Tempat Wisata Terkenal di Kalimantan Timur_Patut untuk dikunjungi

Tempat Wisata Terkenal Di Kalimantan Timur Yang patut di kunjungi.
Ternyata Kaltim menyimpan banyak sekali tempat-tempat yang bagus lohh untuk dijadikan tempat wisata dan tempat berlibur.  Sebagai berikut adalah beberapa Tempat Wisata di kaltim yang patut untuk dikunjungi apalagi kalian nii yang tinggal di Kaltim pasti gak asing dengan tempat-tempat wisata di bawah ini..

Islamic Center Samarinda
Salah satu tempat yang ingin dikunjungi di Kota Samarinda adalah Masjid Islamic Center Samarinda yang terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak. Bangunan masjid ini memiliki sebanyak 7 menara di mana menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99. Menara utama itu terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter. Sementara itu, anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama masjid jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. Jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih. Selain menara utama, bangunan ini juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. Masing-masing 4 di setiap sudut masjid setinggi 70 meter dan 2 menara di bagian pintu gerbang setinggi 57 meter. Enam menara ini juga bermakna sebagai 6 rukun. Setelah melepas alas kaki di batas suci, terdapat gerbang besar berwarna coklat tanah. Setelah Memasuki komplek ICS. terdapat area terbuka, termasuk area parkir dan taman yang luas, serta bangunan masjid yang berdiri megah dibalut seni arsitektur sangat menawan. Sekeliling bangunan masjid dibalut arsitektur beragam gaya yang kental dengan nuansa khas negeri-negeri di Timur Tengah. Warna cat yang melapisi dinding masjid, seperti banyak sekali terlihat di masjid-masjid klasik Timur Tengah yang rata-rata berwarna cokelat tanah. Sementara pohon-pohon kurma yang ditanam di halaman masjid, membuat atmosfer timur tengah kian kental. menara utama dilengkapi lift berkapasitas 10 orang dewasa. Di lantai paling atas menara, dinding ruangnya dilapisi kaca. Namun, udara di ruangan ini tetap sejuk karena dilengkapi dengan AC. Dari tempat tertinggi inilah kita bisa memandang indahnya kota Samarinda. Menyaksikan kapal-kapal tongkang yang berlayar membawa muatan, serta kelak-kelok sungai Mahakam yang menawan.

Kawasan Wisata Bukit Bangkirai
Bukit Bangkirai merupakan wisata hutan hujan tropis yang masih alami, berada di Jalan Raya Soekarno-Hatta Km. 38, Kecataman Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara, Balikpapan, Kalimantan Timur yang dikelola oleh PT. Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI). Kawasan ini berjarak 20 km dari ibukota Kecamatan Samboja, 58 km dari kota Balikpapan dan 150 km dari kota Tenggarong atau Samarinda. kita dapat menikmati pemandangan dan sejuknya hutan hujan tropis yang masih alami dengan kicauan burung dan suara hewan penghuni hutan ini. Kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan kebun buah seluas 4 hektar. Bukit Bangkirai mempunyai 45 jenis anggrek, salah satunya anggrek hitam yang menjadi maskot Kalimantan Timur. Selain itu pohon bangkirai merupakan tumbuhan yang mendominasi kawasan hutan ini dengan umur rata-rata lebih dari 150 tahun, tinggi 40-50 meter dan diameter 2,3 meter. Itulah sebabnya kawasan ini dinamakan Bukit Bangkirai.
Wisata ini menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami, yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana wisata seperti restoran, lamin untuk pertemuan, kolam renang, serta cottage maupun jungle cabin. Di kawasan ini terdapat canopy bridge (jembatan tajuk) sepanjang 64 m yang digantung menghubungkan 5 pohon Bangkirai di ketinggian 30 m. ika ingin berpergian ke Canopy bridge ini anda akan melalui jalan setapak dengan memasuki hutan lebat dimana terdapat pohon-pohon rindang.

