Tanaman berkhasiat menurunkan kolesterol

Banyak orang merasa khawatir akan banyaknya jenis penyakit sekarang ini. Walaupun ada banyak sekali perawatan medis yang canggih dan modern tetapi belum tentu dapat memberikan hasil yang baik bagi kesehatan terkadang hanya bersifat sementara.

Pola hidup sehat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena bisa jadi berbagai penyakit telah mengintai dibalik pintu. Salah satu penyakit yang terlihat biasa tetapi sebenarnya berbahaya adalah penyakit kolestrol. Apa itu penyakit kolesterol??? Bagaimana bisa terjadi??? Apa akibatnya??

Kolesterol tinggi atau memiliki kata lain hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung.

Sebaiknya ada tindakan lanjutan untuk menangani penyakit ini, tidak hanya perawatan medis tetapi juga yang terutama adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Bingung jenis buah dan sayuran apa yang baik bagi penderita kolestero?? Sebagai berikut adalah tanaman seperti buah dan sayuran yang memiliki kandungan yang baik untuk para penderita kolesterol tinggi. Yuk simak!

TEH HIJAU

Teh hijau adalah salah satu tanaman yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Teh ini mengandung senyawa katekinnya yang mempunyai khasiat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi secara alami. Tingkat antioksidan dalam teh hijau lebih tinggi dibandingkan jenis teh lainnya yang juga membantu menurunkan kolesterol. Meski teh hijau tidak dapat secara langsung meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL karena bebas kalori, namun teh hijau berkhasiat menjaga kadar kolesterol baik. Sehingga, kadar kolesterol dalam darah tetap stabil.

Selain itu teh hijau meningkatkan metabolisme tubuh dan memaksimalkan tingkat oksidasi lemak. Hal ini membuat teh hijau dapat bermanfaat menjaga kestabilan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan.

DAUN SALAM

Kolesterol yang tinggi adalah hal yang sangat dikhawatirkan banyak orang, karena bisa memicu banyak penyakit berbahaya lainnya, yang bahkan bisa menyebabkan kematian. Daun salam ternyata manjur untuk membantu menurunkan kolesterol, penggunaan umumnya dengan merebus daun salam dengan air rebusan menggunakan 3 gelas air, yang direbus hingga sisa 1 gelas air saja.

Adapun Jumlah daun salam yang digunakan sekitar 10 lembar. Minum rebusan daun salam ini 2 kali sehari. Salah satu kandungan flavonoid yang terdapat pada daun salam adalah quercetin, merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah oksidasi LDL (low density lipoprotein atau lipoprotein berdensitas rendah).

BAWANG PUTIH

LDL atau kolesterol jahat mudah melekat pada pembuluh darah, yang bisa mengakibatkan penumpukan lemak, serta menyumbat pembuluh darah. bawang putih mengandung bahan kimia yang disebut allicin, yang telah terbukti dapat membunuh bakteri dan jamur, dan meringankan gangguan pencernaan tertentu.

Bawang putih juga menurunkan sifat pembekuan darah. Namun, tentu saja, tanaman ini paling mendapat perhatian atas kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol. Sebagian besar studi menunjukkan sekitar satu-setengah gram kolesterol bisa diturunkan dengan konsumsi satu gram bawang putih setiap hari.

BUNCIS

Mengkonsumsi buncis secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Hal ini dikarenakan beberapa alasan yaitu Buncis memiliki kandungan serat pangan yang cukup tinggi yang mudah larut dalam tubuh, serat pangan pada buncis dapat berfungsi untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah agar tetap seimbang.
Selain itu, buncis merupakan sayuran rendah lemak yang dapat membantu untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Buncis juga memiliki kandungan betakoagulan yang dapat membantu tubuh untuk mengontrol adanya penyerapan produksi kolesterol.


BERAS MERAH

Beras merah dapat menjadi obat herbal penurun kolesterol. Sebab beras merah memiliki kandungan karbohidrat dan sangat rendah lemak. Jadi sangat aman bagi kita yang ingin melakukan pengobatan secara herbal untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Beras merah sangat sehat untuk tubuh.

Beras merah bisa diolah menjadi beragam panganan, selain itu juga bisa diracik sebagai obat herbal yang digunakan sebagai penurun kolesterol. Obat herbal penurun kolesterol dari beras merah ini sangat bergizi tinggi dibandingkan dengan beras putih.

SELEDRI

Di dalam daun seledri terkandung senyawa glukosida, apiin, dan apoil yang memberi aroma khas. Namun, senyawa apa yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah belum terungkap. Bila daun ini dipilih sebagai obat, diperlukan sebatang seledri yang direbus dengan 1 gelas minum air hingga mendidih. Setelah dingin, minumlah air rebusan itu. Dalam sehari cukup minum satu kali.

BAYAM

Sayuran berdaun hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Makanan sumber fitokemikal juga dapat membantu tubuh menangkal kerusakan akibat radikal bebas, menunda penuaan, dan menjaga pembuluh darah tetap lentur serta sehat saat baik juga dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

Bayam kaya kandungan lutein, pigmen kuning yang terdapat dalam kuning telur dan sayuran berdaun hijau lainnya. Lutein sendiri memiliki reputasi emas di bidang kesehatan karena dapat mencegah degenerasi makula yang memicu kebutaan.

KEDELAI

Kedelai mengandung protein dan isoflavon. Keduanya dapat membantu upaya dalam mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Cara mengatasi kolesterol dengan mengonsumsi kedelai juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Pasalnya, kedelai juga mengandung serat dan omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung, meskipun kandungan omega-3 dalam kedelai tidak sebanyak yang terdapat pada ikan salmon dan tuna.

BUAH APEL


Serat apel dalam buah apel mampu mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh kita. Jika sedang sibuk bekerja, cukup dengan mengkonsumsi buah apel. Sangat mudah dan murah ketika kita memilih buah ini untuk menjaga kesehatan jantung. Karena kolesterol menurun maka kita akan terhindar dari serangan jantung yang mematikan. Buah apel adalah solusi terbaik dibandingkan ketika kita memilih obat-obatan medis untuk mencegah kolesterol berlebih. Apel kaya serat dan mudah didapatkan, inilah solusi terbaik untuk menurunkan kolesterol jahat.

BUAH MENGKUDU

Buah mengkudu atau buah noni bersifat menghilangkan lemak pada darah dan membatasi tubuh menyerap lemak berlebihan. Selain sebagai obat penurun kolesterol alami, buah mengkudu juga bisa digunakan sebagai obat penyakit kuning, peradangan hati, radang ginjal dan radang limpa, membantu membuang cairan empedu, dan menyembuhkan radang saluran kencing.

Ada banyak tanaman berkhasiat lainnya, cobalah untuk mengkonsumsi sayuran dan buah yang sehat seperti uraian diatas, niscaya dengan mempraktekkan hidup sehat, kondisi tubuh kita akan selalu terjaga dan stabil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
Salam Sehat!