Cara memilih ikan yang masih segar berdasarkan ciri fisiknya

Ikan termasuk salah satu jenis makanan yang digemari oleh kebanyakan orang. Selain kaya akan protein, ikan juga termasuk makanan yang mudah untuk diolah dengan beragam resep favorit yang bisa dibuat. Popularitas ikan hampir setara dengan daging. Dalam memasak, setiap menu yang berkaitan dengan ikan, dibutuhkan ikan yang segar dan layak untuk dimasak agar menghasilkan sebuah rasa masakan yang enak. Sebelum memasak atau mengolah ikan perhatikan ikan yang dibeli dari pasar pastikan sehat untuk dikonsumsi.

Kalau kita lihat dan perhatikan di pasar sekarang, terkadang ada pedagang nakal yang menjual produk yang sebenarnya sudah tidak layak untuk dijual bahkan dikonsumsi. Sebagian dari mereka tidak memikirkan dampak negatif yang dapat dialami oleh konsumen. Salah satu nya adalah pedagang ikan. Kita bisa lihat dari berita di televisi atau media lainnya mengenai hal ini, dimana banyak konsumen keracunan karena mengonsumsi ikan yang sudah tidak layak. 

Khususnya bagi para ibu-ibu yang sudah menjadi rutinitas dalam berbelanja. Disarankan untuk lebih memperhatikan dengan benar dan saksama saat membeli ikan. Perhatikan ciri-ciri ikan yang masih segar atau tidak. Biasanya pedagang nakal yang menjual ikan yang sudah tidak layak itu agar laku dengan menurukan harga ikan lebih murah dari harga biasanya.

Sebagai berikut talita mau kasih tips cara memilih ikan yang masih segar dan layak di konsumsi berdasarkan ciri-ciri nya .. yuk simak!


Tips singkat memilih ikan segar



Kulit ikan segar terlihat mengkilap dan tidak pucat. Warna kulit terang dan cerah. Kulit dan daging ikan tidak mudah robek, terutama pada bagian perut. Dari fisik ikan inilah kita bisa mengetahui apakah ikan tersebut masih layak atau tidak untuk di konsumsi. Ikan yang masih segar memiliki warna pada bagian tubuhnya mengkilap tidak pucat sedangkan pada ikan yang sudah tidak layak memiliki warna yang pucat. Sisik ikan segar masih kuat melekat kuat dan mengkilat, sisik masih utuh tidak banyak yang lepas.

Aroma ikan cenderung amis. Selain dari warna yang dapat membedakan ikan yang layak atau tidaknya adalah dari baunya. Ikan yang segar cenderung masih berbau amis dan tidak berbau busuk.

Ikan segar memiliki mata yang cerah dan terang, tidak pucat. Pada bagian matanya ikan segar akan terlihat cerah atau terang dan tidak pucat. Mata jernih menonjol dan cembung

Insang ikan segar cenderung berwarna merah dan sedikit kenyal apabila disentuh. Ketika memilih ikan, perhatikanlah tekstur insang apakah sedikit kenyal atau tidak. Selain itu, insang yang berwarna merah juga mencirikan bahwa ikan tersebut masih segar.

Untuk mendapatkan ikan yang terbaik, jangan ragu untuk mencium aroma si ikan karena apabila segar, ikan yang dijual akan terasa amis. Beda halnya dengan ikan yang tidak segar. Umumnya ikan tidak segar memiliki aroma amis yang sedikit dan terasa asam. Jadi, jangan ragu-ragu untuk mencium aroma ikan untuk mendapatkan ikan segar terbaik.

Uraian diatas adalah penjelasan singkat tentang cara memilih ikan yang baik dan segar di pasar atau tempat berbelanja lainnya khususnya bagi para ibu-ibu untuk lebih berhati-hati. Dengan cermat selama berbelanja akan melindungi keluarga anda tehadap ancaman bahaya dari makanan seperti ikan yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Mengingat pentingnya hal ini maka berwaspada lah, sebab apa yang sudah terjadi tidak dapat dihentikan. Kuncinya hanya satu cermat dan berhati-hati. Semoga artikel ini bermanfaat!