Pantai Lamaru
Pantai Lamaru merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Manggar Segara Sari. Pantai ini menghadap ke arah Laut Sulawesi dan memiliki pasir putih. Air lautnya biru dan jernih. Pohon-pohon rindang turut berjajar di pinggiran pantainya. Ombaknya juga cukup bersahabat sehingga memungkinkan pengunjung untuk bermain, berenang ataupun berolahraga air lainnya. Namun pada bulan-bulan tertentu bisa terjadi ombak yang besar sehingga tidak aman bagi pengunjung. Pantai Lamaru berjarak sekitar 24 km ke arah timur dari pusat kota Balikpapan dan dapat dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan darat. Pantai ini dikelola oleh Hotel Grand Senyiur. Pantai ini memiliki tiga ikon seperti hollywood, satu di depan dekat pintu masuk, satu di tengah, satu lagi di ujung utara. Di sini terdapat banyak pohon cemara. Aktivitas yang dilakukan cukup banyak. Selain berenang, bisa naik banana boat, mengendarai golf cart, naik bendi, sepeda air, ataupun cukup mengadakan gathering.

Pulau Kumala
Pulau Kumala merupakan daerah delta di Sungai Mahakam yang memanjang di sebelah Barat Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Dimulai pada tahun 2000, Pulau Kumala dibangun menjadi kawasan wisata. Sebagai taman rekreasi, Pulau Kumala memiliki sekitar 10 (sepuluh ) wahana permainan yang bisa Anda nikmati seperti jet coaster, bombom car, gokart, komedi putar, kereta gantung, dan kereta api mini untuk menglilingi pulau dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga dapat menikmati Kota Tenggarong dari ketinggian dengan menaiki Planetarium (Sky Tower). Tinggi Sky Tower ini mencapai 75 meter. Objek Wisata Pulau Kumala juga memiliki sebuah akuarium raksasa yang dipergunakan khusus untuk menampung ikan pesut.

Hutan Mangrove
Wisata hutan mangrove terletak di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Untuk melihat hutan mangrove ini, pengunjung bisa melewati melalui Jalan Pariwisata dan tak jauh dari Pantai Tanjung Jumlai. Hutan Mangrove memiliki fungsi untuk menjaga wilayah tepi pantai dari gelombang besar dan mencegah terjadinya Abrasi. pengunjung dapat menikmati keindahan hutan mangrove yang masih alami, dan berbagai biota alam yang ada. Seperti kerah ekor hitam, bekantan, berbagai jenis burung liar, jenis kepiting laut dan sebagainya. di lokasi wisata tersebut juga telah terbangun bentangan jembatan yang melintasi hutan magrove sepanjang 400 meter. Selain itu di lokasi yang sama juga telah terbangun masing-masing dua unit Gazebo dan dua unit Tower sebagai fasilitas wisata disana.

Pulau Maratua
Maratua memang dekat dengan Derawan, cukup satu jam bila menggunakan speed boat. letak Maratua berada di pulau terluar Indonesia dan berada di perairan Sulawesi. Maratua bagaikan "surga" bagi para penyelam yang mengagumi dunia lain di bawah laut. Senja di Maratua terasa indah. Suasana hening dan deburan ombak yang mulai meyapu seiring air laut yang pasang menawarkan sensasi yang berbeda. Ikan-ikan laut dari beberapa jenis langsung bisa terlihat bermain di bawah dermaga. Mulai dari lion fish sampai pari putih. Uniknya penyu pun suka menampakkan diri di waktu pagi atau menjelang sore hari bermain di permukaan air dangkal.

Pulau Kakaban
Pulau Kakaban mempunyai luas 774,2 hektar dan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini memiliki danau yang masih alami dengan air yang jernih.  untuk menuju kesana kita akan melalui jalan dengan menyusuri hutan dan pohon yang hijau. danaunya tidak telalu besar, namun didalamnya terdapat ubur ubur cantik yang tidak beracun. sungguh keindahan alam yang luar biasa indahnya. di pinggir danau disediakan dermaga bagi yang ingin berenang bersama ubur2 yang jinak dan tidak menyengat. sebaiknya kesini pada pagi hari disaat belum banyak pengunjung sehingga air masih jernih.

