Lebaran ketupat 2017 Cara buat ketupat

Pada lebaran idul fitri dan lebaran ketupat, masyarakat muslim di Indonesia hampir di semua daerah umumnya membuat ketupat. Masyarakat Jawa pada umumnya mengenal dua kali pelaksanaan Lebaran, yaitu Idul Fitri dan Lebaran ketupat. Idul Fitri dilaksanakan tepat pada tanggal 1 Syawal, sedangkan Lebaran ketupat adalah sepekan sesudahnya (8 Syawal).
Lebaran ketupat disemua daerah yang melaksanakannya, pelaksanaannya sama yaitu pada hari ketujuh setelah Hari Raya Idul Fitri. Lebaran ketupat hanya bisa dijumpai di masyarakat Indonesia dengan tujuan pelaksanaannya sama seperti tujuan berhari Raya Idul Fitri, yaitu saling mema’afkan dan bersilaturahim. Istilah saling mema’afkan ini di kalangan masyarakat Indonesia lebih terkenal dengan sebutan “Halal Bihalal”. Ketupat menjadi simbol “maaf” bagi masyarakat Jawa, yaitu ketika seseorang berkunjung ke rumah kerabatnya, mereka akan disuguhkan ketupat dan diminta untuk memakannya. Apabila ketupat tersebut dimakan, secara otomatis pintu maaf telah dibuka dan segala salah serta khilaf antar keduanya terhapus.
Ketupat adalah jenis makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa (janur) yang dibuat berbentuk kantong yang kemudian dimasak dalam waktu lama. Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara berbahan dasar beras yang dibungkus dengan selongsong terbuat dari anyaman daun kelapa (janur). Ketupat biasanya dimakan sebagai pengganti nasi atau makanan pokok di hari raya tersebut ya guys.. Setelah masak, ketupat tersebut diantarkan ke kerabat terdekat dan kepada mereka yang lebih tua, tidak hanya sebagai makanan yang layak untuk dimakan dan dinikmati ketupat ini merupakan sebagai simbol kebersamaan dan lambang kasih sayang kita kepada sesama.
Biasanya ketupat disuguhkan dengan opor ayam, rendang dan masakan-masakan khas masing-masing daerah yang mengandung santan. Ketupat sendiri telah berkembang akibat kreatifitas kuliner di beberapa daerah.  Kadang masyarakat di Indonesia lebih memilih untuk membeli langsung ketupat yang sudah jadi kepada para pedagang dikarnakan ribet, susah dan males untuk membuatnya sendiri di rumah. Tetapi sebenarnya cara membuat ketupat ini cukup mudah lohh, bahkan dapat menghemat biaya nya yang diperlukan. Gak percaya??? simak uraian dibawah ini cara membuat ketupatt.
Tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuat anyaman ketupat.
Bahan yang diperlukan untuk membuat Anyaman ketupat:
  • Daun kelapa yang masih muda yang berwarna hijau muda
  • Pisau yang Tajam
Cara Membuat Anyaman Ketupat (janur) :
  1. Pertama, potong daun kelapa yang masih muda pada pohon kelapa.
  2. Lanjutkan dengan mengambil daun kelapa yang masih muda atau sering disebut janur.
  3. Kemudian buang batang keras pada daun kelapa tersebut.
  4. Lalu ambil 1 helai janur dan lipat tiga kali pada tangan kiri anda dengan posisi bagian bawah janur menghadap ke atas.
  5. Ambil 1 helai lagi dan taruh diatas tangan kiri dengan sedikit ditekan oleh jempol, masukan secara beselingan.
  6. Ambil salah satu janur dan putar ke belakang searah janur tadi.
  7. Setelah itu, masukkan ujung janur yang sudah diputar tadi seperti menganyam kedalam janur yang di tengah.
  8. Lanjutkan anyaman tadi sampai bawah tangan anda. Lalu lakukan hal yang sama pada janur satunya.
  9. Teruskan dengan ujung pangkal janur yang berada disamping sampai bertemu diatas ujung ketupat.
  10. Terakhir tarik secara perlahan agar anyaman tidak rusak. 
Nahh, tentunya jika anyaman ketupat sudah selesai gak sampai disitu aja dong, tahap selanjutnya adalah yaa buat ketupatnya. Untuk dapat menjadi makanan yang dapat dinikmati, kita harus melalui beberapa proses. Gak ribet seperti yang kita pikir kok, cukup mudah dan dapat kita praktekan dirumah. Liat dehh uraian dibawah ini. 
Bahan yang diperlukan untuk membuat ketupat:
  • Anyaman daun kelapa (janur)
  • Beras
  • Air
  • Air kapur sirih
Cara membuat ketupat yang mudah dan simple:
  1. Rendam bungkus ketupatnya sekitar 1 jam supaya daun kelapa ( janur ) tidak mudah patah.
  2. Cuci beras hingga bersih dan tiriskan. Untuk hasil lebih baik kita dapat menambahkan air kapur sirih saat mencuci beras.
  3. Untuk 1 liter beras dapat di isi pada sekitar 10 bungkus ketupat.
  4. Isi bungkus ketupat dengan ± ¾ dari tinggi bungkus ketupat atau biasa disebut sebagai se pinggang .
  5. Rebus selama 4 hingga 5 jam. Namun jika kita menggunakan panci presto maka hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.
Yupps,, gak terlalu sulit kan.. Cita rasa buat sendiri dengan beli itu beda lohh, walaupun baru perdana buat akan lebih terasa nikmat jika dibuat dengan hasil tangan kita sendiri. Dengan begitu Hari raya akan semakin nyata dan tertanam didalam hati kita. Oke! Semoga hal ini bermanfaat yahh..