Keajaiban otak manusia

Kemampuan kita berfikir pastinya berasal dari otak kita dong guyss... Otak manusia telah dirancang sedemikian rupa sehingga kita bisa berfikir bahkan berkarya sesuatu yang luar biasa. Kesanggupan kita untuk berfikir berbeda dengan makhluk lainnya, kita diberi berkat yang luar biasa dari sang pencipta.

Dari semua hal yang menakjubkan dibumi, tidak ada yang lebih memukau daripada otak manusia. Misalnya setiap detik ada kira-kira 100 juta informasi yang masuk kedalam otak melalui berbagai indra. Tetapi, mengapa otak tidak kewalahan mendapat serbuan informasi yang bertubi-tubi ini? Bagaimana pikiran dapat menerima jutaan pesan yang datang serentak, sedangkan kita hanya dapat memikirkan sesuatu satu demi satu? yang jelas, pikiran tidak hanya bisa bertahan menghadapi arus informasi ini, tetapi dapat menanganinya dengan mudah.

Kemampuan tersebut hanyalah satu di antara banyak keajaiban otak manusia. Ada dua faktor yang tersangkut. Pertama, dibatang otak ada jaringan saraf sebesar jari kelingking anda. Jaringan ini disebut formasi retikula. Fungsinya sebagai pusat pengendali lalu lintas, yaitu memantau jutaan pesan yang masuk ke otak, menyingkirkan yang sepele dan memilih yang terpenting untuk diperhatikan oleh korteks serebrum.Setiap detik jaringan saraf yang kecil ini mengizinkan paling banyak beberapa ratus pesan saja untuk masuk ke pikiran yang sadar.

Kedua, perhatian kita sepertinya di fokuskan lebih lanjut oleh gelombang yang menyapu otak kita 8 hingga 12 kali perdetik. Gelombang ini menghasilkan periode kepekaan yang tinggi dan pada periode itu, otak memperhatikan sinyal-sinyal yang lebih kuat lalu menindaklanjutinya. Konon melalui gelombang-gelombang inilah otak melakukan pemindaian untuk berfokus pada hal-hal yang terpenting. Jadi setiap detik ada banyak sekali kesibukan yang berlangsung di kepala kita.

Otak manusia merupakan keajabain. keajaiban tersebut berawal dari dalam rahim. Tiga minggu setelah pembuahan, sel-sel otak mulai terbentuk. Perkembangannya amat pesat, adakalanya hingga 250.000 sel per menit. Setelah bayi lahir, otak terus berkembang dan membentuk suatu jaringan koneksi. Tidak seperti otak binatang, otak bayi manusia bertambah besar tiga kali lipat pada tahun pertama. Akhirnya meskipun beratnya hanya 2% dari berat tubuh kita, otak manusia bisa memuat kira-kira 100 miliar sel saraf yang disebut neuron dan juga beberapa jenis sel lain.

Tidak diketahui dengan pasti perubahan fisiologis apa saja yang terjadi dalam otak sewaktu kita belajar. Tetapi bukti berdasarkan eksperimen memperlihatkan bahwa pada waktu belajar, khusus nya semasa kita kecil, koneksi-koneksi yang lebih baik terbentuk dan lebih banyak zat kimia yang menjembatani celah-celah antarneuron, dilepaskan. Jika otak terus digunakan, koneksinya akan semakin kuat, sehingga kemampuan belajar pun meningkat. Riset memperlihatkan bahwa kekuatan mental akan berangsur hilang jika tidak digunakan. Jadi seperti otot, otak akan semakin kuat jika digunakan dan semakin lemah jika tidak digunakan.

Gunakan kemampuan berfikir kita dengan sebaik-baiknya sebagai tanda kita menghargai pemberian istimewa dari sang pencipta! ada masih banyak lagi keistimewaan lain yang kita miliki sebagai manusia, ini hanyalah sebagian kecil saja. Mari bersyukur!