Cara mengatasi kebosanan

Setiap orang pasti pernah merasa kondisi yang namanya bosan karena berbagai alasan. Ada yang bosan karena terlalu lama menunggu suatu hal, kemudian ada juga yang bosan karena rutinitas sehari-hari yang padat dan terus berulang-ulang hingga tidak mempunyai waktu untuk istirahat, Yang lainnya, bosan karena hal sebaliknya tidak tahu apa yang harus dikerjakan, biasanya hal ini terjadi pada anak sekolah yang sedang menjalani masa liburan atau orang-orang yang tak kunjung mendapatkan pekerjaan yang sesuai.



Ada banyak kondisi lainnya yang memungkinkan kita bosan. Bosan sebenarnya wajar dan sering kita alami, tapi kalau tidak segera diatasi atau terus terjadi berulang-ulang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita dan lebih parah lagi mungkin kita bisa jadi stress. Yang perlu kita lakukan adalah segera cari suatu hal yang dapat menghilangkan rasa bosan kita atau mengerjakan sesuatu sehingga tidak terasa waktu terus berjalan. Sebagai berikut adalah beberapa hal yang talita lakukan kalau lagi bosan, kalian bisa jadikan sebagai referensi saja.

Beberapa hal yang dapat dilakukan ketika bosan ;

Lakukan kegiatan yang kamu sukai. Setiap orang pasti punya kegiatan yang mereka sukai atau dengan kata lain hoby. Hoby apa yang kamu sukai? Lakukan itu ketika kamu sedang bosan. Sebagai contoh, membaca buku, menulis, mendengar musik, menonton film atau mungkin serial drama favorit kamu juga bisa. Kalau talita cenderung lebih suka nulis, corat-coret buku padahal tidak terlalu penting seperti buku diary. Jangan salah, dengan menulis perasaan kamu pada selembar kertas dapat mengurangi beban yang ada dalam diri kita seolah-olah kita menceritakan hal itu kepada orang lain terlebih lagi kita jadi punya kesibukan tersendiri untuk menghilangkan rasa bosan yang ada dalam diri kita.

Mencari suatu hal yang baru. Mengerjakan hal yang sama selama bertahun-tahun akan membuatmu kehilangan gairah. Kecuali jika itu benar-benar passion-mu. Setiap hari kamu akan mengawali harimu dengan kalimat ''Oh, ini, nggak ada lagi kejutan. Nggak ada yang istimewa". Kamu juga nggak akan berkembang, karena hanya menghadapi persoalan yang sama. Carilah hal yang baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya supaya kamu tidak bosan dengan rutinitas mu yang itu-itu saja.


Rekreasi atau liburan. Memang suatu hal yang membosankan apabila kita hanya berdiam diri dirumah dan tidak mengerjakan apa-apa. Rekreasi atau liburan adalah suatu hal tepat yang bisa dilakukan seperti berjalan-jalan. Atau mungkin kalau kamu adalah orang yang terlalu bekerja keras, dan kurang waktu untuk menyenangkan diri sendiri, kamu akan berada dalam kondisi yang tegang. Lalu, semua akan terlihat begitu menyebalkan bagimu walau sebenarnya itu lucu bagi orang lain. Kamu bukannya emosional, kamu hanya lelah dan perlu menyenangkan diri. Rekreasi tidak harus ke tempat yang jauh atau tempat yang bagus dan menarik bisa juga hanya dengan berjalan di lingkungan sekitar rumah, Menyapa para tetangga.. hehe yaa menjalin silatuahmi antar tetangga lah yaa...


Berkomunikasi dengan orang lain. Mengobrol atau berbincang-bincang dengan orang lain juga dapat menghilangkan kejenuhan kita. Bersama orang tua, kakak atau adik, dan juga sahabat kita. Bisa juga dengan menelepon atau sekedar mengirim pesan singkat atau chatting. Manfaat lain adalah kita jadi bisa terbuka dengan orang lain dan mungkin kita bisa mendapat bantuan yang kita butuhkan dari orang lain. Semangat dari orang lain bisa berdampak besar bagi kita secara pribadi lohh..


Membantu orang lain. Dengan membantu orang lain merupakan salah satu sikap terpuji yahh.. Walaupun tujuan kita adalah menghilangkan rasa bosan, tapi ada manfaat lain juga yang dapat kita peroleh, hal ini memperlihatkan kalau kita peduli terhadap orag lain dan tentunya kita dikenal sebagai orang yang baik. Cobalah berinteraksi dengan orang lain. Lihatlah sekitarmu. Memberikan sedikit perhatian dan bantuan pada orang yang membutuhkan akan mengembalikan semangatmu.


Istirahat yang cukup. Saat kita merasa begitu bosan dengan segala hal, mungkin kita hanya terlalu lelah dan perlu istirahat sebentar. Terkadang suatu hal yang terlalu memforsir tubuh kita bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Maka istirahat adalah cara yang terbaik. Dengan beristirahat, ini bagaikan kita merefresh kembali tubuh kita sehingga dapat mengurangi penat dan kebosanan.



Ada banyak hal yang dapat kita lakukan, kembali ke diri kita masing-masing saja.Jika kamu bosan, jangan biarkan larut dalan kebosanan. Atasi hal tersebut dengan cari tahu penyebabnya dan coba lakukan sesuatu. Minta bantuan orang lain jika membutuhkan. Seringlah bersosialisasi dengan orang lain dan lakukan apa yang kamu sukai. Ingat jangan bertahan pada apa yang membuat mu tidak nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat yahh... terima kasih!
Salam sukses!