MOTIVASI, Bagaimana cara memulai?

Memulai itu gak gak gampang guyss.. butuh dorongan yang kuat dan dukungan dari diri sendiri bahkan dari orang lain. Orang yang kita percaya pun bisa memberikan dampak positif bagi kita untuk memulai sesuatu. Banyak hal yang harus dimulai sebelum halnya kita bisa terbiasa dengan apa yang ingin kita lakukan. 

Dari pengalaman gue sendiri nih, setelah lulus dari sekolah kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru entah itu melanjutkan study atau masuk dalam dunia kerja, sangat diperlukan sikap keberanian untuk memulai. Yang sebelumnya kita tak mempunyai pengalaman apa-apa, kita harus belajar untuk mencari pengalaman itu. tohh,, untuk menunjang kehidupan kita dimasa depan. Karna dari pengalaman kita bisa belajar caranya menjalani hidup tanpa adanya lagi bantuan dari orang tua, sudah seharusnya kita akan hidup mandiri tanpa adanya ketergantungan pada orang lain. Belajar juga caranya menghargai uang, betapa susahnya mendapat sepeser uang bahkan harus dengan sangat kerja keras. Ketika kita ingin memulai, terkadang banyak sekali hal yang kita pikirkan lebih cenderung negatif. padahal hal itu belum tentu terjadi pada kita, 
Sikap berfikir negatif selalu ada dalam diri manusia. Takut menghadapi resiko yang terjadi nantinya merupakan salah satu faktor yang menghambat kita untuk berani memulai. Manusia terkadang hanya bisa merencanakan tapi belum tentu dilakukan dan terwujud. Kita seharusnya tidak mau seperti itu, kita ingin rencana yang kita buat terlaksana bukan??? berkomitmen dan berani merupakan sikap yang dapat mendorong kita untuk memulai bahkan dalam keadaan yang terkadang terlihat sulit. 

Buatlah rencana, apa saja yang ingin anda lakukan. Rencana tidak harus yang tinggi, tetapi mulailah dengan hal-hal kecil, karna Hal yang besar itu tidak akan pernah ada tanpa adanya yang kecil, tingginya gunung bermula dari tumpukan pasir dan kerikil-kerikil, demikian pula halnya dengan hamparan sahara  yang merupakan kumpulan pasir-pasir dan bentangan sabana yang hijau adalah gabungan dari rerumputan yang indah. Jika anda dapat mencapai dan menjalankan rencana-rencana kecil, maka kedepannya anda juga pasti bisa mencapai rencana yang lebih besar.
Lakukan sesuai rencana. Pastikan bahwa anda tidak merasa terbebani. Perencanaan yang dibuat sebelumnya jangan membuat anda merasa terbebani tetapi sebaliknya dengan melakukannya anda bisa merasa senang. Jangan lakukan apa yang anda tidak suka. Dengan mecapai rencana tersebut ini menunjukkan bahwa anda telah memulai.
Tunjukkan sikap sabar dan tidak menyerah.  Didunia ini gak ada yang instan, semua butuh proses. Perlunya sikap kesabaran dalam hal ini, maka belajarlah untuk memupuk sikap sabar dan tidak mudah menyerah. Kita percaya bahwa apa yang kita lakukan tidak akan sia-sia dan pasti akan membuahkan hasil walaupun dalam jangka waktu yang cukup lama.
Bekerjasamalah dengan orang lain. Kita manusia tidak hidup sendiri, ada banyak orang lain disekitar kita. Ada Keluarga, teman, rekan sekerja yang mau membantu kita. Jangan sungkan meminta bantuan orang lain, dengan bekerja sama semuanya akan mmenjadi lebih mudah walaupun terkadang ada perbedaan pendapat, tapi hal itu tak masalah karna kita punya satu tujuan yang harus dicapai. Singkirkan sikap egois dan mementingkan diri sendiri. Berusahalah untuk memperhatikan kepentingan orang lain juga.
Berpegang pada prinsip dan berorientasi kedepan. Cobalah untuk berkomitmen pada diri sendiri dan tetap memegang prinsip yang telah anda buat. Dengan demikian, apa yang anda lakukan dapat berjalan sesuai rencana. Tetapi tetap harus mengindahkan kritik dan evaluasi dari orang lain. Apakah yang saya buat diterima atau tidak? apakah yang saya lakukan ini adalah benar? Jika ada kritikan dan saran dari orang lain, Pada saat itulah kita bisa terdorong untuk mencari pemecahan masalah.

Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan, hal itu tergantung dari diri kita sendiri saja mau berusaha atau tidak. Kesuksesan tidak akan ada tanpa ada permulaan, Dengan berani memulai kita menunjukkan bahwa kita mau menjadi orang yang sukses. Memang hal yang tersulit adalah memulai tetapi dengan perencanaan yang teratur dan rapi mulai dari hal yang kecil kita bisa mewujudkan hal yang lebih besar. Ayo berusaha demi orang yang kita cintai, dengan memulai dan akhirnya berhasil akan membuat mereka bahagia. Tidak hanya itu orang yang akan puas pada apa yang kita dapat adalah diri kita sendiri.