Cara membuat nasi kuning dengan mudah dan sederhana

Kuliner kali ini akan membahas seputar makanan khas indonesia yaitu nasi kuning. Makanan ini pastinya tidak asing dong ditelinga kita dan pastinya sudah sering sekali kita jumpai. Bahkan banyak orang mengkreasikan makanan ini dengan makanan lainnya. Ada yang tau nasi tumpeng?? ya, bahan dasarnya kerap sekali menggunakan nasi kuning. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng.

Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia. Nasi kuning adalah makanan khas asli dari negara Indonesia. Makanan ini terbuat dari bahan dasar yaitu beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah kemudian ditambahkannya bumbu-bumbu. Nasi kuning ini memiliki cita rasa yang lebih gurih daripada nasi putih.

Dalam tradisi Indonesia ternyata nasi kuning memiliki arti tersendiri nih yaitu warna kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Bahkan dalam tradisi di Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Wah menarik yaaa...

Uraian diatas adalah untuk menambah pengetahuan kita tentang salah satu kuliner indonesia yaitu nasi kuning. Sekarang, talita mau kasih tau caranya buat nasi kuning yang sederhana dan cukup mudah membuatnya. Bagi kalian yang lagi ingin buat makanan ini sendiri dirumah dapat menyimak uraian singkat dibawah ini.


Cara membuat nasi kuning sederhana

Bahan yang perlu disiapkan :

  • 1 kg Beras 
  • ± 2 gelas ( 400 ml )Santan kelapa  
  •  ± 5 cm Kunyit ( seruas jari )
  • 2 batang Serai  
  • 4 lembar daun salam  

Cara membuat nasi kuning :

  1. Pertama-tama hal perlu kita lakukan adalah memilih beras dengan kualitas bagus yang kemudian dicuci hingga bersih dan tiriskan.
  2. Kemudian buatlah santan dengan kekentalan sedang saja, jangan terlalu kental juga jangan ke enceran. Paling tidak sediakan sekitar 2 gelas santan kelapa. 
  3. Selanjutnya, Parut kunyit dan peras diatas santan kelapa.
  4. Lalu Cuci serai dan potong bagian ujungnya. Kemudian Cuci juga 4 lembar daun salam.
  5. Siapkan panci ukuran sedang atau secukupnya lalu masukkan beras, santan kelapa dengan kunyit tadi, dan juga serai.
  6. Masaklah dengan api kompor sedang dengan diaduk aduk supaya matangnya merata.
  7. Setelah air santan habis, aduk aduk sebentar dan angkat.
  8. Kemudian siapkan langseng beserta air secukupnya.
  9. Setelah airnya mendidih masukkan nasi kuning aron tadi.
  10. Tunggu hingga matang sekitar 30 menit dan angkat.
  11. Nasi kuning siap untuk disajikan dan di tambah bahan pelengkap lainnya.

Semoga Uraian diatas dapat bermanfaat yah buat kita semua. Selamat mencoba!
Salam sukses!