Arti penting peringatan Hari Tani Nasional 24 september 2017

Selamat Hari Tani Tahun 2017 !


Kita sudah memasuki bulan september pada tahun 2017, Ini adalah bulan yang dinantikan khususnya bagi para petani Indonesia. Bulan yang di dalamnya terdapat satu hari yang tak kalah pentingnya untuk kita peringati dan kita rayakan bersama-sama sebagai suatu kebanggan tersendiri yaitu HARI TANI NASIONAL pada tanggal 24 september. Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tau yaa tentang hari tani itu? Sebagai berikut adalah uraian mengenai Hari Tani yang menjadi salah satu hal penting yang perlu terus diperhatikan.

HARI TANI NASIONAL. Menyimpan harapan yang sangat besar untuk kemajuan pertanian di negara kita Indonesia. Pada tanggal 24 September inilah hari bagi petani Indonesia, karena pada hari ini dibuat satu kebijakan yaitu Undang-Undang Agraria (UUPA) No. 5 Tahun 1960 sebagai momentum kebangkitan kaum tani di seluruh Indonesia, sebagaimana ditetapkan melalui Kepres 169 tahun 1963 yang mengatur tentang hak-hak dan kewajiban kaum tani, mengatur hak atas tanah, hak atas sumber-sumber agraria untuk dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran petani dan bangsa. Penetapan Hari Tani Nasional berdasarkan keputusan Presiden Soekarno tanggal 26 Agustus 1963 No 169/1963 menandakan pentingnya peran dan posisi petani sebagai entitas bangsa.

Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) mengamanatkan terwujudnya keadilan sosial dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia yang program pokoknya adalah menyediakan tanah pertanian dan program pendukung lainnya untuk kaum petani Indonesia. Namun amanat ini tidak terlaksana sepenuhnya maka ada banyak problem yang timbul sehingga sektor pertanian tidak bisa berkembang. Hingga kini nasib kaum tani tak kunjung membaik dan tidak ada perkembangan. Bahkan dapat dilihat Kemiskinan di pedesaan semakin luas karena ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah yang semakin tajam. Lahan pun sekarang tidak dimanfaatkan secara maksimal. Padahal apabila dimanfaatkan sebagai lahan pertanian dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui hasil pertanian yang diperoleh.

24 September, bukan hari yang seharusnya tidak menjadi hal yang biasa saja. Dimana hari itu adalah hari kita harusnya mengingat kembali betapa pentingnya peran sektor pertanian dalam berbagai aspek kehidupan. Bukan sekedar tentang pemenuhan pangan masyarakat luas saja, namun yang lebih jauh daripada itu adalah bahwa sektor pertanian mempunyai peran strategis dalam pembangunan nasional bagi negara Indonesia. Peranan tersebut antara lain: 
  • meningkatkan penerimaan devisa negara
  • penyediaan lapangan kerja, perolehan nilai tambah dan daya saing
  • pemenuhan kebutuhan konsumsi dalam negeri
  • bahan baku industri dalam negeri serta optimalisasi pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan
Hal ini ditunjukkan oleh besarnya kontribusi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) terutama pada masa kirisis ekonomi yang dialami Indonesia, satu-satunya sektor yang menjadi penyelamat perekonomian Indonesia pada tahun 1997-1998 hanyalah sektor agribisnis, dimana agribisnis memiliki pertumbuhan yang positif.

Negara Indonesia adalah Negara agraris nan subur yang terletak di sepanjang khatulistiwa atau juga disebutkan bahwa sebagian besar rakyat Indonesia merupakan turun temurun hidup bermata pencaharian sebagai seorang petani.  Namun, sekarang ini ada banyak berita yang kita dengar setiap hari tentang keprihatinan bahwa Indonesia yang dikenal sebagai Negara Agraris ini kemudian mengimpor makanan pokoknya dari Negara lain. Ada banyak faktor yang kita dengar misalnya alih fungsi lahan, gagal panen, turunnya produktifitas lahan akibat maraknya penggunaan bahan kimia, luas kepemilikan lahan yang semakin lama semakin sempit, pasar bebas dan seterusnya dan seterusnya. Hal-hal semacam itulah yang sering kita lihat atau dengar yang menyebabkan pertanian di indonesia tidak berkembang. 

Para generasi muda memiliki peran sangat penting dalam sektor pertanian di Indonesia. Masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa indonesia yang memilih untuk berkecimpung dalam dunia pertanian adalah calon generasi mendatang untuk membangun peradaban baru yang luar biasa. Jika masalah tersebut tidak segera di atasi bisa jadi bagaimana nasib pertanian nantinya di negara kita? kedepan sektor pertanian di Indonesia tidak akan bisa lagi memenuhi kebutuhan pangan bagi seluruh masyarakat sehingga bukan tidak mungkin krisis pangan pun akan bisa saja terjadi. 

Tanpa adanya perbaikan terhadap sektor pertanian, masalah-masalah itu akan tetap menjadi masalah yang kian hari kian menggerogoti kejayaan keberadaan sektor pertanian di Indonesia. Oleh karena itu, perlu nya perbaikan dari generasi muda indonesia untuk mulai mengembangkan inovasi atau memunculkan ide-ide baru dalam sektor pertanian yang dapat menunjang peningkatan yang signifikan dalam pertanian.



Selamat Hari Tani Nasional Saudara-saudari Indonesia ! Mari peringati dan rayakan hari kebesaran kita sebagai seorang petani, sebagai mahasiswanya petani, sebagai orang tani yang tengah sekolah dan sebagai rakyat indonesia yang cinta akan harta alam yang melimpah. Mari kita teriakan dengan lantang dan hati yang mengebu-gebu Selamat Hari Tani Nasional ! Jayalah indonesia kuu, Sukses petani Indonesia!