Definisi dan arti penting dari sebuah tulisan

Siapa yang punya hobi menuliss nihh??? sama dong, gak heran setiap manusia pasti punya hobi buat nulis kan. Mulai dari Nulis diary, cerpen, artikel, novel bahkan surat cinta nii ehhh ciyeee.. Gak perlu banyak keterampilan kok buat menulis anak SD aja bisa, gak pandang umur karena kita udah diajarin orang tua kita sejak kecil yaa??, mulai dari mengenal huruf dan angka, mengeja, sampai akhirnya dapat membuat sebuah kalimat.

Kalau kita cermati dan perhatikan ni yahh, kita sebagai manusia gak bisa lepas dengan yang namanya tulisan. Setiap detik, menit dan jam kita selalu menemui tulisan di sekitar kita. Entah itu berupa papan iklan, potongan judul di surat kabar, merek suatu produk yang tercantum, televisi bahkan di aktivitas keseharian kita seperti membaca dan mengirim SMS, BBM atau sekedar googling di internet.

Menulis sendiri memiliki definisi yaitu media untuk mengeluarkan gagasan, menyampaikan ide-ide, dan mengisahkan apa yang terpikirkan. Dengan menulis kita dapat merasakan beberapa hal yang mungkin tidak kita sadari :

  • Menulis dapat mengekspresikan siapa diri kita sebenarnya.
  • Dengan menulis kita mengasah kemampuan berfikir kita.
  • Menulis mengubah sesuatu kadangkala juga dapat mengubah kehidupan seseorang bahkan para pembaca tulisan kita.
  • Menulis memberikan kesempatan kepada kita untuk bermimpi dan bermain dengan imajinasi kita. 
  • Dengan menulis bisa menjadi wadah untuk menumpahkan segenap perasaan kita, semua perasaan yang mungkin tidak bisa kita sampaikan secara langsung.
  • Dapat menciptakan kekayaan intelektual.
  • Tetapi yang terpenting adalah menulis sangat baik bagi kesehatan kita sekalian, baik secara mental maupun psikis, karena menulis merupakan terapi yang sangat baik. 


Menulis erat sekali kaitannya dengan kerja otak. Sebagaimana tubuh membutuhkan olah raga, otak juga membutuhkan olahraga. Dan cara mengolahragakan otak adalah dengan menulis yaitu terus berfikir positif, yakni mengungkapkan  apa yang terpikirkan lewat tulisan. Dengan kebiasaan inilah otak akan terus bekerja. Terlebih  jika menulis  sebuah tulisan ilmiah, otak akan makin keras bekerjanya dalam mengumpulkan beragam referensi yang menjadi sebuah tulisan. Jika terus demikian, maka otak dapat tetap terjaga kondisinya. Kita tidak akan cepat pikun nantinya. Karena ibarat seperti pedang, makin sering diasah dan digunakan, ia akan makin baik dan tajam.

Banyak orang berfikir bahwa menulis itu adalah kegiatan yang sia-sia dan hanya membuang waktu saja. Hanya merupakan sebuah gaya hidup yang tak berseni dan kurang up to date terhadap life style terkini. Hanya cocok bagi mereka yang suka menyendiri. Tetapi itu adalah anggapan yang keliru. Justru sebaliknya, aktivitas menulis dapat membuat hidup lebih produktif dan usia lebih bermanfaat sebab tak terbuang sia-sia. Dengan menulis, wawasan kita akan semakin luas dan bertambah, serta setiap detik di kehidupan kita akan terisi dengan sesuatu yang bermanfaat bagi kita sendiri dan orang lain. Kita akan disibukkan dengan beragam informasi, fakta, wawasan, ilmu prngetahuan dan lain sebagainya.

Setelah membaca uraian diatas kita merasa yaa, bahwa akan ada manfaat yang dapat kita rasakan dengan menulis. Sekian dari guee tentang artinya menulis. karna itu bukan hal yang tidak berguna tetapi sangat bermanfaat !