Waspada dampak penyakit sehabis hari raya

Haduhhh.. pasti gak nyaman banget dehh, kalok kesehatan kita lagi terganggu, pasti aktivitas yang kita suka gak bisa dilakuin. Apalagi pas hari raya ni, ada banyak sekali jenis makanan dan minuman yang kita temui dari makanan ringan sampai makanan berat semuanya ada dan tersedia. Gak heran kita sebagai manusia pasti ada keinginan kalok bisa dan mampu akan menghabiskan semua makanan ituu, haha rakus kalii, kayaknya itu hanya aku aja dehh.. wkwkw tapii tidak masalah kita punya keinginan seperti itu. Hanya saja kita harus menjaga kesehatan kita guys, Ada beberapa penyakit yang umumya diderita sehabis hari raya seperti lebaran. yuk perhatikan..

Diare
Lebaran bukan berarti kondisi lingkungan akan 100 persen bersih dan bebas dari serangga seperti lalat. Kondisi ini tidak dapat diatasi dengan benar maka akan sangat mempengaruhi kesehatan, terutama yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Salah satu efek yang mungkin dialami akibat permasalahan ini adalah munculnya penyakit diare. Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Pada umumnya, diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Penyebab diare pada orang dewasa dan anak-anak umumnya adalah infeksi usus. Infeksi usus bisa terjadi ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang kotor dan terkontaminasi. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit ini adalah sebagai berikut :
  • Mencuci tangan sebelum makan.
  • Menjauhi makanan yang kebersihannya diragukan dan tidak minum air keran.
  • Memisahkan makanan yang mentah dari yang matang.
  • Utamakan bahan makanan yang segar.
  • Menyimpan makanan di kulkas dan tidak membiarkan makanan tertinggal di bawah paparan sinar matahari atau suhu ruangan.
Maag
Sakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Kondisi maag ini biasanya kambuh setelah pada hari raya Lebaran. Biasanya orang-orang tidak bisa menahan keinginannya untuk makan makanan yang jumlahnya berlimpah. Selain itu, banyak mengonsumsi makanan pedas juga bisa memicu kambuhnya penyakit ini.
Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, dengan cara ini :
  • Makan secara teratur dengan porsi yang secukupnya.
  • Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan
  • Jangan makan-makanan secara sembarangan
Peningkatan kadar gula darah dan kolesterol
Kondisi ini muncul setelah terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, terutama saat lebaran. Tidak bisanya mengontrol asupan makanan manis selama hari lebaran menimbulkan kadar gula darah terus-menerus tinggi dan bahkan berisiko hiperglikemia. Serupa dengan peningkatan kadar gula darah, meningkatnya kolesterol juga timbul sebagai akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak saat lebaran seperti opor ayam, sambal goreng kentang, sayur labu, dan ayam goreng.
pengobatan alami untuk gula darah tinggi yang dilakukan adalah :
  • Makan- makanan yang sehat, 
  • Mendapatkan berat badan di bawah kontrol, 
  • Berolahraga setidaknya 30 menit sehari selama lima hari atau lebih dalam seminggu.
Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi tekanan di pembuluh darah yang mengalir ke seluruh tubuh melampaui batas aman, yakni di atas 140/90 mmHg. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena jarang memiliki gejala yang jelas. Satu-satunya cara mengetahui apakah memiliki hipertensi adalah dengan mengukur tekanan darah. Makanan-makanan khas lebaran yang tinggi lemak bisa dengan mudah memicu lonjakan tekanan darah tersebut. Kontrol pola makan Anda saat lebaran, agar risiko yang lebih berbahaya seperti stroke atau serangan jantung tidak muncul. Dalam pencegahan Hipertensi, langkah tersebut bisa diterapkan dengan cara :
  • Mengonsumsi makanan sehat.
  • Mengurangi konsumsi garam dan kafein.
  • Berhenti merokok.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Menurunkan berat badan, jika diperlukan.
  • Mengurangi konsumsi minuman keras.
Radang Tenggorokan
Sakit tenggorokan biasanya merupakan gejala dari infeksi bakteri atau virus. Pada umumnya hal ini dapat dijumpai pada anak-anak dan remaja dimana kekebalan (resistensi) mereka terhadap beragam virus dan bakteri penyebab sakit tenggorokan terbatas. Makanan yang terdiri dari berbagai macam bumbu dapat memicu terjadinya radang tenggorokan. Gejala radang tenggorokan umumnya ditandai dengan rasa tertusuk pada tenggorokan dan sakit saat menelan. Tak jarang kedua gejala ini pun disertai pusing kepala yang hebat. Radang tenggorokan bisa disembuhkan secara alami dengan banyak minum air hangat, lalu istirahat yang cukup. Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas karena dapat membuat iritasi pada tenggorokan dan Hindari merokok dan berada di lingkungan yang berasap.

Sebenarnya gak hanya itu guys, masih banyak lagi penyakit yang tanpa kita sadarii bisa menyerang kita secara tiba-tiba. Tips nya hanya dengan menjaga kebersihan, mengatur pola makan teratur, dan istirahat yang cukup. Kesehatan itu segalanya guys, ada pepatah bilang lebih baik mencegah daripada mengobati. Mari jaga kesehatan!!!