Pemanfaatan botol plastik bekas di pertanian

Jika kita berjalan, kita bisa mengamati lingkungan sekitar. Terkadang ada banyak barang bekas dimana-mana dan bukan pada tempatnya. Ini bukan masalah sepele tetapi hal ini dapat mengganggu keseimbangan alam kita dan tentunya tidak enak untuk dipandang.

Salah satu contoh adalah botol bekas minuman yang sudah tidak terpakai, sebenarnya tidak hanya dibuang percuma, limbah ini dapat dimanfaatkan kembali. Waktu saya sekolah dulu di SMK SPPN Samarinda, saya banyak belajar untuk memanfaatkan barang bekas seperti botol plastik sebagai barang yang berguna khususnya dibidang pertanian. Botol bekas ini dapat disulap menjadi suatu barang yang bagus dan bahkan memiliki nilai jual tersendiri.

Perlu kita ketahui bahwa sampah botol plastik bisa menjadi masalah jika dibuang sembarangan atau tidak pada tempatnya. Maka, oleh sebab itu saya mau berbagi informasi bahwa Sampah botol plastik ini bisa dimanfaatkan sebagai pot tanaman yang cantik dan unik. Ada banyak cara pemanfaatan sampah botol plastik ini. Guru pembimbing saya memberitahu saya tentang ide-ide pemanfaatan botol plastik bekas sebagai alat yang dapat membantu dalam bidang pertanian.

Contoh nya adalah Pot yang dibuat dari botol plastik bekas bisa dimanfaatkan untuk pembibitan sampai tanaman yang sudah produksi. Bahkan ada yang memanfaatkan sebagai tempat untuk menanam sayuran organik.

Pot dari plastik botol bekas juga bisa dimanfaatkan untuk urban farming di dalam rumah, di teras rumah yang sempit atau bahkan hanya di jendela rumah yang sempit. Dengan barang bekas ini kita bisa menyulap halaman rumah kita menjadi cantik dengan tanaman tanpa harus membeli pot yang mahal.
Gambar 1.
Gambar 2.
Gambar 3.
Gambar 4.
Gambar 5.
Gambar 6.
Gambar 7.

Ada banyak kreativitas dalam membuat barang bekas menjadi suatu barang yang berguna apalagi memiliki nilai jual. Sebagai berikut adalah uraian proses pembuatan dari salah satu pemanfaatan limbah botol plastik.

Alat penyiraman
Kita biasanya menggunakan alat semprot atau biasa di sebut gembor. Ada juga yang menggunakan ember atau gayung tetapi hal ini tidak efesien. Bagi kalian yang mau berinovasi sendiri dapat menggunakan barang bekas seperti terlihat gambar dibawah ini.
Proses pembuatan.
Hasil gambar.

Pot Mini untuk tanaman.
Sekarang ini harga pot tanaman bisa jadi relatif mahal yaa?? Tapi jangan khawatir bagi kalian nih yang hobi nya bertanam bisa juga menggunakan barang bekas berupa botol plastik seperti terlihat gambar dibawah ini.
Cara pembuatan.
Hasil gambar.

Bagaimana guys?? Ternyata dengan hal sepele ini kita ikut berperan dalam menjaga kebersihan dan keseimbangan alam dengan berupaya memanfaatkan barang bekas sebagai suatu barang yang berguna seperti botol plastik. Tidak perlu biaya, kita dapat menghasilkan barang yang bagus dan layak.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat!
Salam sukses!