semua Lipisan bangsa Indonesia. Dengan memperingati hari Sumpah Pemuda yang terpenting bagi kita semua adalah hendaknya kita menjadi pemuda yang aktif dalam ikut berpartisipasi dalam pembangunan pada masa sekarang ini.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Demikian pidato saya dalam peringatan hari Sumpah Pemuda, mudah-mudahan generasi semakin semangat dalam melaksanakan berbagai aktifitas yang positif. Kurang lebihnya kami mohon maaf, Ihdinash shiraathal mustaqiim.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Naskah 3

Asslamualaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat Bapak Luki Nugroho, M. Pd selaku kepala SMA 2 Tanjung Biru
Yang terhormat Ibu Susilawati, M. Pd selaku wakil kepala SMA 2 Tanjung Biru
Yang terhormat bapak, ibu guru beserta seluruh staff
Dan Teman – teman yang saya cintai

Sebelumnya marilah kita mengucapkan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT karena atas berkah rahmat, dan inayahnya lah kita semua masih bisa berkumpul bersama – sama dengan kondisi sehat dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda di pagi yang cerah ini.

Selain itu, shalawat serta salam marilah kita sampaikan kepada nabi besar yang telah menyelamatkan kita dari jurang kebodohan, Nabi Muhammad SAW. Semoga kita menjadi salah satu orang yang diberikan syafaat olehnya di Yaumil Akhir kelak amin.

Hadirin yang berbahagia,

Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, tepatnya 28 oktober 1928 terjadilah suatu hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari tersebut juga telah menentukan nasib bangsa ini sehingga Negara ini menjadi Negara yang merdeka seperti saat ini. Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, pemuda – pemuda dari beberapa daerah di Indonesia berkumpul dalam satu tempat dengan satu tujuan yang sama.

Perkumpulan tersebut dinamakan dengan kongres pemuda dan menghasilkan sebuah sumpah yang sangat penting bagi bangsa ini, yaitu sumpah pemuda. Yang berbunyi :

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Sumpah pertama mengikrarkan bahwa seluruh pemuda Indonesia bersaksi bahwa Indonesia adalah tanah air mereka. Sumpah yang kedua menyatakan bahwa kita adalah bangsa Indonesia dan yang terakhir menyatakan bahwa bahasa kita adalah satu, yaitu bangsa Indonesia.

Sumpah inilah yang menjadi tonggak perjuangan bangsa kita. Dengan lahirnya sumpah ini, semua pemuda Indonesia bersatu untuk melawan penjajah.

Hadirin yang berbahagia,

Apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita sangatlah penting untuk diteladani. Mereka sadar bahwa kaum mudalah yang akan menentukan nasib bangsa ini. Coba bayangkan jika mereka tidak bersatu untuk melawan para penjajah, pasti saat ini juga kita masih berada di dalam cengkraman penjajah.

Untuk itulah kita sebaga pemuda harus meneruskan semangat persatuan mereka. Saat ini kita tidak perlu lagi mengangkat senjata, tetapi hanya dengan mengisi kemerdekaan ini saja. Namun sebenarnya, tugas kita ini pun bisa menjadi sulit karena pepatah yang mengatakan bahwa mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan.

Oleh karena itu, sebagai pemuda yang hidup di jaman ini jangan sampai kita terlena dengan kemerdekaan yang telah tercapai. Justru, kita harus lebih bersemangat lagi untuk membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional dengan cara berprestasi.

Hadirin yang berbahagia,

Pentingnnya peran pemuda ini bahkan diakaui sendiri oleh presiden pertama kita, Soekarano yang berkata, “beri aku sepuluh pemuda maka aku akan mengguncang dunia.” Statemen tersebut menunjukan betapa besar peran pemuda bagi kehidupan sebuh bangsa.

Oleh karena itu, di momen peringatan hari sumpah pemuda ini marilah kita kembali menyonsong semangat persatuan yang telah memudar dari diri kita. Mari kita menjaga persatuan ini dan jangan sampai kita tercerai berai karena jika kita tidak bersatu, maka hancurlah bangsa ini.

Hadirin yang berbahagia,

Saya kira apa yang bisa saya sampaikan cukup sampai di sini. Untuk mengakhiri pidato ini saya berpesan kepada seluruh pemuda – pemudi yang ada untuk menjaga dan mengamalkan sumpah pemuda ini.

Terimakasih atas perhatiannya dan jika ada salah kata dalam penyampaian pidato ini, saya mohon ampun.

Saya akhiri


Wassalamualaikum wr wb. 

Naskah  4

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Salam sejahtera untuk kita semua,

Puja dan puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Karena rahmatNYA-lah di pagi yang cerah ini kita bisa hadir dan berkumpul di sekolah ini tanpa ada halangan suatu apapun.

Hari ini tepat tanggal 28 Oktober, Kita kembali memperingati hari Sumpah Pemuda untuk mengingat sebuah momentum besar yang menandai bersatunya seluruh pemuda pemudi Bangsa Indonesia dalam satu ikrar. Ikrar yang mengikat dan menghujam dalam sanubari pemuda Nusantara untuk bersatu padu memperjuangkan hak hak yang tertindas masa itu. Tanpa ikrar seperti itu mungkin saja kita masih tercerai berai atau entah seperti apa bentuk negara ini.

Sebagai Bangsa Indonesia kita patut memperingati hari Sumpah Pemuda dan harus dapat mengambil hikmah dan makna yang terkandung di dalamnya. Kita patut mencontoh sikap persatuan pemuda yang bisa serempak dalam satu wadah NKRI. Sehingga rasa bangga memiliki hingga bersatu membangun dan mempertahankan kesatuan negara ini dapat kita terapkan dalam sanubari kita masing-masing.

Dengan Sumpah Pemuda kita harus jeli melihat dan bersikap dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara dari tangan-tangan perusak. Jangan sampai dapat terpecah belah hanya karena niat segelintir orang yang selalu merongrong dan ingin mengambil keuntungan untuk diri sendiri.

Dalam kesempatan ini saya ingin membacakan kembali teks Sumpah Pemuda yang diputuskan dalam kongres pemuda 2 waktu itu dengan maksud untuk mengingatkan kembali :

Sumpah Pemuda
Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Saudara-saudra yang kami hormati.

Dengan memperingati hari Sumpah Pemuda, Mari kita tingkatkan semangat persatuan kita untuk melaksanakan segala kegiatan yang positif demi memajukan martabat bangsa dan menjaga keutuhan NKRI.

Terima kasih atas segala perhatiannya. Mohon maaf jika ada kekurangan.

Wabillahi taufiq walhidayah,


Wassalamu’alaikum wr.wb.

Semoga artikel ini bermanfaat! terima kasih.. maju terus pemuda - pemudi indonesia!