Cara mengatasi sariawan dan menjaga kesehatan mulut

Mulut adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk kita dapat melakukan berbagai aktivitas seperti makan, berbicara dan lain sebagainya. Mengingat pentingnya hal itu adalah suatu keharusan menjaga kesehatan mulut agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang kerap sekali mengganggu kesehatan mulut adalah sariawan. kalian pastinya tidak asing lagi dengan penyakit tersebut?? Penyakit mulut ini sudah menjadi umun di masyarakat, namun ternyata sangat mengganggu aktivitas kita.

Sekilas tentang penyakit ini, Sariawan merupakan luka di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Luka tersebut bisa berbentuk oval atau bulat, dan berwarna putih atau kuning dengan tepiannya yang berwarna merah akibat peradangan. Lokasi sariawan dapat terjadi di bagian dalam pipi atau bibir, serta di permukaan gusi dan lidah. Sariawan yang tumbuh dapat berjumlah satu atau lebih.

Sariawan dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu diantara nya adalah karena tubuh kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, vitamin C, dan zat besi. Penyebab lainnya adalah secara tidak sengaja mulut tergigit. Sebagai contoh ketika kita makan sambil berbicara sehingga ada mulut atau lidah yang tergigit. Hal lain lagi adalah karena terlalu banyak menyantap makanan pedas seperti sambal, keripik pedas, gorengan, sayur pedas dan masih banyak lagi makanan pedas lainnya. Penggunaan pasta gigi dan obat kumur yang tidak cocok dengan mulut bisa juga menjadi penyebabnya. Kebersihan mulut pun sangat penting, Kurangnya menjaga kebersihan mulut dan gigi terutama setelah selesai makan dapat berdampak negatif.


Adapun cara mengatasi sariawan pada mulut adalah sebagai berikut:

  • Berkumurlah dengan menggunakan larutan garam sebanyak ½ sdt garam dalam segelas air selama 3-4 kali sehari. Atau dengan larutan baking soda sebanyak 1 sdt baking soda dalam ½ cangkir air yang relatif hangat.
  • Rajin sikat gigi dan usahakan untuk menggunakan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri.
  • Oleskan sedikit magnesium hidroksida cair ke sariawan beberapa kali sehari.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan iritasi dan sakit lebih lanjut seperti halnya makanan pedas atau asam. Hindari pula makanan asin, kopi, cokelat, kacang-kacangan, keripik kentang atau biskuit yang dapat mengikis mulut, minuman bersoda atau beralkohol, rokok, atau makanan/minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin.
  • Letakkan bongkahan kecil es batu di sariawan hingga meleleh.
  • Sikat gigi Anda dengan cara perlahan-lahan, pastikan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi yang baik bebas deterjen.
  • Minum banyak air putih juga bisa menjadi obat sariawan alami.
  • Konsumi makanan lunak yang mudah ditelan dengan cara dipotong kecil-kecil, digiling, atau dihaluskan.
  • Berkumur dengan mouthwash atau obat kumur lainnya yang tidak mengandung alkohol.
  • Jangan menyentuh sariawan karena dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi menyebar.
  • Jika mulut benar-benar terasa sakit, gunakan sedotan jika ingin minum.
  • Konsumsi makanan, sayuran, dan buah-buahan yang tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin B, dan zat besi.

Yang terpenting dari semua ini adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Dengan melakukan hal demikian akan mengurangi resiko penyakit yang timbul. Semoga artikel ini bermanfaat!
Salam sukses!