Format dasar penyusunan skripsi yang mudah

Skripsii??? ini gak umum di telinga yang sudah mahasiswa dan mahasiswi yaa?? Skripsi sendiri diartikan sebagai karangan ilmiah yang diwajibkan sebagai bagian dari persyaratan pendidikan akademis. Buat sebagian mahasiswa, skripsi adalah sesuatu yang lumrah. Tetapi buat sebagian yang lain skripsi bisa jadi momok yang terus menghantui dan menjadi mimpi buruk. Biasanya setiap Fakultas atau universitas sudah menerbitkan acuan atau pedoman penulisan hasil penelitian yang baku. Mulai dari penyusunan konten, tebal halaman, jenis kertas dan sampul, hingga ukuran ataupun jenis huruf dan spasi yang digunakan. Akan tetapi, secara umum format penyusunan hasil penelitian dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut.

PENDAHULUAN
Bagian pertama ini menjelaskan tentang isu penelitian, motivasi yang melandasi penelitian tersebut dilakukan, tujuan yang diharapkan dapat tercapai melalui penelitian yang dilakukan, dan kontribusi yang akan diberikan kepadanya.
PENGKAJI TEORI DAN PENGEMBANGAN HIPOTESIS
Setelah latar belakang penelitian dipaparkan jelas di bab pertama, kemudian dilanjutkan dengan kajian teori dan pengembangan hipotesis. Pastikan bahwa bagian ini memang nyambung dengan bagian sebelumnya. Asal tahu saja, banyak mahasiwa yang gagal "Menyambungkan' latar belakang penelitiannya dengan kajian teori dan pengembangan hipotesi. Akibatnya, skripsi terasa kurang greget dan kurang jelas arahannya.
METODOLOGI PENELITIAN
Berisi penjelasan tentang data yang digunakan, pemodelan empiris yang digunakan, tipe dan rancangan sampel, bagaimana menyeleksi data dan karakter data yang digunakan, model penelitian yang diacu, dan sebagainya.
HASIL PENELITIAN
Bagian ini memaparkan hasil pengujian hipotesis, biasanya meliputi hasil pengolahan secara statistik, pengujian validitas dan reabilitas, dan diterima atau tidaknya hipotesis yang digunakan.
PENUTUP
Berisi ringkasan , simpulan, diskusi, keterbatasan, dan saran. Hasil penelitian harus didiskusikan, mengapa hasil yang diperoleh begini dan begitu. Anda juga harus menyimpulkan keberhasilan tujuan riset yang dapat dicapai, manakah hipotesis yang didukung dan ditolak, keterbatasan apa saja yang mengganggu, juga saran-saran untuk penelitian mendatang akibat dari keterbatasan  yang dijumpai pada penelitian ini.

Ini adalah format dasar penyusunan skripsi memang tidak mudah dan memerlukan persiapan, tetapi dengan berlatih dan berani mencoba kita akan terlatih untuk berkembang dan menyelesaikan tepat waktunya. terima kasih.