Cara Mengatasi Keseleo


Siapa yang pernah keseleo nih?? Pasti kebanyakan dari kita pernah mengalami yang namanya Keseleo, baik yang ringan maupun yang sudah parah. Nah, sebelumnya mari kita liat apasih keseleo itu? Apa saja penyebabnya? Dan bagaimana cara mengobatinya?? Yuk simak.
Pengertian keseleo
Keseleo (terkilir) atau sprain adalah cedera yang terjadi pada ligamen. Ligamen adalah jaringan ikat yang menghubungkan antar tulang dan menyokong sendi sedangkan bilamana kerusakan terjadi pada otot atau tendonnya, maka disebut strain atau cedera regang. Tendon adalah jaringan ikat yang menghubungkan tulang dan otot. Dengan aktivitas sehari-hari, otot dan tendon menggunakan kontraksi ringan untuk melawan peregangan yang berlebihan. Namun gerakan mendadak dengan intensitas kuat dapat memberikan tekanan terlalu kuat pada jaringan, membuat serat meregang melebihi kapasitasnya dan robek. Perdarahan dari pembuluh darah akibat perobekan inilah yang menyebabkan adanya bengkak.
Penyebab keseleo
Untuk dapat mengobati keseleo dengan benar, maka kita harus tahu terlebih dahulu apa sebenarnya yang terjadi saat seseorang mengalami keseleo atau terkilir. Terkilir atau keseleo biasanya terjadi ketika seseorang jatuh, sendi terpelintir, atau terpukul dengan tekanan yang memaksanya bergerak dari posisi normal. Terkelir yang paling sering terjadi adalah keseleo pergelangan kaki, diikuti oleh keseleo pergelangan tangan dan ibu jari.
Cara mengobati
Kebanyakan orang mengobati keseleo dengan diurut atau dipijat yaa, tapi hal ini sebenarnya tidak disarankan oleh dokter lohh. Malah hal yang ditakutkan adalah memperparah keadaan, jadi perlu berhati-hati dalam bertindak. Cara yang lebih baik adalah dengan Istirahatkan daerah yang terkilir atau keseleo. Jangan menggerak-gerakkan atau menekan-nekan sendi keseleo apalagi memaksanya untuk berjalan atau memberinya beban. Tempelkan (kompres) Es selama 15 menit setiap jam pada sendi yang terkilir. Jangan pernah menaruh es langsung pada kulit atau dapat merusak kulit. Oleh karena itu gunakan kain tipis untuk melapisinya. Kompres es ini akan mengurangi rasa sakit dan memar. Beri pelindung atau membungkus sendi dengan perban elastis pada sekitar sendi atau pergelangan. Hal ini berfungsi untuk meminimalkan peradangan, menyangga daerah tersebut, dan memberikan rasa nyaman.

Gimana sobat?? Cara yang lebih baik untuk memcegah terjadinya keseleo ini adalah dengan berhati-hati saat akan melakukan aktivitas. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pastikan untuk lebih berhati-hati yahh..