Bagaimana keuangan anda tetap stabil??

Bagaimana mengendalikan pengeluaran Kita agar tidak melampaui batas dan tetap stabil? Ada beberapa tips yang dapat dilakukan, Kemungkinan dengan memperhatikan dan mempraktekkan nya keuangan kita bisa tetap terkendali dan stabil.

Manusia memiliki banyak sekali keinginan dan kebutuhan baik pokok atau kebutuhan tambahan saja. Kebutuhan pokok harus kita dahulukan karna merupakan kepentingan kita tetapi yang perlu dipehatikan adalah kebutuhan tambahan yang tidak terlalu penting. Selain tekanan dari luar yang kita hadapi dari pemasaran, perasaan dan kebiasaan kita sendiri bisa turut menyebabkan pengeluaran yang berlebihan. Manusia selalu ingin tampak modis dan sempurna dan selalu ingin tampak lebih, oleh karena itu mereka terkadang berbelanja secara berlebihan. Sebagai berikut adalah tips dan saran untuk membantu kita semua agar pengeluaran anda tetap terkendali dan stabil.

  1. Tahan keinginan untuk membeli karena dorongan hati dan perasaan ingin memiliki. Apakah anda menyukai serunya berbelanja dan membeli sesuatu barang dan mencari diskon? jika memang demikian, anda mungkin cenderung membeli karena adanya dorongan hati dan keinginan untuk membeli. Untuk melawan hal tersebut, jangan terburu-buru dan tergesa-gesa tetapi pikirkanlah secara realistis konsekuensi atau akibat jangka panjang dari membeli barang tersebut, memiliki dan merawat barang yang anda rencanakan untuk dibeli. Merenunglah sejenak dan ingatlah saat-saat terakhir kali anda membeli karena adanya dorongan hati dan keinginan memiliki yang belakangan anda sesali. Tenangkan diri anda untuk beberapa waktu sebelum membuat keputusan. Pastikan keputusan yang anda buat tidak membuat anda menyesal kembali.
  2. Jangan belanja untuk mengubah suasana hati Ketika anda sedang kesal ataupun marah, bersikaplah tenang dan jangan terburu-buru. Berbelanja bisa untuk sementara menyingkirkan suasana hati anda yang sedang tidak baik atau mungkin bahkan sangat buruk. Tetapi, sewaktu perasaan negatif muncul kembali, anda mungkin merasakan tekanan yang lebih kuat untuk mencari kelegaan dengan berbelanja, hindarilah hal demikian karna hal ini akan membuat anda rugi. Alih-alih berbelanja untuk memperbaiki suasana hati, Kita bisa mencoba hal lain dengan mencari teman-teman yang mendukung sehingga suasana hati anda bisa mencair atau lakukan gerak badan atau olahraga yang menyehatkan seperti berjalan kaki, jogging, dan jenis olahraga lainnya.
  3. Jangan belanja untuk hiburan atau rekreasi saja. Mal dan toko-toko besar yang mewah telah mengubah berbelanja menjadi suatu hiburan dan hobi tersendiri bagi orang-orang dewasa ini. Tidak hanya orang dewasa,bahkan anak-anak kecil pun sudah hobi dengan yang namanya berbelanja. Meski anda mungkin datang ke mal atau berselancar di internet sekadar untuk hiburan dan rekreasi, kebanyakan dari apa yang anda lihat dibuat dan dirancang untuk mendorong hasrat untuk berbelanja. Berbelanjalah hanya jika memang ada yang perlu dibeli seperti kebutuhan dasar, papan, pangan, sandang dll. Berpeganglah pada rencana anda.
  4. Hati-hati memilih teman bergaul yang lebih mementingkan materi. Gaya hidup mereka dan obrolan teman-teman anda sangat mempengaruhi hasrat anda untuk membeli dan berbelanja. Jika anda berbelanja agar bisa sama seperti teman-teman anda dan terlihat hebat dalam berbelanja, pilihlah teman-teman yang tidak terlalu mementingkan uang dan hal materi.
  5. Gunakan kartu kredit dengan baik dan bijak. Kartu kredit membuat anda lebih gampang membeli tanpa memedulikan konsekuensinya. Upayakan untuk membayar lunas tagihan kartu kredit tiap bulan. Ketahuilah suku bunga dan iuran kartu kredit anda, dan bandingkan  berbagai tawaran kredit untuk mencari tahu kartu yang paling terjangkau. Waspadailah kartu premium yang biaya pinjamannya lebih tinggi dan menawarkan manfaat yang tidak anda butuhkan. Alih-alih membeli secara kredit, menabunglah untuk pembelian yang lebih besar dan bayarlah secara tunai.
  6. Ketahui kondisi keuangan yang anda miliki. Pastikan bahwa pengeluaran anda tidak melampaui batas. Pengeluaran anda cenderung berlebihan jika anda tidak tahu pasti kondisi keuangan anda. Simpan catatan terkini, dan ketahuilah seluruh kondisi keuangan anda. Buat anggaran pengeluaran bulanan yang realistis berdasarkan pendapatan anda dan pengeluaran sebelumnya. Catat pengeluaran anda, dan bandingkan itu dengan anggaran anda. Minta seorang teman anda memahami seluk-beluk keuangan yang belum anda ketahui.
  7. Selalu berfikir positif dengan keuangan saudara. Anggaplah sesuatu yang anda dapat yang dinamakan penghasilan sebagai sesuatu yang berharga dan bernilai, anda mencarinya dengan kerja keras dan susah payah. Dengan demikian, anda akan lebih sayang untuk berbelanja barang yang tidak benar-benar anda butuhkan. 
  8. Menabunglah jika perlu. Anda bisa mencoba untuk menyimpan sisa uang anda secara aman baik melalui bank maupun menggunakan tabungan pribadi. Dengan menabung anda memiliki simpanan uang yang dapat anda gunakan jika anda memiliki keperluan yang mendesak. Menabung juga dapat membuat anda lebih hemat.

Demikian tips-tips cara anda bisa mengendalikan pengeluaran anda akibat besarnya kebutuhan manusia yang sebenarnya tanpa batas. Semoga uraian diatas dapat membantu dan bermanfaat...