Pulau Derawan
Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Kepulauan Derawan ini sedang dipromosikan oleh Kabupaten Berau dan Provinsi Kalimantan Timur, sebagai salah satu wisata andalan. Wisatawan lokal dan Mancanegara, makin berwisata disana, pilihan selain untuk menyelam, melihat proses bertelur penyu, juga menikmati pantai yang bersih dan indah. Sepanjang pantai bersih dan tidak ada sampah. Atraksi utama di Kepulaun Derawan tentu saja yang berkaitan dengan wisata air dan bawah laut. Aktifitas yang biasa dilakukan adalah berjemur di pantai, berenang, snorkeling, diving, serta melihat penyu.

Pulau Beras Basah
Pulau Beras Basah terletak di Kota Bontang,  Bumi Etam, Kalimantan Timur. Dengan menyewa kapal nelayan, untuk menikmati pesona bahari yang ditawarkan pulau yang memiliki pantai pasir putih itu.
Kapal bertolak dari sebuah dermaga kayu di kawasan Bontang Kuala, Bontang. air laut yang sangat jernih dari atas kapal dapat juga dapat melihat hijau nya tumbuhan laut di dasar nya. Bahkan sesekali ikan kecil terlihat samar-samar di bawah sana. Sementara, pulau-pulau tak berpenghuni juga ramai terlihat. Pulau-pulau kecil itu hanya dipenuhi pohon bakau yang rimbun. juga ditemukan beberapa perkampungan di atas air laut. Sekumpulan rumah itu sama sekali tak terhubung dengan daratan. dan sebuah mercusuar menjulang tinggi seakan-akan menyambut kedatangan para pengunjung.

Batu Dinding
Lokasi tepatnya Batu Dinding yaitu berada di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta Km 45 yang merupakan jalan provinsi. Untuk menuju ke puncaknya kita harus menempuh jarak kurang-lebih 8 kilometer dari jalan raya. Di sisi kiri dan kanan area wisata ini kita akan menemui batu-batu terjal seperti dinding. Itulah sebabnya orang-orang menyebut Batu Dinding ini seperti tembok China.  Denga menyusuri jalan setapak, kita dapat merasakan kesejukan serta keindahan pemandangan dari perkebunan buah naga, jeruk sunkist dan karet.

Labuhan Cermin
Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur. Begitu perahu meninggalkan jembatan titik pemberangkatan perahu langsung berhadapan dengan arus deras dari dalam karena bertepatan dengan air yang mulai surut. Setelah lewat di bawah jembatan besi kita akan memasuki sebuah laguna yang tidak telalu dalam, hingga dasarnya terlihat dengan jelas. Danau ini terkenal karena kejernihan air nya yang sangat bening. Bahkan ketika terdapat objek diatas danau tersebut nampak seperti diatas kaca, dan ranting ranting yang terdapat di dasar danau dapat terlihat sangat jelas sekali.Dengan air yang begitu jernih, wisatawan dapat melihat penyu dan satwa air danau lain nya yang muncul ke permukaan. Satwa satwa tersebut dapat terlihat dengan sangat jelas.

Tepian Sungai Mahakam
Tepian sungai mahakam pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Pinggiran Sungai Mahakam ini dapat digunakan sebagai salah satu tempat wisata untuk bersantai sambil menikmati angin yang berhembus dan pemandangan sungai mahakam yang begitu luas. Tepian sungai mahakam akan tampak indah dan menawan bila tanpa pencemaran yang berarti. Lebih baik untuk mengunjunginya pada sore hari atau malam hari. Sehingga traveler pun bisa dengan nyaman menikmati akhir pekannya. Taman-taman disekitar pun dapat menjadi tempat beristirahat yang nyaman bagi para pengunjung.

Yappp, Uraian diatas adalah beberapa info tentang tempat wisata mana aja sih yang dapat dikunjungi di Kalimantan timur, Itu baru beberapa lohh, sebenarnya ada banyak sekali tempat-tempat indah lainnya. Ayo kita jaga keajaiban alam yang Tuhan telah berikan, Semoga artikel ini bermanfaat terima kasih!