Planet bumi, planet yang menakjubkan

Ada yang tau gak?? ternyata planet bumi kita sangat memukau dan menakjubkan lohh! Ada permata yang indah dan unik di luar angkasa. Para astronot melaporkan bahwa, dilihat dari ruang angkasa, langit biru dan awan putihnya menjadikan bumi "objek paling memikat yang pernah mereka lihat".
Namun, bumi tidak sekedar indah. "Bumi adalah teki-teki ilmiah terbesar dibidang "kosmologi" yang sangat sulit dimengerti", Baru sekarang kita memahami betapa unik dan menakjubkannya bumi ini, objek paling cantik yang mengelilingi matahari, terbungkus dalam gelembung atmosfer yang biru, menghasilkan dan menghirup oksigennya sendiri, memanfaatkan nitrogen dari udara untuk tanahnya, menghasilkan sendiri cuacanya.

Fakta yang menarik lainnya dari semua planet di tata surya kita, hanya dibumi para ilmuan dapat menemukan kehidupan. Dan, alangkah mengagumkannya keanekaragaman makhluk hidup yang ada disana-organisme mikroskopis, serangga, tumbuhan, ikan, burung, binatang, dan manusia. Lagipula, bumi adalah gudang harta yang sangat besar yang berisi segala yang dibutuhkan untuk menunjang semua jenis kehidupan itu.
Di semua planet lain yang telah diselidiki oleh para ilmuwan tidak ada kehidupan. Tetapi bumi penuh dengan kehidupan, yang ditunjang oleh berbagai sistemnya yang amat kompleks untuk menyediakan penerangan, udara, panas, air dan makanan; semuanya sangat seimbang.

JARAK YANG TEPAT DARI MATAHARI
Ada banyak kondisi yang tepat dan vital bagi kehidupan dibumi, diantaranya adalah jumlah cahaya serta panas yang diterima dari matahari. Bumi hanya memperoleh sebagian kecil dari energi matahari. Namun itulah jumlah yang tepat yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan. Hal ini disebabkan oleh jarak yang tepat dari matahari, rata-rata 150.000.000 kilometer. Jika bumi lebih dekat atau lebih jauh dari matahari, temperaturnya akan menjadi terlalu panas atau terlalu dingin bagi kehidupan.

ATMOSFER YANG MENAKJUBKAN
Yang juga unik adalah atmosfer yang membungkus bumi kita. Tidak ada planet lain yang memilikinya. Bulan pun tidak. Itulah sebabnya para astronot memerlukan baju ruang angkasa untuk bertahan hidup disana. Tetapi, baju ruang angkasa tidak kita perlukan dibumi karena atmosfer kita mengandung gas-gas yang mutlak penting bagi kehidupan dengan perbandingan yang tepat. Sebagian gas-gas tersebut bisa mematikan jika terpisah. Tetapi, karena gas-gas ini ada dalam udara dengan perbandingan yang aman, kita dapat menghirupnya tanpa bahaya.

Atmosfer tidak hanya sebagai penunjang kehidupan, tetapi berfungsi juga sebagai lapisan pelindung. Kira-kira 24 kilometer diatas permukaan tanah, ada lapisan tipis gas ozon yang memantulkan radiasi matahari yang berbahaya. Tanpa lapisan ozon ini, radiasi tersebut dapat membunuh kehidupan dibumi. Selain itu atmosfer melindungi bumi dari hujan meteor. Kebanyakan meteor tidak sampai ketanah karena terbakar sewaktu turun memasuki atmosfer, yang tampak seperti bintang jatuh. Kalau tidak, jutaan meteor akan menghantam semua bagian bumi, dan mengakibatkan kerusakan besar atas kehidupan dan harta benda. Tidak hanya itu atmosfer juga menjaga bumi tetap hangat di tengah-tengah dinginnya ruang angkasa.

Ada keunikan lainnya yang dimiliki planet bumi seperti air merupakan zat luar biasa, kemudian tanah yang produktif yang dapat menumbuhkan berbagai macam tumbuhan dan tanaman yang menghasilkan buah dan sayuran.

Suatu hal yang menakjubkan bukan??? kita dapat mengetahui hal ini. Sungguh hebat ciptaan Tuhan, semua dirancang untuk menunjang kehidupan kita. Tidak perlu diragukan lagi, kita harus senantiasa berterima kasih sebagai makhluk hidup yang dapat menikmati ini semuaa. terima kasih, sekian dari saya semoga bermanfaat!