Penyakit dan cara mencegahnya

LINDUNGI DIRI DARI PENYAKIT

Banyak kota kuno dilindungi oleh tembok yang kokoh. Jika musuh berhasil merusak hanya sebagian kecil dari tembok itu, seluruh kota terancam. Tubuh anda seperti tembok itu. 
Setiap hari tubuh anda berperang melawan musuh yang tidak bersuara dan tidak terlihat tetapi mematikan. Penyusup seperti bakteri, virus, dan parasit dapat mengancam kesehatan saudara. Anda mungkin tidak menyadari peperangan ini karena sistem kekebalan tubuh anda mengusir  atau memusnahkan sebagian besar penyusup ini sebelum gejala nya muncul. Tapi kadang bakteri yang jahat ini yang menang. Jadi anda perlu memperkuat pertahanan tubuh anda. Meski hal ini mencemaskan tapi anda bisa melindungi diri.

Cara anda menjaga pertahanan tubuh menentukan seberapa sehat anda. sebagai berikut akan diuraikan penyebab penyakit dan cara terbaik anda bisa melakukan nya... 

  1. Air, ancaman nya terdapat pada Organisme berbahaya bisa "berbaris" masuk ketubuh lewat air yang tercemar. Pencegahan nya dapat dilakukan dengan melindungi persediaan air dari pencemaran. Jika anda mengetahui atau merasa bahwa persediaan air tercemar, anda bisa membersihkan nya. WHO menyarankan beberapa cara untuk meningkatkan mutu air dirumah, misalnya menggunakan klorin, menjemur (SODIS), menyaring, dan merebus air. Simpanlah air minum diwadah tertutup, gunakan gayung bersih untuk mengambil atau melalui keran. Jangan masukkan tangan ke persediaan air bersih. Jika mungkin, tinggallah di lingkungan yang tempat pembuangan tinja nya tedak mencemari sumber air.
  2. Makanan, Ancaman terdapat pada makanan, organisme berbahaya bisa ada dalam makanan. Pencegahan nya yaitu makanan tercemar bisa keliatan segar dan bergizi. Jadi selalu cuci bersih semua buah dan sayur. Pastikan bahwa dapur, peralatan, dan tangan anda bersih saat menyiapkan atau menghidangkan makanan. Beberapa makanan harus dimasak pada suhu tertentu agar mikroba berbahaya mati. Waspadai makanan yang berubah warna atau rasa dan baunya aneh, karena sepasukan mikroorganisme siap menyerbu anda. Segera masukkan sisa makanan ke kulkas. Jangan menyiapkan makanan untuk orang lain saat anda sakit.
  3. Serangga, ancamannya  terdapat pada serangga penyebar mikroorganisme berbahaya yang hidup dalam tubuhnya. Pencegahannya yaitu jangan keluar rumah saat serangga penyebar penyakit sedang aktif atau kenakan pakaian pelindung seperti baju lengan panjang dan celana panjang. Saat tidur, gunakan kelambu dan obat pengusir serangga. Buanglahh wadah yang bisa digenangi air yang menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk.
  4. Binatang, ancamannya terdapat pada Mikroba yang hidup pada binatang yang bisa mengancam kesehatan. Jika digigit atau dicakar binatang atau terkena kotorannya, anda bisa terancam. Pencegahannya yaitu beberapa orang biasanya mencegah binatang untuk masuk kerumah untuk mengurangi kontak dengan mereka. Cucilah tangan setelah menyentuh binatang pliharaan, dan jangan menyentuh binatang liar. Jika anda digigit atau dicakar, cuci luka itu sampai bersih dan pergilah ke dokter.
  5. Manusia, ancamannya adalah bakteri dapat menyusup ke tubuh pada saat seseorang batuk atau bersin didekat kita. Bakteri juga dapat menyebar melalui pelukan atau jabatan tangan. Mikroorganisme dari orang lain dapat menempel pada gagang pintu, pegangan tangga, telepon, remote control, atau layar komputer dan keyboard. Pencegahan nya dengan cara yaitu jangan gunakan barang pribadi seperti pisau cukur,sikat gigi, atau handuk dengan orang lain, termasuk darah dan produk yang mengandung darah.Ingatlah untuk sering mencuci tangan secara menyeluruh. Ini mungkin cara paling efektif untuk menghentikan penularan penyakit. Jika mungkin, tetaplah dirumah saat anda sakit dan saat anda batuk atau bersin tutupi dengan tisu atau lengan baju, bukan dengan tangan.


Peribahasa kuno berbunyi "Cerdiklah orang yang melihat malapetaka kemudian menyembunyikan diri." Betapa benar kata-kata ini, mengingat dunia sekarang dipenuhi penyakit yang berbahaya. Perkuat pertahanan tubuh anda dan kurangi resiko tertular penyakit. Semoga Uraian diatas dapat menambahkan wawasan kita semua dalam upaya menjaga kesehatan agar tidak menular dan ditular.