Cara membuat cenil nikmat dan lezat tanpa ribet

Negara kita indonesia menyimpan banyak sekali jenis-jenis makanan yang memiliki cita rasa yang gak kalah menarik nya dengan makanan luar negeri. Salah satu makanan yang aku suka adalah cenil. Pastinya kalian tau kan makanan ini?? Yaa kita bisa jumpai makanan ini di pasar dan tempat-tempat yang menjual aneka makanan tradisional bahkan pasar sederhana dan kecil juga ada. Bagi kalian yang ingin menikmati makanan ini tanpa harus membeli. Sebagai berikut adalah resep cara membuat cenil yang nikmat dan lezat. Bisa di pratekkan secara langsung dirumah. Yuk simak....


Bahan yang di gunakan :
  • Larutkan 60 cc air bersih bersama 400 gram Tepung kanji dalam satu wadah
  • 1 sendok teh Garam halus
  • 215 cc Air bersih
  • 10 lembar daun pandan, kemudian cuci lalu iris tipis
  • 6 senaok makan Gula pasir
  • setengah daging kelapa, kemudian parut hingga halus
  • rebus 2 liter air bersih hingga mendidih
  • Untuk Pewarna makanan siapkan secukupnya dengan warna yang berbeda-beda

Cara mudah membuatnya :
  1. Pertama,Larutkan garam bersama air bersih di dalam panci lalu rebus hingga mendidih dan matang. Selanjutnya ambil setengah tepung kanji dan masukkan ke dalam rebusan tersebut. Aduk hingga tepung tercampur rata dan  kental. Kemudian angkat dan masukkan ke dalam wadah. Aduk dan olah supaya rebusan bahan-bahan tersebut tidak terlalu panas.
  2. Untuk sisa tepung kanji, masukkan ke dalam adonan tersebut dan uleni sampai merata. Jika sudah bagi adonan tersebut sampai menjadi 3 bagian. Campurkan pewarna makanan di setiap masing-masing  bagian adonan.
  3. Berikuntnya, ambil  setiap bagian adonan secukupnya dan bentuk sesuai yang diinginkan atau bentuk hingga menyerupai bola pingpong. Kemudian tindik hingga menyerupai sate pada umumnya.
  4. Untuk sisa adonan, lakukan seperti cara nomor 3.
  5. Setelah itu, masukkan adonan yang sudah di bentuk ke dalam panci yang sudah terisi rebusan daun pandan dan air. masak hingga benar-benar matang. Jika sudah matang, biasanya adonan kue cenil mengembang di atas air.
  6. Jika sudah, angkat kue cenil lalu simpan ke dalam wadah dan taburkan dengan parutan kelapa dan gula pasir.
  7. Selesai, kue cenil yang enak siap untuk di nikmati.