Tips memelihara anak ayam yang lucu dan menggemaskan

Hallo teman, Siapa sih yang gak suka dengan binatang alias hewan lucu menggemaskan. Pasti kebanyakan dari kita sangat menyukai nya bukan?? Salah satu hewan atau binatang yang menggemaskan selain kucing, panda, anak anjing atau lain sebagainya adalah anak ayam. hmmmm menggemaskan sekali. Ada yang memelihara anak ayam karena hobi dan kecintaan pada anak ayam yang menggemaskan ini.. Apakah kalian tertarik juga untuk memelihara anak ayam nan lucu. Ada beberapa tips ni dari talita dan persiapan yang perlu dilakukan ketika kalian ingin memelihara hewan ini.


Uraian tips singkat memelihara anak ayam nan lucu dan menggemaskan.




Cara pemeliharaannya cukup mudah karena tidak perlu perlakuan-perlakuan khusus, jadi bisa dipelihara seperti layaknya kita memelihara ayam kampung atau ‘ayam rumahan’ lainnya. Lebih bagus lagi kalau kita memelihara hewan ini karena memang hobi. Pasti dalam hal merawatnya tidak menjadi beban melainkan kesenangan tersendiri bukan?

Nah untuk itu, hal yang pertama yang harus kita perhatikan adalah Pastikan kita telah menyiapkan semua sarana yang dibutuhkan untuk memelihara anak ayam.

Bagi kalian yang ingin merawat anak ayam dari telur sebagai berikut hal yang perlu diperhatikan adalah Setelah telur menetas menjadi anak ayam, cepat pindahkan ke dalam suatu tempat yang tertutup dan terlindung dari hempasan angin dan hawa dingin. Anak ayam yang baru menetas tersebut harus disatukan dengan induk agar memperoleh kehangatan dan mendapatkan panduan dan petunjuk dalam hal memilih dan memilah-milah makanan yang berupa remah-remah. 

Tempat anak ayam tersebut harus diberi tambahan alat penerangan lampu minimal 5 watt sebagai penghangat tambahan dan sebagai penerangan dalam ruang tertutup tersebut sehingga setiap saat anat-anak ayam tersebut dapat makan dan minum sesukanya tanpa dijadwal.

Tempat tersebut tersebut alasnya harus rata atau datar dan tidak bolong-bolong agar makanan tertampung dan berhamburan di sana, dan angin tidak masuk ke dalam ruang tersebut melalui bawah. Tapi lubang untuk pergantian udara (ventilasi) harus ada.

Lakukan pengontrolan agar pakan tidak kurang atau berlebihan, usahakan harus diberi secukupnya. Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali yaitu pagi dan sore.

Beternak atau memelihara ayam tidak membutuhkan area yang luas, cukup di pekarangan rumah saja, atau di kebun belakang rumah. jangan diumbar begitu saja ayamnya. Bahkan kalau perlu divaksin juga, supaya terhindar dari virus-virus penyakit yang mematikan seperti flu burung. Jasa para dokter hewan terkadang juga akan memakan biaya jika terdapat beberapa ayam kita yang sakit. Bahkan mungkin, jika perlu kita bisa membayar seorang peternak dan membeli sebuah kandang ayam jika kita memelihara ayam untuk pertama kalinya.

Hal yang perlu diperhatikan oleh kita yang akan memelihara ayam adalah rutin memberikan makan ayam. Memberi makan ayam tidak akan menghabiskan banyak waktu. Kita hanya perlu memberi makan dan minum secara teratur setiap harinya, 

Hal lain juga adalah menjaga kebersihan dengan membersihkan kandang nya atau dengan memandikan anak ayam. Apabila kita akan pergi dalam beberapa hari, kita memerlukan seseorang yang akan merawat ayam-ayam itu. Jika kita sayang dengan hewan kita pasti memperhatikan kebersihannya. Kandang sebaiknya dibersihkan setiap hari, jangan lupa disemprot juga dengan desinfektan yang khusus buat semprot kandang dan tidak menyebabkan iritasi pada ayamnya.

Kandang juga harus dipastikan mendapat sinar matahari yang cukup, serta memiliki sirkulasi udara yang baik.  Perlu disiapkan juga atap atau tutup kandang yang terbuat dari bahan yang kedap air untuk digunakan ketika hujan turun sewaktu-waktu. Dalam kondisi cuaca normalpun terkadang anak ayam kate ini jarang yang kuat sehingga belum menginjak dewasa anak ayam tersebut sudah mati.

Nah, itu adalah uraian singkat cara memelihara anak ayam yang lucu dan menggemaskan, dapat menjadi suatu kesenangan tersendiri bagi kita yang pecinta hewan lucu seperti anak ayam apabila kita bisa merawatnya sampai ia besar. Bahkan bisa menjadi usaha juga loh ... Semoga artikel ini bermanfaat !