Ciri mie instan yang sudah kadaluarsa di pasaran

Waspada makanan kadaluarsa yang beredar di pasaran!


Di berita dan media cetak seperti koran dan majalah akhir-akhir ini memberitakan masalah makanan kadaluarsa yang banyak beredar dipasaran. Para pedagang nakal terkadang tidak mau rugi dengan mengganti produk mereka dengan yang baru padahal produk tersebut sudah melewati masa kadaluarsa. Salah satu contoh makanan yang sudah menjadi makanan sehari-hari bagi kita atau sudah sering sekali kita dengar adalah Mie instan. Mie instan banyak dipilih dan sudah menjadi makanan favorit bagi kebanyakan orang karena mudah di dapat dan sangat mudah dalam proses memasaknya sehingga tidak memerlukan waktu yang lama. Namun, ternyata ada sebagian pedagang nakal yang mengambil kesempatan ini dengan menjual mie yang sudah kadaluarsa.

Kata ‘kadaluarsa’ sendiri atau dalam ejaan lainnya bisa disebut ‘kedaluarsa’ atau ‘kadaluwarsa’ mengacu pada waktu atau masa. Maksudnya adalah masa habis berlakunya suatu barang, misalnya masa aman konsumsi suatu produk khususnya makanan, kosmetik dan barang-barang yang sifatnya konsumtif bagi manusia. Makanan yang kadaluarsa sering berdampak kesehatan bagi masyarakat mulai dari gangguan yang ringan hingga gangguan kesehatan yang serius tergantung jenis makanan dan lama kadaluarsanya makanan tersebut. Termasuk Mie instan yang sering kita konsumsi.

Waspadalah saat membeli mie atau jenis makanan lainnya di warung atau pedagang kecil lainnya, pastikan untuk mengecek tanggal kadaluarsa pada kemasan.

Adapun ciri-ciri bahwa anda telah memilih mie kadaluarsa sebagai menu makanan adalah :

  • Ketika dimasak mie akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan juga mengeluarkan busa.
  • Bau sangit pada produk dan juga terdapat bumbu yang menggumpal.
  • Biasanya seseorang yang mengonsumsi mie kadaluarsa akan mengalami mual dan muntah.
  • Penyakit lain yang mungkin timbul adalah sakit perut diare disertai dengan demam tinggi.
  • Yang lebih parah bahwa anda bisa saja mengalami BAB darah atau buang air besar disertai dengan darah.
Jika anda mengami hal-hal diatas pastikan untuk segera pergi kerumah sakit atau puskesmas terdekat untuk ditangani lebih intensif mencegah perkembangan penyakit yang lebih parah dan pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan kadaluarsa tersebut untuk kedua kalinya.

Tips menjaga makanan anda agar terhindar dari produk kadaluarsa adalah sebagai berikut :
  • Cek terlebih dahulu tanggal kadaluarsa pada kemasan produk yang akan dibeli atau dikonsumsi.
  • Lebih baik untuk memilih makanan sehat yang tidak banyak mengandung bahan kimia dan pengawet.
  • Jangan terlalu sering makan makanan instan seperti mie, lebih banyak untuk memasak sendiri dengan bahan-bahan alami seperti sayuran.
Uraian diatas adalah sedikit yang perlu kita ketahui tentang pentingnya menjaga kesehatan terhindar dari makanan kadaluarsa yang tanpa ita sadari mungkin sudah banyak beredar di pasaran akiat ulah beberapa pedagang nakal yang tidak bertanggung jawab. Semoga artikel ini bermanfaat.