Cara mengatasi masalah jerawat yang mudah dan ampuh

Paling pusing banget yaa, kalau tiba-tiba ada timbul jerawat di wajah. Bukan hanya sakit tetapi terkadang kita merasa malu dengan jerawat tersebut. Apalagi untuk sebagian besar para wanita, hal ini merupakan musibah bagi mereka. Pastinya kita akan mencari cara agar dapat mengatasi masalah jerawat pada wajah atau area lainnya. Nah untuk itu talita akan mengulas sedikit masalah jerawat ini.

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat ini merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya dan sering sekali menjadi masalah bagi penderitanya. Kemungkinan penyebabnya adalah beberapa faktor meliputi perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres. Oleh karena itu kebanyakan yang mengalami masalah jerawat adalah wanita.


Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

Faktor lainnya dari Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh karena penggunaan kosmetik yang berlebihan dan terlalu sering digunakan. Kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation adalah salah satu faktornya. Dimana Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

Hal lain lagi adalah stres yang tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai "pelarian" dari stres. Ada banyak sekali faktor penyebab dari jerawat yang sewaktu-waktu dapat timbul.


Bagi kita yang mungkin sedang mengalami masalah jerawat tidak usah khawatir. Gak harus perawatan yang mahal untuk dapat mengatasi jerawat ini. Gunakanlah bahan dari alam, sebagai berikut adalah beberapa tanaman yang biasanya digunakan sebagai bahan kecantikan alami yang ternyata bermanfaat dalam mengatasi masalah jerawat. yuk lihat!

Cara mengatasi jerawat secara alami dan ampuh

Teh


Teh merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat secara alami dan efektif. Ampas sisa teh yang biasanya di buang ternyata dapat bermanfaat dalam mengatasi jerawat. Bagaimana caranya? cukup simple, perhatikan cara membuatnya pada uraian dibawah ini :

Bahan :
  • Ampas sisa teh secukupnya
  • 50 ml air hangat
Cara penggunaannya :
  1. Pulaskan seluruh sari teh tersebut ke wajah Anda dan ke bagian kulit yang mengalami masalah jerawat/ Kemudian, Tepuk-tepuk lembut dan perlahan-lahan.
  2. Diamkan sampai 10-15 menit sampai teh meresap
  3. Bilas dengan air dingin
  4. Rasakan kulit Anda yang lembab, nyaman, dan kenyal. Dalam beberapa hari, jerawat akan mereda dan kondisinya membaik. Hindari memencet jerawat ketika masih merah meradang karena dapat menyebabkan infeksi.
  5. Jika jerawat Anda masih terasa nyeri, Anda bisa mengompres kembali dengan air teh yang masih ada.

Madu


Madu sudah sangat terkenal dengan segudang manfaatnya untuk membuat kulit lebih halus dan sehat. Kehebatan madu sendiri juga dapat membantu anda yang sedang berjuang untuk menghilangkan jerawat. Madu memiliki kandungan antibiotik dan gizi yang tinggi, sehingga dapat menjadi pencegah infeksi yang bisa membuat meradangnya jerawat. Proses pembuatannya sangat mudah dan tidak perlu biaya mahal karena hanya memerlukan madu sebagai bahan utamanya.

Cara Penggunaan :
  1. Madu dioleskan secara merata pada wajah yang berjerawat.
  2. Selain dengan menggunakan madu, bisa juga membuat masker dengan menggunakan campuran madu dengan putih telur, Caranya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan aduk-aduk.
  3. Setelah itu oleskan campuran madu dan putih telur tersebut ke wajah yang berjerawat.

Tomat


Sayur yang memiliki warna merah yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi untuk digunakan dalam perawatan kulit. Selain dapat mengencangkan kulit, tomat juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Hal itu disebabkan tomat mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk kulit tubuh.

Cara Penggunaan :
  1. Sediakan tomat yang matang yang berwarna kemerahan.
  2. Potong tomat tersebut secara tipis-tipis dan tempelkan pada wajah yang berjerawat.
  3. Biarkan selama 10 sampai 15 menit.
  4. Lakukan hal itu dengan rutin agar jerawat bisa segera hilang.

Lidah Buaya


Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang banyak mengandung zat besi, zat aktif dan vitamin A serta D yang dapat membantu anda untuk mengatasi masalah jerawat beserta bekasnya, selain itu lidah buaya juga dapat mengatasi rambut rontok.

Cara Penggunaanya :
  1. Potong terlebih dahulu lidah buaya menjadi 2 atau 4 bagian kemudian hilangkan duri pada lidah buaya yang berada di samping kanan dan kiri.
  2. Setelah itu kupaslah bagian lainnya untuk mengambil gel pada lidah buaya.
  3. Hasil gel tadi di letakan di wadah kemudian lembutkan dan oleskanlah pada area kulit anda yang berjerawat.
  4. Setelah itu diamkan 4 – 6 menit dan Bilas dengan air bersih.

Lemon


Asam askorbat-L yang terkandung dalam lemon dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat serta membersihkan pori – pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dikenal baik sebagai pencerah kulit dan penghilang noda pada wajah. Jika menggunakan lemon ini secara teratur dan sesuai dapat mengurangi jerawat yang timbul.

Cara penggunaan :
  1. Siapkan satu buah lemon
  2. Tekan sedikit lemon, potong menjadi dua bagian, lalu peras
  3. Oleskan pada wajah anda
  4. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk
  5. Lakukan perawatan ini secara rutin sekali dalam sehari untuk mengatasi masalah jerawat.

Kulit jeruk


Kalau biasanya kita langsung membuang kulit jeruk setelah memakannya, ternyata kita bisa memanfaatkan kulit jeruk sebagai pengobatan pada kulit yang dapat mengatasi masalah jerawat dimana jeruk mengandung Vitamin C dan asam alpha hidroksi yang mampu membersihkan pori – pori kulit dan tersumbat debu, kotoran serta mengangkat sel kulit mati.

Cara penggunaan :
  1. Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai benar benar kering.
  2. Haluskan kulit jeruk yang telah dikeringkan tadi
  3. Tambahkan air secukupnya pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta
  4. Oleskan pasta pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit
  5. Bilas dengan air hangat.

Pepaya


Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi mengikis sel kulit mati, dan antioksidan serta vitamin yang dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit. Sebagai berikut cara penggunaan yang cukup mudah dan cara efektif mengatasi jerawat.

Cara penggunaan :
  1. Bersihkan pepaya dan potong menjadi beberapa bagian
  2. Haluskan pepaya hingga menjadi bubur
  3. Tambahkan satu sendok madu atau lemon (opsional)
  4. Oleskan pada area wajah yang berjerawat
  5. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  6. Bilas dengan air hangat
Beberapa bahan alami diatas terbukti mampu membantu kita dalam menangani jerawat. Lebih baik lagi apabila kita menjalankan cara hidup sehat untuk mengurangi resiko terkena jerawat dengan cara rajin mencuci muka, menjaga kebersihan, makan-makanan sehat seperti sayuran dan rajin berolahraga. Hal-hal kecil itu ternyata sangat berpengaruh, jangan sepelekan hal itu yah... semoga artikel ini bermanfaat.