Arti penting dan hakikat HUT Pamong Praja 8 september 2017


Sebagai warga negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kita pastinya menghargai mereka yang ikut mengambil bagian dalam menjaga kesejahteraan, ketentraman, ketertiban dan menegakkan peraturan daerah demi terwujudnya negara yang damai yang sangat kita cintai ini. Negara indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi kesejahteraan masyarakatnya dengan memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan peraturan daerah.  Ketertiban suatu negara pastinya dilatarbelakangi oleh pihak yang bertanggung jawab dan mengurus hal itu. 

Salah satu perangkat Pemerintah daerah yang bertanggung jawab dengan hal itu adalah Satuan Polisi Pamong Praja. Pamong praja berasal dari bahasa jawa yaitu kata "pamong" yang berasal dari kata among/momong, yang berarti mengasuh. Sedangkan kata "Praja" berarti pegawai pemerintahan. Jadi pamong praja adalah pegawai pemerintahan yang tugasnya memomong rakyat. Organisasi ini memiliki tata kerja yang ditetapkan oleh peraturan daerah.

Mengingat pentingnya hal ini maka Hari Pamong Praja diperingati setiap tahun pada tanggal 8 September, dan tahun ini yaitu tahun 2017 Hari Pamong praja akan jatuh pada hari Jumat minggu ini. Bagaimana Pamong praja bisa terbentuk? Dan mengapa setiap tanggal 8 september diperingati sebagai hari Pamong Praja? Apa saja yang perlu kita ketahui tentang Pamong praja?

Dalam pengertiannya sendiri arti dari Satuan Polisi Pamong Praja disingkat Satpol PP adalah perangkat Pemerintah Daerah dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah. Organisasi dan tata kerja Satuan Polisi Pamong Praja ditetapkan dengan Peraturan Daerah. Namun sebenarnya, Satuan polisi pamong praja merupakan sebagian kecil dari (Korps) Pamong Praja. Dapat dikatakan sebagai semua aparatur negara yang bergabung dalam birokrasi yang memiliki tugas dalam memberdayakan, mendampingi, melayani, mengayomi masyarakat disebut dengan istilah pamong praja. Namun untuk sekarang ini Sosok pamong praja hanya terwakili oleh Satpol PP sebagai eksekutor terhadap masyarakat. Secara fundamental, Satpol PP tetap merupakan pelayan masyarakat dan merupakan bagian dari pamong praja.

Apabila dilihat dari penetapan hari nasional antara pamong praja dan satpol PP, terlihat perbedaan yang sangat jelas. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah dibentuk pada tanggal 3 Maret 1950. Dan pada tanggal itu lah diperingati sebagai HUT Satpol PP. Sedangkan dalam Wikipedia telah menyebutkan dengan jelas bahwa hari besar dalam memperingati hari pamong praja adalah pada tanggal 8 september. Banyak referensi sulit untuk menetapkan tahun ditetapkannya, namun secara jelas pemerintah telah menetapkan bahwa tanggal 8 september adalah hari Pamong Praja.

Nah, sedangkan untuk Latar belakang dari terbentuknya Pamong Praja adalah sebagai sarana untuk mewadahi sebagian ketugasan pemerintah daerah. Sebenarnya ketugasan ini telah dilaksanakan pemerintah sejak zaman kolonial. Sebelum menjadi Satuan Polisi Pamong Praja setelah proklamasi kemerdekaan di mana adanya keadaan buruk diawali dengan kondisi yang tidak stabil dan mengancam NKRI. Oleh karena itu mulailah dibentuk Pamong Praja di daerah-daerah.

Kita sebagai rakyat indonesia sangat membutuhkan sosok pamong praja yang mampu mengabdi pada rakyat dengan setulus hati, jujur dalam perkataan dan perbuatan, mampu menunjukkan keterbukaan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan rakyat, dan juga memiliki kedekatan emosional dan rasional dengan rakyat, serta dapat menjalin hubungan yang menunjang perkembangan dan pertumbuhan yang dinamis dengan masyarakat.

Memang tidak mudah menjadi seorang pamong praja, karena begitu banyak tuntutan dan harapan yang dibebankan kepada mereka. Tetapi seorang pamong praja harus mampu meletakkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadinya dan lebih mendahulukan masalah yang ada dalam masyarakat dimana pamong praja dituntut untuk membina ketentraman dan ketertiban, pembinaan politik dalam negeri, koordinasi, dan pengawasan. Mari terus dukung mereka yang ikut ambil bagian dalam lembaga ini. Selamat HUT Pamong praja tahun 2017!

Mari Menanam bunga di taman
Ada bunga cantik berwarna warni
Jadilah seorang sosok praja idaman
Gelorakan senyuman dan jaga diri 

SELAMAT HARI PAMONG PRAJA !