Cara memilih sayur dan buah yang baik dan layak konsumsi di pasaran

Di media seperti berita terkadang kita sering jumpai yaa pedagang nakal yang menjual bahan makanan tidak layak konsumsi. Misalnya saja sayuran dan buah-buahan yang sudah tidak baik atau tidak layak, kita harus berhati-hati nihh agar tidak terjebak dan akhirnya berdampak buruk bagi kesehatan kita. Kita perlu ingat bahwa bahan makanan sepeti sayuran berfungsi untuk menambah stamina dan sistem kekebalan tubuh bukan malah sebaliknya. Untuk itu kita harus teliti dan tahu bagaimana sayur dan buah yang layak dan tidak layak tersebut.


Cara memilih sayur dan buah yang baik dan layak konsumsi di pasaran

Pastikan sebelum membeli perhatikan ciri-ciri fisiknya. Sebagai berikut adalah ciri-ciri fisik sayuran yang layak dan baik di konsumsi :

  • Perhatikan warnanya, pilihlah warna yang terlihat masih cerah, alias tidak kusam. Jangan pilih sayuran hijau yang sudah menguning dan layu.
  • Untuk sayuran berbentuk daun, perhatikan bentuknya, dalam artian bentuk disini adalah dengan melihat tekstur dan kesempurnaan fisik, pilihlah sayuran yang tidak robek dan kusut. Namun, jika sayuran tersebut cacat karena termakan ulat, maka hal tersebut tidak jadi masalah karena diyakini sayuran tersebut tidak mengandung pestisida yang berlebihan.Sedangkan untuk umbi-umbian maka yang perlu anda perhatikan adalah teksturnya yang masih keras atau tidak gembur atau lonyot. Pilihlah umbi-umbian yang masih kesat atau tidak berlendir.
  • jika memungkinkan, pilih sayuran hidroponik. Cirinya, memiliki akar yang panjang. Pada umumnya tanaman ini dipelihara dalam rumah kaca tertutup sehingga jarang terserang hama, yang berarti akan sanagt kecil kemungkinan dalam penggunaan pestisida.
  • Perhatikan secara cermat, jangan pilih sayuran dengan bercak putih, karena dimungkinkan bercak tersebut adalah bekas penyemprotan pestisida yang sudah mengering dan menempel pada sayuran.

Nah bagaimana dengan memilih buah?? perhatikan juga ciri fisiknya sebagai berikut :

  • Pilihlah buah yang masih segar dan terlihat tidak layu.
  • Hindarilah memilih buah yang memiliki warna mengkilat pada kulitnya (buah import) karena kemungkinan besar buah tersebut sudah terlapisi oleh lilin yang sangat tipis, biasanya ada di buah apel.
  • Pilihlah buah yang sudah masak pohon, alias tidak masak karena dipacu setelah buah dipetik dari pohon (dikarbit).
  • Belilah buah saat sedang musimnya, selain harga terjangkau juga tentunya anda akan leluasa memilih buat terbaik karena jumlahnya yang melimpah dipasaran.
  • Hindari membeli buah dan sayur di tempat-tempat wisata, karena pada umumnya mereka melakukan praktek jual beli yang tidak sehat.
Terkadang kita harus bertindak leih cerdik yaa dari pedagang, kita harus dapat membedakan bahan makanan yang layak dan tidak layak, ini semua demi kebaikan dan kesehatan kita dan juga pastinya keluarga kita yaa.. Semoga artikel ini bermanfaat!