Tips agar dapat melakukan tes psikotes dengan baik

Sebelum diterima di suatu perusahaan untuk mulai bekerja seseorang pasti nya melewati masa tes. Salah satu nya adalah tes psikotes atau dengan kata lain tes psikologi. Apakah anda tau apa itu tes psikologi? Orang yang awam dalam hal ini atau baru pertama melakukan tes pasti sangat khawatir. Takkala, kekhawatiran akan tidak lulus. Sebenarnya dalam tes ini bukan masalah kepintaran seseorang, dan bukan tentang lulus atau tidak lulus, bukan juga seperti menghadapi ujian. Tes ini bertujuan untuk mengetahui karakter dalam diri manusia cocok atau tidak dengan posisi atau jabatan yang di lamar pada perusahaan tertentu.

Tes psikologi (Phsicology Test) atau lebih sering disebut tes psikotest secara spesifik memiliki pengertian tersendiri yaitu merupakan salah satu bagian dan tahap perektutan karyawan di banyak perusahan. Apakah perusahaan BUMN, perbankan (bank), TNI, Polri, cpns dan akademisi seperti UI (Universitas Indonesia) maupun perusahaan swasta seperti astra dan yang lainnya. Dengan Tujuan memiliki kesamaan diantaranya yaitu untuk mengukur aspek individu secara psikis. Psikotes juga dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa dan bisa berbentuk tertulis, proyektif, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang.

Psikotes berbeda dengan tes potensi akademik (TPA), psikotes secara umum lebih kepada tes kepribadian. Jadi didalam penilaian psikotes tidak berdasarkan siapa yang paling pintar, karena bisa saja orang yang secara akademik tidak begitu pintar mengalahkan orang yang lebih pintar darinya dan lolos ujian psikotes. Hal ini sering terjadi, bahkan mungkin Anda pernah mengalaminya atau melihat orang lulusan perguruan tinggi terbaik belum bekerja atau diterima kerja di sebuah perusahaan karena selalu gagal dan tidak lolos psikotes.
Bagi kalian yang akan melakukan tes psikotes, tidak perlu khawatir. Tidak perlu untuk belajar terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu diperhatikan ke konsentrasian anda dalam mengerjakan. Maka untuk dapat mengerjakan soal psikotes dengan baik perhatikan beberapa uraian dibawah ini :

Tips melakukan tes psikotes dengan baik

Tidur yang cukup. Beberapa orang sangat suka sekali begadang atau tidur sampai larut malam padahal keesokan harinya akan melakukan tes psikotes. Hal ini sangat sederhana tapi bisa mempengaruhi konsentrasi anda keesokan hari nya. Maka, jika anda ingin memiliki konsentrasi yang baik, tidurlah yang cukup. Jangan begadang.

Sarapan pagi. Sebelum melakukan tes psikotes, hendaknya anda sarapan pagi terlebih dahulu. Selain baik bagi kesehatan, sarapan pagi dapat membuat tubuh anda dapat bekerja stabil dan juga merupakan asupan untuk mengasah kemampuan otak untuk berfikir.

Bawa alat tulis. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan seperti alat tulis pulpen atau pensil, buku catatan kecil dan lain sebagainya. Selain dapat mempermudah anda, hal ini akan terlihat baik karena anda tidak akan merepotkan orang lain.

Berpakaian dengan tertata rapi. Dandanan dan pakaian dapat mencerminkan diri seseorang, jika anda berpakaian dengan rapi, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri anda untuk melakukan tes psikotes. Perhatikan juga hal-hal kecil dalam berpenampilan, seperti tatanan rambut, keserasian baju dengan bawahan, sepatu yang dikenakan dan lain sebagainya.

Persiapkan mental dan optimis. Hal yang terpenting dari semua ini adalah optimis dan berfikir positif. Tidak perlu takut karena anda tidak sedang menjalani ujian. Yang terpenting adalah jangan berfikir negatif sebelum menjalani tes psikotes.

Ikuti sesuai dengan prosedur. Semua yang dilakukan sesuai dengan prosedur akan berjalan dengan baik. Perhatikan arahan dengan baik dan mulai bekerjalah.

Uraian diatas merupakan tips dari talita untuk dapat mengerjakan soal psikotes dengan baik sesuai dengan pengalaman talita sewaktu menjalani psikotes hari lalu. Semoga uraian ini dapat bermanfaat dan membantu.
Salam sukses!