Cara buat getuk sederhana dengan parutan kelapa dan gula merah yang nikmat

Kalau bicara masalah makan.. Wihh siapa yang gak tertarik. Karena rata-rata dari kita hobi makan yaa.. (Yaiyalah) nah di negara kita yakni Indonesia menyimpan banyak sekali khas makanan dari daerah masing-masing. Salah satu makanan khas jawa yang sangat talita suka adalah getuk. Waww.. Makanan yang menggunakan bahan dasar singkong ini ditambah dengan parutan kelapa dan gula merah yang sangat nikmat.. Hmm yummy...

Karena alasan suka, oleh karena itu talita pun coba cari resep gimana sih cara buat getuk itu. Karena jarang sekali yaa ada penjual getuk apalagi di daerah kalimantan. Mungkin apabila kita tinggal dijawa bisa sering menemui makanan ini.  Yahh, apa boleh buat mungkin cita rasa dari buat sendiri itu lebih nikmat kali yaa..

Sebagai berikut adalah bahan dan cara pembuatan getuk dengan parutan kelapa dan gula merah yang nikmat dengan proses yang gak terlalu ribet, dan bisa dibilang cukup sederhana sihh karena talita gak suka yang ribet-ribet. Mau tau resepnya??? Yuk simak uraian dibawah ini..




Getuk singkong dengan parutan kelapa dan gula merah nikmat.


Bahan Utama :

  • 1.000 gram singkong
  • 125 ml air
  • 225 gram gula merah
  • 3 sendok makan gula pasir atau secukupnya
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam atau secukupnya
  • 100 gram kelapa parut

Bahan Taburan kelapa :

  • Kelapa muda parut secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Menyiapkan Bahan :

  • Pertama, ambil singkong yang sudah kita siapkan. Jika sudah, kupas singkong tersebut.
  • Kemudian, bersihkan atau cuci dengan menggunakan air bersih.
  • Sisir halus gula merah.

Cara Membuat :
  1. Pertama, siapkan panci. Lalu masukan air yang sudah kita siapkan bersama dengan gula merah yang sudah disisir. Rebus gula merah dan air tersebut sampai air mendidih dan gula merah larut.
  2. Jika sudah mendidih, kita bisa langsung mengangkat rebusan gula merah. Agar tidak kotor, kita bisa menyaringnya dengan saringan.
  3. Selanjutnya, masukan garam dan vanili bubuk. Lalu aduk sampai merata. Jika sudah, sisihkan.
  4. Potong singkong yang sudah anda bersihkan tadi dengan ukuran sesuai selera.
  5. Siapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus singkong yang sudah dipotong sampai matang atau empuk.
  6. Jika sudah empuk atau matang, kita bisa langsung mengangkat singkong dan menghaluskannya. Haluskan singkong ketika masih panas agar lebih mudah.
  7. Tambahkan atau masukan kelapa parut. Aduk sampai merata.
  8. Tuangkan rebusan gula merah. Uleni dengan menggunakan tangan sampai lembut.
  9. Siapkan nampan berbentuk kotak. Lalu masukan adonan ke dalam nampan tersebut sambil diratakan. Potong-potong getuk tersebut dengan ukuran sesuai selera.

Cara Membuat Taburan kelapa dan gula merah :
  1. Siapkan kembali alat untuk mengukus.
  2. Jika alat untuk mengukus sudah siap, anda bisa langsung mengukus kelapa parut bersama dengan garam.
  3. Kukus selama kurang lebih 5 menit. Baru setelah itu, angkat.
  4. Sajikan kue getuk ini dengan kelapa parut. Anda bisa menggulingkan getuk yang sudah dipotong dengan kelapa parut yang sudah dikukus. Baru setelah itu, anda bisa langsung menyajikannya. Akan lebih nikmat jika getuk ini disantap dengan disertai minuman hangat.

Gimana guys?? Gak terlalu ribet kan.. Kalau kalian mau membuat getuk juga, artikel ini bisa dijadikan referensi dan kalian bisa mengekspresikan sendiri makanan tersebut. Apalagi buat anak muda jaman sekarang yaa, ayoo buat makanan tradisional. Dengan cara sederhana tapi menghasilkan makanan yang Lezat.. Hmmm yummy! Semoga artikel ini bermanfaat yahh! Terima kasih...